Lompat ke konten Lompat ke footer

Video spacex starship penjelajahan koloni planet mars perencanaan Elon musk Xcorp pada tahun 2030 ( 2023 )

Dengan kekayaan kepemilikan total saham bersih ( net worth ) sekitar $ 185 miliar dolar atau sekitar Rp 2.775 triliun rupiah. 

Elon musk ( usia 51 tahun ) sebagai orang nyentrik paling kaya no 2 di dunia. 

Merilis sebuah animasi untuk salah satu perusahaan yang beliau dirikan yaitu SpaceX. 

Selama ini, SpaceX hanya ditugaskan mengirim aneka macam satelit ke luar angkasa. Termasuk satelit starlink pemancar internet buatannya.  

Elon musk pernah berjanji dan memiliki impian besar yang ambisius untuk menjadikan umat manusia sebagai spesies multi planet. Pertama tama memulai koloni manusia di planet Mars, lalu membangun kota disana. Tak sampai disitu saja, rencana Musk menginginkan hingga jauh ke berbagai macam planet lainnya di sistem tata surya yang lebih besar. 

Sebagai informasi. Belum ada pesaing roket dari perusahaan manapun yang menyerupai keunggulan dari SpaceX starship dengan tujuan utama membawa 100 orang di dalamnya menuju ke planet Mars.

Starship memang bukan roket yang terbesar, tetapi tenaga mesin raptor pendorongnya jauh lebih kuat dibandingkan teknologi generasi sebelumnya. Dari segi biaya memiliki harga 200 kali lipat lebih murah apabila dibandingkan dengan roket pesaing milik Rusia. 

Hal ini terjadi karena roket pendorong pada bagian bawah starship dapat pulang kembali mendarat ke bumi dengan mulus dan aman. Berbeda dengan roket milik Rusia, tidak dapat kembali melainkan terbuang sia sia di luar angkasa.  

Video spacex starship penjelajahan koloni planet mars perencanaan Elon musk Xcorp pada tahun 2030 ( 2023 ). 


Banyak para ahli menyatakan bahwa impian Elon musk terlampau ambisius. 

Pemerintah Amerika Serikat masih melarang roket Starship membawa manusia ke luar angkasa. Sebelum validasi ujicoba keberhasilan terlebih dahulu menggunakan roket tanpa awak. 

Elon musk memiliki rencana pada tahun 2030 nanti atau lebih cepat. Bahwa kelak starship sudah dapat membawa 100 awak manusia ke planet Mars.  

Harga total 1 unit roket starship berkisar diangka $ 3 miliar dolar atau sekitar Rp 45 triliun rupiah per unit ( setara Rp 45.000 miliar rupiah ). 

Sedangkan biaya estimasi untuk meluncurkan 1 kali roket peluncuran ke luar angkasa menuju planet mars diperkirakan membutuhkan sekitar $ 2.000.000 juta dolar atau Rp 30 miliar rupiah per perjalanan.  

Waktu yang diperlukan oleh 100 orang di dalam 1 roket spaceX untuk mencapai planet mars sekitar 7 bulan. Tetapi tak menutup dikemudian hari ketika teknologi jenis baru tercipta, waktu perjalanan dapat ditempuh dan dipersingkat menjadi hanya dalam waktu 3 bulan saja tanpa harus menunggu lama lama. 

Perjalanan menggunakan starship itu menempuh jarak dari bumi ke planet mars sekitar 480.000.000 juta kilometer.  

Saya pikir, mas Elon musk. Nampaknya berpikir ketinggian banget, kalau dia gagal gimana ya. Tersesat di planet Mars gitu ya. Jadi bagaimana rasanya jatuh di luar angkasa. Dalam pikiranku, saya rasa impian Elon musk untuk membangun koloni manusia bakal gagal maning. 

Karena di planet Mars sudah ada para alien UFO yang bersembunyi di bawah tanah. Nanti para kolonisasi manusia manusia jomblo di planet Mars bakal kawin dengan alien sehingga melahirkan keturunan jenis baru berbentuk bakteri raksasa bernama ecoli coli lato lato. ha ha ha...., 

Foto : Roket starship milik Elon musk sudah tersedia. Itu hanya tinggal menunggu persetujuaan dari pemerintah AS untuk membawa manusia. Tetapi saat artikel ini ditulis, kementerian dan administrasi AS masih melarang Musk membawa umat manusia dengan syarat ujicoba kelayakan terlebih dahulu harus dipenuhi.  

Dalam cuitan Twitternya, Elon musk mengatakan : 

Starship siap diluncurkan, tinggal menunggu persetujuaan regulasi. Sahutnya. 


Space exploration technologies corporation atau spaceX adalah perusahaan luar angkasa didirikan oleh founder Elon musk. Ini menciptakan roket paling efesien di dunia karena dapat dipakai ulang sehabis meluncur. 

Untuk saat ini, SpaceX bukan perusahaan publik, belum terdaftar di IPO.

Jadi tidak memiliki simbol saham. 

Tetapi pada tahun 2023. Elon musk memperkenakan perusahaan induk baru bernama Xcorp.

Xcorp nampak terinspirasi dari perusahaan Meta.inc dan Alphabet.inc yang bertujuan mendiversifikasi aneka macam portofolio bisnis menjadi 1 komando induk. Mengingat Elon musk juga berkecimpung di perusahaan mobil listrik Tesla, Boring company, Neuralink, Twitter, X.AI dan Starlink. 

Belum ada pernyataan lanjut dari Elon musk tentang penyatuaan perusahaan ke Xcorp.

SpaceX memiliki 1.000 karyawan. 

Berkantor pusat di Amerika Serikat. 

SpaceX didirikan oleh founder Elon musk pada tanggal 6 Mei 2002.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.