Langsung ke konten utama

Kenapa tentara IDF Israel kalau perang berkecamuk sering sambil bernyanyi lagu rohani kepada TUHAN [ IDF tentara di dunia paling unik & beda sendiri, rasakan nuansa mistiknya ] ( 2023 )

Foto : THIS IS ISRAEL IDF

Sejak kecil, saya adalah seorang maniak penggemar film perang. Entah itu bentuk fiksi maupun nonfiksi.

Selama bertahun tahun. Ada banyak video, film, adegan, tayangan dan cuplikan tentang peperangan dan militer yang telah saya tonton. 

Pada umumnya selama peperangan itu selalu menampilkan video visual, footage dan ASMR yang dipenuhi oleh drama ketegangan, kegelisahan, ketakutan, kemarahan dan deru perang yang penuh konflik membuat serasa jantung kita copot karena deru bara ledakan dengan bunyi bom, mortal, artileri dan rentetan desikan peluru timah panas dan tembakan tank yang mengejutkan. 

Namun, ketika saya menyaksikan video di Youtube tentang peperangan antara Israel VS Palestina ( Hamas ). 

Saya merasa terkesan dengan sensasi alami yang berbeda dengan video emosi physical sensation yang penuh mistik. Awalnya saya mengira itu hanya sebuah video yang dibuat iseng saja. Mungkin cuma sekedar 1 atau 2 video saja. Ternyata salah. Itu ada banyak. 

Berbeda dibandingkan beberapa dekade sebelumnya. Kini tentara IDF mayoritas sudah dilengkapi dengan smartphone dan kamera untuk merekam aksinya di medan laga. 

Jadi, mengapa tentara IDF Israel bernyanyi lagu rohani saat perang...? 

Bagi saya, itu cukup menarik dan nampak mistik. 

Tetapi bagi mereka ( IDF ). Semangat spirit dan KeTUHANAN itu nampak sudah melekat dalam darah daging mereka, insting dan jiwa DNA mereka yang belum pernah terpublikasi ke publik sebelumnya karena keterbatasan media internet. 

Sambil memegang senapan Tavor. Salah satu kapten IDF bernyanyi dan berteriak dengan gema yang keras dikelilingi oleh ratusan tentara IDF lainnya dan diringi oleh sekitar 3-4 tank merkava yang mengeluarkan bunyi gemuruh mesin lapis baja tersebut dalam keadaan terparkir tetapi tetap waspada. 

Katanya : 

Adonai is our god adonai is one

There is nothing other him

Hayde 

Hayde

Hayde

Until victory

Cuplikan video lain menampilkan seorang tentara IDF yang sedang beristirahat dan melepaskan helm miliknya dengan lantang beliau lalu menggemakan sebuah lagu rohani puji pujian kepada TUHAN. Beberapa tentara yang lain kemudian saling bernyanyi sahut menyahut. 

Cuplikan video lain menampilkan 5 tentara IDF bernyanyi dibalik tembok batu. 1 orang memegang senapan Tavor, 2 orang memegang senapan galil machine, 1 orang memegang kamera, 1 orang memegang teropong. 

Cuplikan video lain menampilkan. Kerumunan tentara mendengarkan seorang bernyanyi lagu rohani yang artinya ke bahasa Indonesia adalah 'Dengarkan Israel, TUHAN hanya satu'. 

Cuplikan video lain menampilkan ratusan tentara IDF yang berdiri diatas turret tank Merkava bernyanyi lagu rohani praise of GOD.

Cuplikan video lain menampilkan seorang tentara IDF bernyanyi lagu rohani dari balik dinding. Beberapa temannya nampak serius sedang berjaga jaga. 

Dan masih ada banyak lagi. 

Walaupun saya tidak tahu apa arti dari lagu rohani orang orang Israel. Tetapi itu begitu mengesankan.

Andaikata orang orang Kristen sering bernyanyi tentang lagu rohani : 

Tuhan adalah batu karangku, Tuhan adalah bentengku, Tuhan adalah penyelamatku dihadapanNya aku tidak akan goyah. Sekalipun badai menerjang. 

*********** %%%%%%%%%%%% ############

Ada banyak hal yang masih belum diketahui tentang keunikan tentara IDF ( Israel Defense Force ).

Bagi saya secara pribadi. Ketika menyaksikan video IDF sedang bernyanyi lagu rohani dapat mengajarkan bahwa betapa pentingnya penyertaan dan kehadiran TUHAN YESUS. Entah itu dalam keadaan waktu baik maupun keadaan waktu perang. 

Israel Defense Force merupakan salah satu tentara paling bermoral di dunia. 

Salah satu hukum moral dalam perang yaitu tidak boleh membunuh warga sipil yang tak bersenjata dan warga sipil yang tak bersalah. ( kecuali terorist yang menyamar sebagai warga sipil ) Ini seperti tercantum di kitab Taurat yang berbunyi demikian : 

Keluaran 23:7


Haruslah engkau menjauhkan diri dari perkara kelicikan dan hendaklah engkau tidak membunuh orang yang tidak bersalah dan orang yang jujur karena Aku tidak akan membenarkan orang yang jahat.

Selamat berjuang Israel. 

Raihlah kemenangan, tegakkan keadilan dan kalahkan kejahatan.


Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.