Langsung ke konten utama

Mantap jiwa presiden Joe Biden, 51% anggaran APBN Amerika Serikat digunakan untuk jaminan bantuan sosial bansos $ 500 per bulan dan asuransi kesehatan BPJS-nya AS untuk 94.000.000 juta orang per individu ( 2023 )


Sejak pemerintahan masa jabatan presiden Joe Biden. Negara Amerika Serikat telah mengubah secara signifikan bagaimana alokasi anggaran pendapatan belanja negara ( APBN ) didistribusikan berdasarkan masing masing kementerian dan bidang. 

Kebijakan fiskal tahun 2023 di Amerika Serikat kini menitikberatkan jaminan bantuan sosial atau bansos pada posisi terbesar, terdepan atau berada di peringkat #1 dari seluruh prioritas APBN lainnya dengan persentase sebesar 27% untuk bantuan sosial. 

Sejak mengubah dan mengutak atik APBN yang belum pernah terjadi sebelumnya. Hasil justru menunjjukkan bahwa program bansos bermanfaat bagi pemerintah AS karena selain mengurangi dampak kemiskinan dan kesenjangan sosial. Juga efektif dalam bagaimana roda circular sistem perpajakan berputar dengan efesien. 

Artinya bahwa walaupun pemerintah AS atas perintah mandat Joe Biden mengucurkan 27% uang APBN untuk mentransfer uang ke rekening bank masing masing kewarganegaraan orang orang AS yang memenuhi syarat penerima jaminan bantuan sosial. 

Investasi jaminan sosial itu tidak terbuang sia sia, karena pemerintah AS memperoleh kembali uang tersebut dari pungutan pajak. Dan menjamin atau memastikan roda ekonomi di negara Amerika Serikat dapat berputar semana mestinya dari tangan pemerintah ke rakyat dan sebaliknya demi meningkatkan sedikit daya beli konsumsi masyarakat orang orang AS agar tidak melandai yang malah dapat memperlambat penerimaan pajak menjadi lebih rendah. 

Sehingga dengan cara alokasi APBN yang diterapkan untuk bansos tersebut maka uang pajak tidak lagi hanya terus menerus stagnan, tertahan, terpaku, membeku dan mengendap saja di tangan segelintir dompet pejabat kleptokrasi.

Selain itu, kebijakan Joe Biden juga terus melakukan perbaikan pada sistem perpajakan dan birokrasi agar lebih lincah dibandingkan sebelumnya demi kesejahteraan rakyat AS yang saat artikel ini ditulis rata rata berada di angka sebesar $ 4.444 atau setara Rp 70 juta sebulan atau Rp 840.000.000 juta per tahun.  

Untuk perlu diketahui. Amerika Serikat memiliki 2 bentuk jaminan sosial. Yaitu dalam bentuk transfer ke rekening masing masing dan dalam bentuk kupon makanan. 

Peserta dapat memilih salah satu diantaranya. 

Jaminan sosial dalam bentuk kupon makanan atau disebut juga kupon belanja dapat digunakan atau ditukar pada setiap minimarket dan supermarket yang ada di seluruh wilayah Amerika Serikat saat berbelanja kebutuhan makanan dalam bentuk nutrisi. 

Pada umumnya, mayoritas kebanyakan warga AS menukar kupon makanan di toko target corporation dalam bentuk belanja makanan dibayar pakai kupon. Dan pada akhirnya, mereka bisa mendapatkan makanan, sayur, wortel, kentang, telur, gandum, ayam, daging ikan, buah buahan & kue gratis tanpa bayar sepeserpun. 

Untuk mendapatkan jamin bantuan sosial dari pemerintah Amerika Serikat. 

Syaratnya peserta cukup mendaftar di web lalu beberapa hari kemudian mendapatkan $ 500 per bulan atau Rp 7.000.000 juta per bulan yang ditransfer oleh pemerintah AS ke rekening bank masing masing orang per individu untuk dibelanjakan barang lokal sesuka hati mereka atau dapat memilih kupon makanan seperti yang sudah dibahas diatas.

Syarat utamanya yaitu : 

1]. Harus warga asli Amerika Serikat yang memiliki upah rendah.

2]. Bukan anggota dari sistem kepegawaian internal AS dan bukan pejabat pemerintah AS

3]. Bukan polisi & tentara US Army

Selebihnya, tidak ada persyaratan tambahan, tidak ada kerumitan & tidak ada survei yang harus diisi. 

Jaminan sosial diperuntukkan untuk masyarakat golongan berpenghasilan rendah, pengangguran, pensiunan miskin, orang orang kena PHK dan orang orang cacat ( difabel ). 

Jika tidak mau menerima uang $ 500 lagi. 

Peserta dapat membatalkan atau cancel keikutsertaan ke website dengan semudah 1 2 3.

Asuransi kesehatan BPJS-nya AS :

Anggaran APBN terbesar Amerika Serikat di peringkat #2 di duduki oleh asuransi kesehatan dan layanan kesehatan. Awalnya pertama kali bernama Obamacare, tapi kemudian diubah menjadi asuransi Medicare yang terdiri dari 4 program yaitu Children's Health CHIP ( asuransi kesehatan untuk anak kecil ), Medicare, Medicaid dan asuransi affordable care act.  

Asuransi ini terbagi lagi menjadi 2 jenis. Yaitu asuransi kesehatan yang ditanggung sendiri pembayaran oleh peserta dan asuransi kesehatan yang ditanggung pembayaran sepenuhnya oleh pemerintah Amerika Serikat. Tetapi hanya dikhususkan untuk orang orang berpenghasilan rendah dimana pemerintah AS yang membayar asuransi ini setiap bulannya. 

Kalau di Indonesia mirip seperti asuransi BPJS kesehatan. 

Pada Mei 2023. Tercatat sebanyak kurang lebih 94.000.000 juta asuransi kesehatan milik warga orang orang AS dibayar dan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah AS itu sendiri. Meningkat dibandingkan tahun sebelumnya di 2022 sebesar 71.000.000 juta orang. 

Anggaran APBN sebesar untuk asuransi kesehatan 24% ini juga digunakan untuk alokasi peningkatan layanan rumah sakit dan puskesmas.

Jadi apabila kedua kebijakan program ini digabung. Maka membentuk 51% dari anggaran APBN digunakan oleh pemerintah AS untuk jaminan sosial dan asuransi kesehatan. 

Sisanya terdiri dari : 

13% anggaran biaya militer

10% anggaran biaya bayar cicilan utang dan bunga utang

4% anggaran biaya pendidikan

22% lain lainnya. Yang terdiri dari :

~ Anggaran biaya infrastruktur dan perawatan teknis

~ Anggaran biaya gaji pejabat, pensiun pejabat dan pegawai pemerintahan

~ Anggaran biaya administrasi birokrasi pemerintahan

~ Anggaran biaya transportasi

~ Anggaran biaya penyertaan modal BUMN

~ Anggaran biaya penyelenggaran penegak hukum, hakim & keperluaan penjara

~ Anggaran biaya pertanian, perkebunan, perikanan, kelautan dan peternakan

~ Anggaran biaya energi

~ Anggaran biaya penyelenggaraan politik dan demokrasi

~ Anggaran biaya bantuan pendanaan untuk sekutu AS

~ Anggaran biaya kebersihan lingkungan hidup negara

~ Anggaran biaya bantuan perusahaan swasta lokal dan permodalan

~ Anggaran biaya komunikasi & internet

~ Anggaran biaya urusan keanggotaan internasional seperti PBB, NATO, AUKUS, dll.

~ Anggaran biaya ilmu penelitian R&D.

~ Anggaran lain lain tak terduga. Contoh seperti biaya untuk bencana alam.. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Related Post