Langsung ke konten utama

Apa itu ayam kampung hybrid dan 4 jenis populer peternakan ayam hybrid di Indonesia [ Joper, Ulu, Yudistira, Elba ]

Ayam kampung hybrid muncul pertama kali ke dunia akibat desakan masyarakat yang besar terhadap permintaan yang tinggi terhadap ayam kampung asli untuk pengobatan diabetes, untuk makanan sehat pemulihan pasca operasi, untuk ritual sesembahan dukun, untuk kesadaran makanan sehat berprotein alami pengganti label bubuk wheyprotein yang banyak mengandung pemicu kanker dan untuk memenuhi hasrat keinginan konsumsi daging berprotein kesehatan tanpa zat kimia untuk miliaran mulut khalayak ramai.

Namun sayangnya, karena produksi panen ayam kampung asli yang produktivitasnya lambat hingga menunggu waktu 5 sampai 8 bulan dibandingkan pertumbuhan ayam broiler dan ayam layer.

Maka dicari solusinya yaitu untuk menghadirkan genetik ayam kampung yang berat badanya harus cepat obesitas dan harus cepat panen. 

Trala trili..., 

Hadirlah ayam kampung hybrid. 

Ayam kampung hybrid memiliki karakteristik pertumbuhan yang cepat besar ketimbang ayam kampung asli.

Kira kira dalam waktu 2 bulan saja. 

Maka ayam kampung hybrid unggul sudah dapat di panen dengan cepat dan mencapai bobot berat 1 kg karena malas diet.

Foto : Ayo beli ayam kampung hybrid ulu. 

Pada hakekatnya, ayam kampung hybrid merupakan persilangan yang dilakukan oleh para breeder menggunakan campuran silangan bibit dari genetik keturunan ayam broiler atau ayam layer petelur.

Oleh sebab itu disebut ayam kampung hybird. 

Walaupun ayam kampung hybrid memiliki rasa tekstur daging yang enak, gurih dan berserat dibandingkan ayam broiler. 

Tetapi itu tidak dapat sama sekali disamakan dengan ayam kampung asli dan ayam kampung bangkok yang memiliki rasa yang lebih kenyal dan beraroma tinggi. 

Selain itu, mayoritas warna telur dari ayam kampung hybrid mirip seperti ayam petelur layer agak kekuning kuningan [ bukan putih cerah ]. 

Walaupun ayam kampung unggul hybrid memiliki pro dan kontra. Karena rasanya yang kurang enak jika dibandingkan dengan ayam kampung asli atau ayam bangkok. Tetapi ayam kampung hybrid tetap diminati masyarakat karena kecepatan panennya yang begitu cepat hanya butuh 2 bulan saja sejak menetas sudah bisa dipanen dan disisi lain memiliki harga lebih murah sehingga cocok dijadikan bisnis oleh peternak perayaman hybrid, terutama dapat dijual kepada masyarakat kalangan menengah yang memiliki uang kantong pas pasan tapi pengen mencicipi rasa ayam kampung hybrid.

Mudahnya, masyarakat menyebut ayam kampung hybird sebagai 'ayam kampung menengah dipersimpangan jalan'. Karena rasanya yang sedikit sedikit merembes ke rasa ayam kampung asli dan sedikit sedikit merembes nyantol ke ayam broiler. 

Sehingga kesannya orang orang dapat menyebut 'Ini ayam broiler atau ini ayam kampung asli di dalam 1 daging utuh hybrid yang berbaur samar samar.

Ciri khas utama ayam kampung hybrid terletak pada pertumbuhannya cepat sekali dibandingkan ayam kampung asli dan ayam kampung bangkok. 

Jadi buat teman teman yang ingin lebih berhati hati dalam memilih ayam kampung agar tidak tertipu.

Pastikan membaca ulasan, jenis & review ayam yang benar dan terpercaya.

Karena rasa adalah segalanya dan rasa tidak dapat berbohong.

Maka ayam bangkok, ayam leghorn dan ayam kampung KUB2 dapat menjadi rekomendasi andalan utama bagi pilihan teman teman untuk mengkomsumsi daging ayam kampung asli yang bersifat unggul. Tanpa ada embel embel DNA hybrid broiler. 

Tetapi jika kantong teman teman pas pasan. Maka dapat memilih ayam kampung unggul hybrid sebagai alternatif. 

Tapi kalau kantong teman teman tebal.

Maka beli aja ayam rasa asam pedas manis di warung mba Tukiyem terdekat ya. 

Berikut adalah 4 jenis ayam kampung hybrid populer di Indonesia. 

1]. Ayam kampung hybrid unggul Ulu

2]. Ayam kampung hybrid unggul Joper

3]. Ayam kampung hybrid unggul Yudistira.

4]. Ayam kampung hybrid unggul Elba

Selamat mengkomsumsi ayam kampung ya. 

Jika pengen beli ayam kampung dengan harga murah pas dikantong. Maka ayam kampung hybrid adalah solusinya. Tetapi jika anda ingin membeli ayam kampung dengan rasa aroma benar benar 100% ayam kampung asli. Maka ayam kampung KUB2, ayam leghorn dan ayam bangkok adalah solusinya. 

Pesan saya :

Sering sering aja makan ayam kampung karena itu baik untuk kesehatan. Terutama mencegah penyakit diabetes dan memperkuat daya tahan kekebalan tubuh. Mengingat ayam kampung memiliki insulin alami, kolagen, asam amino glisin, lemak, mineral alamiah, kalsium dan berprotein tinggi.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Related Post