Langsung ke konten utama

Israel Scorpiusej : Teknologi peperangan electronic attack, pengacau, penekan & perusak perangkat elektronik musuh menjadi blank dan dinonaktifkan melalui serangan pesawat tempur ( 2023 )

Kehidupan manusia saat ini tidak dapat lepas dari berbagai macam perangkat elektronik. Seperti televisi, internet, kulkas, laptop, smartphone, mesin cuci, blender dan lain lain sebagainya. 

Masalah sepele saja.

Seperti kerusakan elektronik pada layar smartphone jika rusak atau sinyal internet lelet. 

Maka kebanyakan orang orang bakalan ngamuk banget. 

Apalagi kalau pompa air hitachi di rumah mengalami kerusakan 1 hari saja, orang orang teriak histeris mau boker dimana. 

Pada akhirnya, sambil ngamuk mereka mencoba mampir ke warung kopi remang remang terdekat. Mengingat banyak orang juga sedang mencicipi santapan nikmatnya kopi seharga Rp 500.000 ribu rupiah sambil berboker di toilet. Karena mereka semua punya masalah yang sama. Pompa air sedang macet.

Ya, memang. Benda benda elektronik kalau rusak bisa bikin frustasi dan stress ya. 

Apalagi jika ini berada dalam ranah ruang lingkup militer. Alat elektronik rusak sebentar saja di medan perang maka itu lebih dari stress bahkan dapat mengancam kematian. Jadi tentara harus benar benar berhati hati jika tiba tiba perangkat elektronik mati tanpa sebab. 

Israel Scorpius ej : Teknologi peperangan electronic attack, pengacau, penekan & perusak perangkat elektronik musuh menjadi blank dan dinonaktifkan melalui serangan pesawat tempur ( 2023 )

Selama lebih dari 3 dekade. Israel adalah salah satu pemimpin dunia di bidang teknologi peperangan elektronik. Salah satunya yaitu dari model perangkat Skyshield buatan Rafael Advanced Defense System.

Peperangan elektronik disebut juga perang hantu. 

Karena senjata ini tidak terlihat sama sekali tetapi efek kerusakannya mampu memberikan hantaman pada alat alat elektronik dan merusak navigasi, komunikasi, radar, alat kontrol udara dan juga jaringan peralatan senjata lainnya yang terkoneksi.

Perang hantu atau peperangan elektronik dapat menghalangi penerimaan informasi data yang menentukan strategi perang. 

Ini secara jelas menyebabkan kerusakan fatal yang memang tidak terlihat namun berbahaya membawa kehancuran serius. 

Scorpiusej merupakan upgrate pod dengan teknologi AESA yang berkemampuan mendeteksi sekaligus menekan ke segala arah. Ini digunakan untuk memberikan perlindungan bagi konvoi pesawat tempur sekaligus menyerang perangkat elektronik musuh yang ada di darat dan udara sepeti melawan pesawat peringatan dini. 

Adi dulberg dari BUMN Israel Aerospace Industries IAI mengatakan : 

Kami bangga menjadi pemimpin dalam teknologi AESA EW yang menandai generasi berikutnya dalam peperangan elektronik warfare. Sahutnya. 

Teknologi Scorpius ej memberikan kinerja dan manfaat nyata dalam kapabilitas EW dan sebagai alat penyerangan terhadap tindakan ancaman radar. Sehingga membawa perubahan game changer dalam dunia militer. Sekaligus meningkatkan pertahanan, kedaulatan dan keamanan negara Israel. 

Scorpius ej dirancang dapat digunakan oleh pesawat tempur seperti F-15, F-16, F-18 dan lain lainnya. 

Ini hanya berbentuk sebuah pod. Dapat diinstal pada bagian bawah sayap. Operasional kepada pilot manusia begitu user friendly setelah beberapa kali pelatihan karena sistem sudah serba otomatis. 

Untuk membangkitkan energi tambahan listrik pada perangkat scorpius ej terhubung menggunakan turbin udara ram pada pesawat tempur. Sehingga perlistrikan menjadi lebih efesien dan hemat biaya. 

Tentang scorpius

Scorpius merupakan teknologi peperangan elektronik buatan IAI Israel Aerospace Industries. Ini memiliki beberapa varian keluarga seperti Scorpius G, Scorpius T, Scorpius N, Scorpius SP dan Scorpius EJ.

Setiap portofolio pelabelan memiliki perancangan untuk masing masing tujuan. 

Pada artikel kali ini membahas tentang scorpius EJ. 

Tentang Israel Aerospace Industries

Israel Aerospace Industries didirikan pada tahun 1953 dengan memiliki 17.000 karyawan. 

IAI adalah perusahaan kedirgantaraan, pertahanan militer dan sipil. 

100% saham dikuasai oleh pemerintah Zionis Israel.

Produk IAI meliputi konversi pesawat kargo, pesawat drone, robot autonomous, sistem elektronik, satelit, radar, radar AESA, cyber, rudal surface to surface 400 km, bom, aerostruktur, force protection, drone pembunuh kamikaze, C4I, Satcom, datalink, targeting pod, dll.

Di wilayah Israel, perusahaan IAI merupakan industri senjata terbesar peringkat #2 dari total 47 perusahaan militer sejenis yang ada di Israel. 

Seperti antara lain : SK Group, Simigon, TAT technology, Urbanaero, Mdtarmor, Blueoceancyber, Tomerrs, Rafael Advanced Defense System, Smartshooter, bet shemes engines, Imco industries, Steadicopter, Aeromaoz, Xtend, Checkpoint, Bird aerosystems, OSG group, Infinidome, Netlinetech, Hubsecurity, Zuritc, Ggds, Miframsecurity, Agilite, Liorprotective, Polarisolutions, Dfendsolutions, Gotrack, Omnisys, Acspouch, Santactical, Vidiscoxray, Liortextile, Elbit systems, Orbit communication systems, Nso group, Reguluscyber, Imagesatintl, Cellbrite, Elsight, Uveye, Cyberark, Creomagic, Rayzone, dan Opgal optronic. 

Total seluruh pekerjaan di bidang industri militer Israel melibatkan 60.000 ribu karyawan. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.