Langsung ke konten utama

Perluasan resmi BRICS. Amerika Serikat mulai gugup dan stress berat. Lalu bagaimana 5 solusi saya untuk membantu langkah AS selanjutnya ( 2023 )

Sejak 5 tahun belakangan ini. 

Apa yang telah lama dicemaskan dan dikwatirkan oleh Amerika Serikat telah menjadi kenyataan. 

Pada tanggal 24 Agustus 2023 di KTT BRICS. 

Secara resmi 6 anggota baru yang terdiri dari negara Iran, Ethiopia, Mesir, Uni Emirat Arab, Argentina dan Arab Saudi telah menandatangani perjanjian untuk bergabung dengan BRICS yang berkantor pusat di China tersebut. 

Jadi mulai tanggal 1 Januari 2023. Ke 6 negara ini bergabung ke dalam keanggotaan penuh BRICS untuk memperoleh manfaat, visi & misi bersama.

Sedangkan negara NKRI Indonesia. Hingga saat ini tidak atau belum memutuskan untuk bergabung

Mengingat sejarah Indonesia yang doyan bersifat non-blok masih melekat kepada warga +62. 


BRICS merupakan lawan tanding bagi perekonomian Amerika Serikat. 

Itu tentu juga mengancam keamanan nasional AS. 

Ada 2 anggota BRICS yang menjadi musuh AS. Yaitu Rusia dan China. Sekarang ditambah lagi dengan masuknya Iran ke dalam keanggotaan membuat semua menjadi makin tambah sulit, tambah runyam, dan tentu saja kini mustahil bagi AS memboikot dan mengembargo hubungan kerjasama dari lingkaran BRICS tersebut. 

BRICS memiliki potensi besar untuk menyebabkan perubahan ekonomi global, sanggup meruntuhkan hedegomi AS jika tidak dicari solusi pemecah masalahnya dan mampu mengarahkan ke tatanan perubahan politik baru. 

Oleh karena itu, Amerika Serikat harus menghadapkan BRICS dengan memperhatikan strategi keamanan dan pertahanan yang tepat. Dan mempertimbangkan bagaimana menerapkan strategi baru untuk menanggulangi permasalahan tersebut.

Di sini, Amerika Serikat harus mengawasi, memperhatikan dengan serius dan mempertimbangkan strategi terkait dengan BRICS untuk menghasilkan rencana yang mampu menyeimbangkan keuangan, hubungan diplomatik, dan keamanan. Sehingga, Amerika Serikat dapat menghadapi tantangan yang akan datang dengan baik.

Di keanggotaan BRICS. Amerika Serikat masih memiliki hubungan baik dengan kerajaan Arab Saudi, Brazil, Argentina, UEA, India, dll. Ini dapat menjadi sedikit pelepas dahaga. 

Walaupun padahal di dalam BRICS juga terdapat beberapa pihak yang saling bertikai seperti India VS China dan Iran VS Arab Saudi. Tetapi tergabung ke dalam BRICS. Oleh sebab itu, masih menarik bagaimana melihat hubungan cinta dan persahabatan aneh antar sesama negara BRICS yang aneh itu.

Apakah dapat berfungsi sukses di masa depan atau entah bagaimana. Tidak ada yang tahu waktu yang menjawab. Kuat dugaan bakal saling ribut ributan, tetapi China dan Rusia dapat menjadi juru damai penengahnya.

Selain itu ambisi BRICS yang hendak membangun mata uang sendiri untuk menggantikan dolar. Hingga kini masih belum terwujud. Karena permasalahan yang sudah dibahas diatas. Tetapi BRICS sudah berhasil membuang dolar Amerika Serikat menjadi tersisa 28% saja. Secara jelas ini merupakan ancaman fatal bagi Amerika Serikat. 

Presiden Rusia, Vladimir putin mengatakan : 

Tahun lalu hanya 28,7 persen. Kebetulan, selama KTT ini, kita akan membahas secara rinci seluruh masalah yang berkaitan dengan transisi ke mata uang nasional di semua bidang kerja sama ekonomi antara lima negara. Sahutnya. 

Negara negara BRICS masih menggunakan mata uang masing masing. 

Pada hakekatnya, BRICS sedang berusaha keras untuk mengembangkan mata uang bersama kolektif untuk mendukung ekonomi mereka menjadi mata uang global yang aman dan stabil pengganti dolar. Ini akan membantu BRICS untuk mencapai kemitraan yang lebih besar.

Kuncinya disini yaitu terletak pada kepemimpinan Rusia dan China untuk memastikan keberlanjutan BRICS agar setiap anggota tidak saling berkelahi. 

Selain itu, tentu saja Amerika Serikat juga lagi bingung. Pada tahun 2024. Pertimbangan perubahan nama mereka nanti seperti apa ya dengan menggabungkan Brazil, Rusia, India, China, South Africa, Iran, Ethiopia, Mesir, Uni Emirat Arab, Argentina dan Arab Saudi.

Apakah menjadi 'BRICSEMUAIA'. 

Berikut adalah 4 ide saya untuk membantu langkah AS selanjutnya untuk melawan, menantang dan menghadapi BRICSEMUAIA.

1]. Percepat integrasi merger perluasan wilayah dengan negara Kanada untuk menjadi 1 negara Amerika Serikat.

2]. Keluar dari organisasi NATO, PBB, AUKUS dan organisasi internasional lainnya untuk fokus independent ke proteksi ekonomi mandiri diri sendiri. Karena PBB sudah tak relevan menghadapi BRICSEMUAIA. 

3]. Meningkatkan jumlah kapal induk militer menjadi 30 unit

4]. Kenakan lebih banyak tekanan secara langsung, boikot & memberikan sanksi perang dagang ekonomi kepada China dan Rusia. 

5]. Pemerintah Amerika Serikat harus rayu India keluar dari BRICSEMUAIA. Memastikan hubungan India & Amerika Serikat terjalin erat. Lalu seluruh anggota organisasi tersebut dijadikan atau ditargetkan menjadi musuh. Termasuk Arab Saudi dijadikan musuh karena komitmen kerajaan Arab Saudi diragukan.  

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.