Langsung ke konten utama

Israel cetak rekor 500 unit perusahaan telah terdaftar di bursa saham TASE ( Tel Aviv Stock Exchange ) ( 2023 )

Pada tahun 2020. Hanya ada sekitar kurang lebih 400 unit perusahaan yang terdaftar dan melakukan IPO di bursa saham TASE Israel dan terdapat 607.000 UKM atau SME di Israel. Sedangkan sebanyak 6.000 diantaranya adalah perusahaan private.

Pembaharuan update menunjjukkan data terjadi penurunan di sektor UKM dari semula 607.000 unit menjadi 573.000 unit. 

Sedangkan perusahaan private di Israel juga telah menurun dari 6.000 unit menjadi 5.000 unit. 

Secara keseluruhan penurunan terjadi akibat usaha bisnis UKM dan perusahaan private mengalami kebangkrutan. Dengan alasan utama mereka mengalami kesulitan dalam pengaturan, pengelolaan dan manajemen keputusan arus akutansi kas keuangan yang terus menunjjukan trend hasil yang tidak diharapkan ( negatif ). 

Karena dampak tersebut. Para pelaku bisnis dan perusahaan private memilih menutup usaha miliknya alias bangkrut. Selain itu ketidakpastian ekonomi menyebabkan daya beli masyarakat menurun yang menyebabkan biaya operasional mengalami minus. 

UKM merupakan sebutan bagi orang orang yang memperkerjakan sebuah pekerjaan bisnis antara 2 orang - 100 orang. UKM tidak memiliki legalitas hukum resmi. Contoh seperti penjahit, restoran pribadi, toko fashion, toko besi, toko sembako, bengkel motor tanpa cabang, toko kayu, toko kelontong, dll. 

Israel cetak rekor 500 unit perusahaan telah terdaftar di bursa saham TASE ( Tel Aviv Stock Exchange ) ( 2023 )

Kendati jumlah UKM dan perusahaan private di Israel telah menurun. Total jumlah listing emiten di bursa saham TASE menunjjukan peningkatan mencetak rekor baru untuk pertama kali mencapai 500 unit. 

Syarat untuk masuk IPO ke daftar TASE. Perusahaan lokal di Israel harus dan diwajibkan memiliki pencapaian marketcap sebesar minimal $ 1.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 15 miliar rupiah pertahun. 

Kebijakan UKM, bisnis, kewirausahaan di negara Israel diatur, diawasi dan dirancang oleh kementerian ekonomi dan IIA ( Israel Innovation Authority ).

Sedangkan total ada sebanyak 360 perusahaan asing internasional di Israel juga tidak luput dari pantauan pemerintah Zionist. Kebanyakan pelaku asing berasal dari perusahaan Uni Eropa, perusahaan China dan perusahaan Amerika Serikat. Sebelum masuk berbisnis dan berdagang di dalam Israel tidak boleh sembarangan karena itu harus minta izin persetujuaan terlebih dahulu kepada knesset government Israel.

Pemerintah Israel juga dikenal memiliki kebijakan regulasi yang sangat ketat dalam hal pengenaan pajak dan harus mengikuti semua peraturan, hukum dan undang undang berlaku di negara Yahudi tersebut. Dengan begitu, perusahaan asing barulah dapat beroperasi.

Ada banyak perusahaan asing internasional mencoba masuk ke pasar Israel. Tetapi mayoritas ditolak mentah mentah. Surat cinta sering selalu dijawab 'say no'.

Tentang TASE

TASE atau Tel Aviv Stock Exchange adalah satu satunya bursa saham di Israel. 

TASE memperdagangkan saham, obligasi korporasi, obligasi pemerintah Israel, mata uang dan indeks. 

TASE tidak melayani reksadana.

Total jumlah investor di Israel mencapai kurang dari 1.000.000 juta orang. TASE menawarkan alat analisis untuk membantu investor membuat keputusan yang tepat.

TASE berfokus pada saham dan obligasi dan telah berkembang sejak 1953 menjadi bursa terkemuka di kawasan Timur Tengah tersebut.

Pada masa depan, TASE berencana untuk go internasional dengan menawarkan perluasan kepemilikan saham secara global sehingga tak berpaku lagi pasar modal hanya kepada orang orang lokal saja yang memiliki pasar terbatas. Diharapkan orang orang luar negeri melalui layar smartphone telah dapat berpartisipasi, membeli, memperdagangkan dan memiliki investasi dari Israel.  

Dari total 500 unit perusahaan Israel. Sekitar 100 unit emiten Israel di antaranya telah melakukan dual listing di bursa saham Amerika Serikat, Nasdaq dan NYSE untuk mendapatkan modal dari investor asal AS. 

Pada tahun 2023. Israel memiliki 8 unit perusahaan decacorn dan 30 unit perusahaan unicorn.

Unicorn adalah sebutan perusahaan yang tembus $ 1 miliar dolar atau setara Rp 15 triliun rupiah

Decacorn adalah sebutan perusahaan yang tembus $ 10 miliar dolar atau setara Rp 150 triliun rupiah. 

Pejabat kementerian ekonomi Israel mengatakan : 

Salah satu hal yang dicari di Israel adalah karena kami adalah negara kecil dengan pasar ekonomi yang kecil. Kami hanya memiliki 9 juta orang konsumen, jadi kami harus mencari tahu, hal hal apa yang harus kami jual ke seluruh dunia, kami harus mencari inovasi berikutnya yang harus kami lakukan untuk dapat menjual ratusan juta produk dan layanan. Dari sanalah beberapa teknologi lahir, teknologi medis, teknologi IT, anda tahu skype voice, IP, teknologi cyber security. Kami dapat menjualnya hingga ratusan juta bahkan miliaran produk. Sahutnya. 

Hanya TASE yang menjadi salah satu daya tarik untuk memiliki peranan penting bagi perekonomian Israel, sehingga sanggup meningkatkan cadev cadangan devisa, meningkatkan SWF dan meningkatkan penerimaan negara dari pajak yang dikenakan kepada keuntungan perusahaan lokal yang terdaftar di bursa. 

Tanpa keberadaan TASE. Maka keunggulan kompetitif perekonomian negara Israel tidak dapat mungkin tercapai sehingga hanya terjebak ke negara kalangan menengah yang tak dapat naik level atau jatuh ke negara miskin yang hanya mengandalkan upah murah, pabrik industri dengan buruh murah, skill rendah murahan, overdosis UKM yang tidak berkualitas sama sekali karena hanya bermain dipasar lokal sehingga ekonomi hanya mutar mutar disitu saja dan rakyatnya bakal dipenuhi oleh kemiskinan extrem akibat keteledoran pemimpin yang tidak cekatan dan tidak cerdas membuat kebijakan ekonomi makro.

Foto : Pemimpin tertinggi #1 di Israel sedang melakukan dialog interaktif kepada berbagai macam pelaku perusahaan perusahaan teknologi cyber di Israel. 

Pemimpin tertinggi #1 di Israel, Benjamin netanyahu dengan tangan besinya terus menerus sejak lama mempelopori arti pentingnya Israel memiliki fokus kepada industri company hightech dari utara hingga ke selatan, dari timur hingga ke barat, dari atas hingga ke bawah dan dari ujung ke ujung dengan kelas taraf skala global internasional. 

Angka 500 perusahaan di Israel tidak berhenti disini saja. 

Langkah selanjutnya yaitu sedang menuju 1.000 perusahaan yang terdaftar di bursa TASE. 

80% kemajuan ekonomi, TASE dan industri Israel tak dapat tercapai tanpa otak pemikiran brilian dari Benjamin netanyahu.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Related Post