Lompat ke konten Lompat ke footer

Perbedaan antara Israel, Yahudi dan Zionist. Dan siapa Tuhan umat orang Yahudi [ Jangan kaget jika Yahudi menyembah Allah yang 100% sama persis seperti disembah oleh umat Islam ] ( 2023 )

Yahudi merupakan sebuah agama monoteisme di kawasan Timur Tengah yang menyembah kepada satu Tuhan sang pencipta langit, bumi dan alam semesta berserta isinya. 

Agama Yahudi sudah ada sejak lebih dari 3.000 ribu tahun yang lalu. 

Itu lebih dulu ada daripada Kristen dan Islam. 

Pada intinya, orang orang Yahudi menyembah kepada 1 YHWH yang sama persis seperti apa yang disembah oleh orang orang dari kalangan umat Islam. Dalam artian YHWH = ALLAH. [ Mutlak sama tanpa ada perbedaan ] 

Bedanya untuk orang orang Yahudi, mereka tak berani menyebut nama ALLAH MAHA BESAR itu dengan sembarangan karena dianggap ALLAH berkuasa dan harus dihormati penuh dengan rasa hormat, jika melanggarnya maka mereka kena kutukan hukuman mati. Oleh sebab itu, orang orang Yahudi menggunakan kata Adonai, Eloah, Elohim, IMMANUEL, ELROI dan El shaddai. 

Jika anda bertemu dengan orang Yahudi. Lalu bertanya siapa Tuhan yang umat Yahudi sembah...?

Maka orang orang Yahudi pasti menjawab dengan tegas bahwa mereka menyembah 100% sama persis seperti yang disembah oleh umat Islam yaitu ALLAH. 

Bedanya, umat Yahudi menggunakan kitab suci Taurat dan Talmud. 

Sedangkan umat Islam menggunakan kitab suci Alquran dan Hadist. 

Dalam umat Kristen menggunakan kitab suci yaitu Alkitab saja tanpa pendukung kitab suci tambahan lainnya. Dimana ALLAH = BAPA. 

Pada hakekatnya, umat Islam, Kristen dan Yahudi menyembah kepada ALLAH yang sama. 

Untuk kalangan kristen berdasarkan literatur sekolah dan ajaran dari teologi bapak pendeta dalam ruang lingkup tambahan yang disebut Trinitas. Dimana ini berarti ALLAH BAPA, YESUS ANAK dan ROH KUDUS. Ketiga tiganya patut untuk disembah ( TRINITAS = TIGA IDENTITAS DALAM SATU PENYEMBAHAN )

Rabbi Roncahya dari Israel mengatakan : 

Satu satunya orang, satu satunya etnis di dunia yang menyembah Tuhan yang sama seperti kita ( Yahudi ). Tuhannya Abraham, Tuhan yang satu Esa, Tuhan yang abadi, tanpa istri, tanpa anak, tanpa roh kudus, Tuhan yang abadi, tanpa gambar, tanpa patung yang mewakili. Satu satunya di dunia adalah Islam. Sahutnya. 

Rabbi Chaim mintz dari Israel mengatakan : 

Kita memiliki Tuhan yang sama seperti dengan orang Arab Islam. Kita meyakini Tuhan yang sama, Tuhan yang Esa, Ada paradoks ketika Kristen percaya dengan Trinitas. Entah apapun itu maksudnya yaitu menyatakan salah satu bagian Tuhan dinamakan Yesus Kristus. Tapi kita ( Yahudi ) bukanlah kepercayaan kita. kita tidak diperbolehkan mempercayai hal yang demikian. Sahutnya. 

Ketika seorang wartawan bertanya. Apakah Tuhan umat Yahudi sama dengan Islam. 

Orang Yahudi itu kemudian dengan tegas mengatakan : 

Yes, 100% absolut sama. Yes. Sahutnya. 


Perbedaan antara Israel, Yahudi dan Zionist ( 2023 )

Nah, jika diatas teman teman sudah paham siapa Tuhan umat orang Yahudi. 

Jadi pada pembahasan artikel selanjutnya yaitu membedakan antara Israel, Yahudi dan Zionis.

Yuk mari mulai :

1]. Israel adalah sebuah negara yang didirikan pada tanggal 14 Mei 1948. Menjadikannya sebagai satu satunya negara di dunia dengan mayoritas tempat tinggal bagi umat Yahudi. Meskipun begitu, penduduknya beragam tak hanya Yahudi semata. Ada juga Islam, Kristen dan Atheis. 

2]. Yahudi adalah sebuah istilah yang merujuk kepada sebuah agama, tapi juga bisa disebut sebuah keturunan suku bangsa. Jadi Yahudi dapat disebut suku dapat juga disebut agama. 

Yahudi dibedakan menjadi 2 golongan secara garis besar. Yaitu :

1]. Yahudi Haredi ( atau dalam bahasa Inggris disebut Yahudi Ortodoks )

2]. Yahudi Zionist. 

Apa itu Yahudi Haredi ( atau dalam bahasa Inggris disebut Yahudi Ortodoks )


Yahudi Haredi atau Ortodoks pada umumnya memiliki ciri khas terhadap rambut, sering pakai pakaian jas hitam walaupun kadang kala juga menggunakan baju putih, suka pakai topi hitam, dan mayoritas punya jengot panjang, mereka dikenal taat beribadah, taat terhadap perintah hukum Taurat dan suka mempelajari kitab suci Talmud.

Golongan Yahudi ini sudah ada sejak zaman kuno. 

Jumlah Yahudi Ortodoks (Haredi) di Israel adalah sebanyak : 1.399.000 juta orang. (15%).

Berbeda dengan Yahudi Zionis yang melarang orang dari suku lain memeluk agama kepercayaannya. Maka, Yahudi ortodoks memperbolehkan semua orang orang yang bukan suku Yahudi atau bukan dari keturunan DNA Yahudi diperbolehkan untuk memeluk agama Yahudi ortodoks (Haredi) asal sudah mengikuti pendidikan agama.

Sedangkan bagi mereka yang sebelumnya berketurunan darah Yahudi tapi pindah ke kepercayaan agama lainnya seperti Islam dan Kristen. Maka tak lagi dianggap sebagai Yahudi. Karena statusnya sudah dianggap keluar dari Yahudi. 

Pada umumnya, orang orang Yahudi ortodoks agak terbelakang di bidang ilmu pengetahuan, memiliki skill rendah, kebanyakan dari mereka bahkan hidup miskin, melarat, banyak pengangguran dan menolak wajib militer.

Hubungan antara Yahudi Zionist dan Yahudi ortodoks bahkan tidak pernah dapat akur. Ibarat seperti kucing dan anjing. Selalu bertengkar. 

Apa itu Yahudi Zionist 



Yahudi Zionist adalah agama sekaligus kepercayaan berbasis gerakan politik yang dipelopori oleh Theodor Herzl pada abad ke 19. Tetapi sesungguhnya akar mereka sudah ada sejak zaman kuno, bahkan sebelum negara Israel berdiri di abad modern. 

Arkeolog Zionist terpapar pula di banyak benda benda sejarah pada masa lampau era Romawi bagaimana orang orang Zionis mencoba melawan, membasmi dan membunuh penjajahan Romawi. 

Di abad modern sebelum pendirian negara Israel. Yahudi Zionist juga dikenal begitu brutal dengan menyerang tentara kerajaan Inggris ( UK ). Orang orang Yahudi Zionist tidak suka dengan kehadiran tentara Inggris di wilayah Israel. 

Jumlah Yahudi Zionist di Israel adalah sebanyak : 5.689.000 juta orang. (61%).

Pada umumnya orang orang Yahudi Zionist begitu menonjol di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, militer, sains dan politik bahkan banyak dari antara mereka merupakan triliuner ( orang super kaya nan tajir melintir ). 

Kepercayaan Yahudi Zionist hanya ekslusif untuk kalangan mereka saja, sedangkan orang orang yang bukan keturunan Yahudi dilarang memeluk agama Yahudi. Kecuali menikah dengan salah satu orang Yahudi. Barulah pengakuan darah dan agama dapat disahkan. 

Ideologi dan kepercayaan Yahudi Zionist dibedakan lagi menjadi 2 golongan :

Yaitu :

1]. Yahudi religius. ( membentuk sekitar 10% dari total Yahudi Zionist )

2]. Yahudi sekuler. ( membentuk sekitar 90% dari total Yahudi Zionist )

Yahudi religius adalah mereka yang menginginkan mendirikan negara Israel dengan menolak demokrasi, anti demokrasi, anti liberalisme, anti Arab, anti LGBT, anti Islam, dan menuntut seluruh spektrum hukum peradilan Yahudi di terapkan sepenuhnya di pemerintahan Israel. Religious zionist party dengan pemimpin bernama Bezalel simotrich merupakan partai zionist tersebut. 

Sedangkan Yahudi sekuler adalah mereka yang menginginkan mendirikan Israel dengan pro demokrasi, pro Arab, pro kebebasan LGBT, pro toleransi beragama, pro kedamaian dan pro liberalisme dan tidak mendukung hukum Yahudi diterapkan pada pemerintahan Israel. 

Yahudi Zionis tidak hanya ada di Israel saja, tetapi juga bercokol di Amerika Serikat dengan jumlah kurang lebih 4.200.000 juta orang tinggal di AS menjadikannya komunis Yahudi Zionist terbesar ke 2 di dunia setelah di Israel dan beberapa diantara yang lain tinggal di negara lainnya seperti Uni Eropa, United Kingdom (Inggris), Kanada, Brazil, Meksiko, Africa selatan, Rusia dan lain lainnya. Namun jumlahnya relatif kecil dibandingkan dengan AS dan Israel.   

Yahudi Haredi atau Yahudi Ortodoks juga bertempat tinggal terdapat terbanyak di Amerika Serikat terbesar di dunia setelah keberadaannya di Israel.  

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.