Langsung ke konten utama

Perusahaan senjata Israel Aerospace Industries (IAI) akuisisi Intracom defense ( Uni Eropa ) senilai $ 200.000.000 juta dolar atau Rp 3 triliun rupiah ( 2023 )

Pada bulan Mei 2023. Perusahaan teknologi militer asal Israel Aerospace Industries. Secara resmi telah menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi Intracom Defense yang diakhiri dengan saling berjabat tangan.

Socratis kokkalis, selaku salah satu pemimpin di perusahaan Intracom ( disingkat juga dengan nama IDE ) menyatakan ungkapan perasaan kegembiraan kepada wartawan media bahwa bangga telah diakuisisi oleh perusahaan asal Israel. 

Ini mencerminkan pengakuan atas kerja keras, ketekunan, ketabahan Intracom dalam melawan setiap rintangan persaingan bisnis selama bertahun tahun dan dapat meningkatkan beberapa dampak sumbangsih ekonomi bagi negara Yunani di masa depan. 

Intracom Defense adalah perusahaan teknologi militer asal Uni Eropa yang berkantor pusat di Yunani.

Berdiri pertama kali pada tahun 1992.

Itu bergerak di bidang penciptaan teknologi elektronik sistem terminal komunikasi taktis, mesin generator listrik untuk militer dan alat alat telemetri untuk instalansi rudal. 

Luas kantor dan pabrik manufaktur Intracom Defense berada di kawasan seluas 1,5 hektar dengan memperkerjakan sebanyak 1.000 orang yang terdiri dari mayoritas para lulusan universitas. 

Jumlah uang mahar untuk kesepakatan perjanjiaan akuisisi tidak diberitahukan. 

Tetapi para analisis memperkirakan sekitar $ 200.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 3 triliun rupiah atau setara Rp 3.000 miliar rupiah. 

Setelah akuisisi. Intracom defense tidak dimatikan. Melainkan tetap berjalan mandiri seperti biasa, karyawan dan para petinggi disana tetap bekerja seperti biasa. Hanya saja, Intracom berubah status menjadi anak perusahaan setelah diadopsi. 

Blueprint teknologi, laporan keuangan, produk dan semua manajemen diserahkan ke orang orang IAI.

Salah satu produk andalan Intracom defense berupa mesin generator listrik yang diperuntukkan untuk militer. 

Memang ada banyak jenis generator listrik. Tetapi kebanyakan itu untuk dirancang dan didesain demi keperluaan sipil saja, bukan bagi militer. Sehingga tidak efektif dan tidak kuat pada saat medan peperangan berantakan. Oleh sebab itu, Intracom menciptakan solusi generator listrik militer yang dapat diandalkan oleh tentara untuk menghidupkan, memasok atau menyalakan listrik ke kemah barak kamp infanteri, pusat kontrol komando dan menara komunikasi militer.

Produk lain meliputi alat alat elektronik. Seperti Wisprevo, Tacticon, Nauticon, Spartan, Wiwan dan Seannet. Sistem produk ini diinstal di dalam rudal. Salah satunya digunakan demi memungkinkan jaringan IP network bekerja secara maksimal.

Dengan menggunakan ploduk ploduk tersebut, kinerja dan keandalan jaringan IP dapat dioptimalkan, meningkatkan kapasitas dan kinerja rudal.

Oleh karena itu, solusi ini juga dapat memberikan perlindungan yang superior, akurasi dan stabilitas koneksi konsisten dengan lancar demi meningkatkan secara signifikan kinerja moncong rudal agar mampu menembak tepat sasaran.

Boaz levy, CEO IAI dari Israel mengatakan : 

Akuisisi Intracom Defense memperkuat kemampuan bisnis IAI di Yunani, dan di Eropa secara keseluruhan. Akuisisi IDE akan memperkuat dan memperluas kegiatan di Yunani, dan di antara negara negara anggota NATO, serta membantu dalam mempromosikan berbagai solusi yang dapat diberikan oleh perusahaan. Sahutnya. 

Tentang Israel Aerospace Industries

Israel Aerospace Industries didirikan pada tahun 1953 dengan memiliki 17.000 karyawan. 

IAI adalah perusahaan kedirgantaraan, pertahanan militer dan sipil. 

100% saham dikuasai oleh pemerintah Zionis Israel.

Produk IAI meliputi konversi pesawat kargo, pesawat drone, robot autonomous, sistem elektronik, satelit, radar, radar AESA, cyber, rudal surface to surface 400 km, bom, aerostruktur, force protection, drone pembunuh kamikaze, C4I, Satcom, datalink, targeting pod, dll.

Di wilayah Israel, perusahaan IAI merupakan industri senjata terbesar peringkat #2 dari total 37 perusahaan militer sejenis yang ada di Israel. Seperti antara lain : SK Group, Simigon, TAT technology, Urbanaero, Mdtarmor, Tomerrs, Elbit System, Smartshooter, bet shemes engines, Imco industries, Steadicopter, Aeromaoz, Xtend, Bird aerosystems, OSG group, Infinidome, Netlinetech, Zuritc, Ggds, Miframsecurity, Agilite, Liorprotective, Polarisolutions, Dfendsolutions, Gotrack, Omnisys, Acspouch, Santactical, Vidiscoxray, Infinidome, Liortextile, Rafael Advanced Defense System, Orbit communication systems, Nso group, Imagesatintl, Cellbrite dan Opgal optronic. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.