Lompat ke konten Lompat ke footer

17 seleb terkenal asal Kalimantan ( 2023 )

Seleb, artist atau orang orang terkenal yang berpengaruh di Indonesia. Mayoritas, pada umumnya berasal dari pulau Jawa. 

Tetapi siapa sangka, pulau Kalimantan yang identik dengan perkebunan hutan kelapa sawit juga mencetak beberapa seleb atau orang orang berpengaruh. 

Mereka terdiri dari penyanyi, aktor film, presenter, pejabat politik, tokoh pemimpin, foto modelling, pelukis, pecinta alam, youtuber, hingga pengobat tradisional. 

Luas gabungan wilayah Kalimantan berkali kali lipat ukuran dibandingkan pulau Jawa. Tetapi jumlah penduduk masih sedikit, menurut data BPS di tahun 2023 hanya ada 17 juta orang yang tinggal di Kalimantan. 

Selain itu, Kalimantan juga memiliki laju pertumbuhan populasi penduduk yang relatif rendah apabila dibandingkan pulau Jawa. Sehingga di Kalimantan masih ada banyak desa tertinggal dan sinyal internet belum merata luas. Tetapi itu tidak menyurutkan beberapa orang Kalimantan untuk berkarya di berbagai sektor. .   

Siapa saja mereka, yuk mari kita simak : 

1]. Kienzy

Kienzy adalah seorang foto model yang berasal dari sebuah desa kecil di dekat kawasan pusat ibukota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Dia pernah diundang dalam acara sule untuk mempromosikan atau memperkenalkan bahasa dayak ke seluruh Indonesia. 


2]. Fanny

Fanny adalah seorang artis penyanyi vokalis dari grup soegi bornean. Cewek keturunan dayak asal kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah ini memiliki ciri khas suara yang memadukan nuansa melodi etnik dari kampung halamannya. Pada lagu asmalibrasi di menit awal mulai dari detik 00.13 sampai 00.33 itu menampilkan nada merdu alunan dayak. 


3]. Olla ramlan

Olla ramlan adalah seorang artis, TV host, penyanyi dan brand ambassador asal Kalimantan Selatan. Ibu dua anak ini memiliki akun instagram dengan jumlah follower mencapai 20.800.000 juta orang. 


4]. Agustin teras narang

Agustin teras narang adalah seorang doktor di bidang kepemimpinan sosial politik. Beliau seorang pejabat yang memiliki tangan besi dalam melayani dan bekerja keras untuk kepentingan rakyat dalam memajukan daerah di bidang infrastruktur, adat budaya, tata pemerintahan, pendidikan dan lain lain. 


5]. Pongky barata

Pongky barata adalah seorang penyanyi dan penulis lagu asal Pontianak, Kalimantan Barat. Dia pernah tergabung dalam Jikustik band dan The Dance company. 


6]. Ida dayak

Ida dayak adalah seorang pengobat tradisional yang mampu menyembuhkan pasien yang mengalami tangan bengkok dan patah tulang menggunakan obat obat herbal. 


7]. Eza gionino

Muhammad eza gionino adalah seorang pameran TV dan model asal Kalimantan Timur. Mengawali karirnya di dunia hiburan entertainment, dia memulai pertama kali menjadi seorang cover boy, lalu terus merangkak maju sehingga semakin diidolakan oleh banyak orang. 


8]. Vania larissa

Vania larissa adalah seorang penyanyi lagu rohani Kristen. 


9]. Ian kasela

Ian kasela adalah seorang penyanyi dari vokalis radja band. Dibentuk pertama kali pada tanggal 17 Maret 1999 dan hingga kini masih aktif bernyanyi dan melakukan aktivitas tur konser di berbagai belahan Indonesia. 


10]. Erica

Erica adalah seorang pelukis berbakat dari bisnis yang bernama by painters. 



11]. Igor saykoji

Igor saykoji adalah seorang penyanyi rapper asal Kalimantan Timur. 


12]. Pevita

Pevita adalah seorang model dan pemeran TV asal Kalimantan Selatan. Pada tahun 2008, dia pernah dinominasikan piala citra untuk aktris terbaik di festival ferfilman Indonesia atas aktingnya yang memukau banyak orang. 


13]. Panglima Jilah

Panglima Jilah adalah seorang pemimpin, petarung dan penegak keadilan untuk bertujuan khusus melindungi seluruh orang orang dayak di Kalimantan. Beliau memimpin organisasi TBBR yang memiliki kurang lebih 50.000 pasukan merah yang tersebar di seluruh kalimantan. Walaupun ini bukan tentara nonresmi-TNI. Tetapi itu menjalin koordinasi komunikasi baik dengan presiden, polri, TNI dan pemerintah Indonesia untuk selalu taat mematuhi ketertiban, hukum dan undang undang NKRI. 


14]. Dinda kanya dewi

Dinda kanya dewi adalah seorang model dan pemeran TV.


15]. Yoriko angelina

Yoriko angelina adalah seorang pemeran TV, penyanyi, model dan presenter asal Kalimantan Selatan.

Nama pendeknya disebut Yori.  


16]. Erpan

Erpan adalah seorang youtuber. 


17]. Andrew kalaweit

Andrew kalaweit adalah seorang youtuber dan pecinta alam. Dia berasal dari Kalimantan Tengah. 


Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.