Langsung ke konten utama

Israel SCD luncurkan chipset semikonduktor 15 nm untuk jajaran intelijen kamera video pesawat drone militer tanpa awak ( 2023 )

SCD, sebuah perusahaan chipset yang didedikasi khusus untuk membuat perangkat teknologi militer dan sipil di ranah kamera video intelijen.

SCD adalah anak dari perusahaan Elbit System asal Israel. 

SCD kembali meluncurkan produk baru pada tahun 2023 yang disebut SWIFT-EI. Yaitu sebuah SWIR yang mengintegrasikan pencitraan dengan kemampuan deteksi & identifikasi yang ditingkatkan dalam membantu angkatan bersenjata melihat apa yang sulit dilihat dari balik kejauhan dan melihat dari balik angkasa.

Teknologi ini juga menawarkan 2 saluran video pararel ke dalam 1 sensor pencitraan yang tinggi dengan harga yang lebih murah, listrik lebih efesien dan lebih hemat biaya operasional dibandingkan generasi sebelumnya. Sehingga seorang tentara dapat merekam aksinya melalui alat tersebut. 

Perangkat teknologi SCD sebelumnya dapat ditemukan pada jajaran alustista seperti tank, kendaraan lapis baja, rudal & satelit mata mata. Termasuk rudal Iron dome juga menggunakan chip buatan SCD dan beberapa perangkat diinstal pada pesawat drone. Termasuk digunakan oleh tentara sebagai alat bantu teropong. 

Itu bukan seperti teropong jadul seperti yang sering dipakai King Jong Un. Melainkan teropong digital yang bentuknya kecil nan ringkas tapi mampu melihat musuh lebih jauh berkali kali lipat dengan dilengkapi thermal pendeteksi panas tubuh manusia. 


Memproduksi chipset ukuran 15 nm sehingga mengukuhkan Elbit System sebagai perusahaan teknologi militer pencipta kamera video pengintai militer yang berukuran kecil dengan dilengkapi detektor infrared dan detektor shortwave IR.

Semua alat intelijen militer di Israel menggunakan komponen dari chip semikonduktor buatan SCD Elbit System. Tidak ada yang tidak menggunakannya, mulai dari darat, laut, udara bahkan hingga tentara yang menggunakan kamera video penglihatan malam. Semuanya menggunakan SCD untuk mengatasi hambatan pencitraan. Entah itu jarak dekat dan jarak jauh. 

Meskipun SCD memasok untuk keperluaan militer IDF Israel. Tetapi sekitar 70% perangkat chipset ini dijual ekspor ke seluruh dunia kepada mitra pelanggan internasional. Termasuk ke Amerika Serikat dan United Kingdom.

SCD tidak hanya membuat produk chip semikonduktor saja, melainkan hingga ke tingkatan produk jadi dalam 1 atap perusahaan yaitu ELBIT SYSTEM. 

Untuk melindungi privasi dan masalah keamanan. Infrastruktur fabrikasi FAB utama berkantor pusat di Israel. Pabrik berlokasi di pinggiran sekitar danau Galilea yang juga secara praktis dekat dari sumber air sebagai bahan zat pendukung pabrikan memproduksi chip dalam skala besar. 

Pemakaian air bersih dan energi terbarukan dalam produksi chip militer membantu mengurangi beban pengeluaran.


Pengembangan teknologi lebih lanjut tidak hanya berhenti di titik ini. Sekedar hanya melihat dari balik kejauhan, sekedar hanya melihat dari balik kegelapan dan sekedar hanya menandai target musuh secara manual.

Integrasi AI di dalam chip kamera video merupakan langkah next selanjutnya. Dimana kaloborasi chip berkemampuan AI berikutnya dapat membantu memberikan laporan data secara otomatis dengan kecepatan yang lebih tinggi, menghitung lebih cepat dan akurat.   

AI mengidentifikasi objek di sistem kamera video dengan lebih handal dibandingkan tentara manusia dalam menyajikan laporan berkecepatan tinggi sehingga memudahkan pengolahan data dan editing. Termasuk memberikan hasil selektif di fotografi berdasarkan tag target masing masing. 

AI juga dapat meningkatkan kualitas gambar yang diambil dengan menyediakan hasil yang lebih jelas dan lebih realistis.

Rata rata pesanan untuk chip buatan SCD senilai $ 200.000.000 juta dolar per tahun atau sekitar Rp 3 triliun rupiah. Tidak hanya untuk penggunaan militer saja, pihak sipil komersial juga menggunakan SCD di sektor pertambangan dalam mendeteksi kebocoran gas, perlindungan CCTV kamera video di pelabuhan, bandara, gedung pemerintahan dan objek vital lainnya.

Slasky dari Israel mengatakan :

Visi kami adalah untuk terus bergerak maju menerapkan teknologi baru dan cerdas dalam sistem pencitraan infrared. Sahutnya. 

Tentang SCD

SCD adalah sebuah perusahaan teknologi militer dan sipil yang berkantor pusat di Israel bergerak di bidang chipset semikonduktor persenjataan. Ini adalah anak dari Elbit System.

Tentang Elbit System

Elbit System didirikan pada tahun 1966 di Israel dengan memiliki 22.500 karyawan. 

Elbit Systems adalah perusahaan kedirgantaraan, pertahanan militer dan sipil. Dimana 50% saham dikuasai oleh pemerintah Zionis Israel. Dengan pendapatan kotor pertahun sebesar $ 5 miliar dolar atau sekitar Rp 76 triliun rupiah per tahun. 

Di wilayah Israel, perusahaan Elbit System merupakan industri senjata terbesar peringkat #1 dari total 47 perusahaan militer sejenis yang ada di Israel. 

Seperti antara lain : SK Group, Simigon, TAT technology, Urbanaero, Mdtarmor, Blueoceancyber, Tomerrs, Israel Aerospace Industries, Smartshooter, bet shemes engines, Imco industries, Steadicopter, Aeromaoz, Xtend, Checkpoint, Bird aerosystems, OSG group, Infinidome, Netlinetech, Hubsecurity, Zuritc, Ggds, Miframsecurity, Agilite, Liorprotective, Polarisolutions, Dfendsolutions, Gotrack, Omnisys, Acspouch, Santactical, Vidiscoxray, Liortextile, Rafael Advanced Defense System, Orbit communication systems, Nso group, Reguluscyber, Imagesatintl, Cellbrite, Elsight, Uveye, Cyberark, Creomagic, Transmitsecurity, dan Opgal optronic. 

Total seluruh pekerjaan di bidang industri militer Israel melibatkan 60.000 ribu karyawan. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Related Post