Lompat ke konten Lompat ke footer

BUMN industri senjata Rostec Rusia raup pendapatan $ 27 miliar dolar atau Rp 418 triliun dolar ( 2024 )

Seperti biasa, setiap tahun. Perusahaan plat merah BUMN Rostec asal Rusia menyajikan laporan data tentang perihal perkembangan terkini tentang pendapatan.

Dinyatakan pada bulan Mei 2023 dari hasil YoY 2022 adalah sebesar $ 27 miliar ( Kurs telah dikonversi dari mata uang rubel ke dolar ). Laporan ini diterbitkan langsung kepada pemimpin tertinggi Rusia, yaitu presiden Vladimir Putin. 


Sektor pendapatan Rostec sejak perang melawan Ukraina. Tidak menunjjukkan angka peningkatan dari segi keuangan secara drasmatis karena Amerika Serikat, United Kingdom ( Inggris ), Uni Eropa dan anggota negara NATO terus menerus bersatu padu berupaya mencari cara ide baru setiap harinya guna menerapkan, mencari, menekan dan menambah jenis jenis banned, boikot dan sangsi agar terjadi pukulan yang lebih keras ke ekonomi Rusia. 

Dari tahun ke tahun, pertumbuhan Rostec masih menunjjukan stagnan, tetapi tidak hancur seperti yang diharapkan oleh Amerika Serikat alias paman Joe biden. 

Seharusnya, Rusia harus berterima kasih kepada AS dan NATO atas sikap menjatuhkan sangsi embargo.

Karena sekarang Rusia makin bisa mandi sendiri dan sepertinya produksi senjata Rusia nampak lebih tajam dibandingkan sebelumnya. 

Vladimir putin bangga dengan industri Rostec. 

Rusia mampu membalas banned selama 33 tahun yang diterapkan AS dengan 'senyuman' yang indah. 

Sebagai informasi kepada anda yang belum tahu. 

Rostec adalah BUMN Rusia yang bergerak di bidang teknologi militer dan sipil. 

Ini didirikan pertama kali pada tahun 2007 oleh presiden Vladimir Putin.

Pada tahun 2024. Rostec memiliki 800 anak perusahaan dengan memperkerjakan sebanyak 592.000 karyawan. 

90% komponen dan produk militer persenjataan buatan Rusia dibangun oleh Rostec. Sisanya 10% berasal dari China dan negara mitra lainnya. 

45% komponen teknologi elektronik, mesin dan alat alat lainnya yang digunakan oleh 146.000.000 juta orang orang rakyat Rusia dibangun, dikerjakan, dibuat dan diciptakan oleh Rostec seorang diri. 

Berbicara tentang perkembangan update terkini tahun 2024. 

Staff yang bernama sergey chemezov mengklaim dalam menghadapi perang melawan Ukraina dan anggota NATO lainnya. BUMN Rostec telah meningkatkan produksi tank 7x klipat, meningkatkan produksi kendaraan lapis baja sebanyak 4,5x lipat, meningkatkan produksi artileri dan MLRS sebanyak 2,5x lipat, meningkatkan produksi amunisi peluru 60x lipat dan meningkatkan produksi drone kamikaze cube dan lancet. 

Di ranah sipil, Rostec sudah berhasil memberlakukan secara menyeluruh mesin kasir yang digunakan di seluruh minimarket, toko UKM dan supermarket. Dimana 100% semua di seluruh kawasan Rusia telah menggunakan produk mesin kasir buatan Rostec. 

Selain itu, mesin pesawat PD-8 engine telah seluruhnya terdiri dari komponen Rusia made by Rostec. Tanpa ada satupun komponen impor dari pihak asing. 


Ini mengacu pula pada kesiapan pesawat penumpang sipil MC-21 aircraft untuk rakyat Rusia. 

Diharapkan pada tahun 2025. Rusia melalui Rostec sudah siap mengucapkan salam bye bye dan salam perpisahan kepada Boeing dan Airbus. Artinya Rusia tidak butuh impor pesawat sipil asing lagi. 


Vladimir putin, presiden Rusia mengatakan : 

Ini adalah peluang nyata bagi perusahaan kami untuk mengisi ceruk pasar yang siap segera dibebaskan

Putin melanjutkan. 

Itu harus dilakukan. Sahutnya. 

Sedangkan di bidang teknologi kesehatan : 

Rostec sedang & masih mengembangkan dan meneliti penelitian lebih lanjut tentang pemindai CT scan EBCT ( electron beam computerized tomographhy ) untuk mengatasi penyakit kanker dan penyakit mematikan lainnya. 

Nacimbio anak perusahaan Rostec telah merilis Biogam. 

Sejenis produk yang membantu transplantasi organ tubuh. 

UEA ( United Engine Corporation ) anak perusahaan Rostec telah merilis teknologi GTA-8. Yaitu platform alat listrik yang tahan suhu dingin hingga -50 derajat celsius. 


Ntechlab, anak perusahaan Rostec telah merilis sistem komputer jaringan saraf pengenal wajah ( face recognition ) untuk diinstal di seluruh kamera kepolisian di Rusia. Sehingga memudahkan polisi untuk menemukan penjahat yang melakukan tindakan kriminal dengan cara mencocokkannya ke dalam big database. 


Rusia Helicopter, anak perusahaan Roscte telah selesai merilis ciptaan baru Mi-171A3 yang didesain untuk helikopter angkut sipil lepas pantai. Dengan kemampuan lebih hemat energi.


Termasuk merilis helikopter tanpa awak kargo BAS-200 untuk mengirimkan barang dan surat informasi ke wilayah Rusia yang tidak ada internetnya ( blank spot ). Mengingat daerah kawasan Rusia terluas nomor #1 di dunia, maka menghasilkan banyak titik titik yang tidak terjamah layanan internet. 

Ruselectronics, anak perusahaan Rostec telah merilis Sickle untuk melawan drone UAV. 

HPS High precision systems, anak perusahaan Rostec telah merilis teknologi baru untuk pemantauan wilayah udara menggunakan radar varian baru yang lebih kecil untuk mengidentifikasi target kecil. 

Lalu ada varian teknologi baru lainnya dari Rostec yaitu Stupor. Yaitu gabungan kamera elektro optik (EO), radar dan sistem lainnya yang mampu mendeteksi keberadaan drone kamikaze kecil dan drone quadcopter dari jarak 5 kilometer, kemudian menjatuhkannya menggunakan serangan elekctronik berbasis AI dari jarak 2 kilometer. 


Dalam roadmap yang tertera di website Rostec menyatakan bahwa pada tahun 2030. 

Sebanyak 50% teknologi sipil di Rusia harus menggunakan produk lokal dalam negeri buatan Rostec.

Pada tahun 2024, sebanyak 90% perangkat teknologi militer Rusia dibangun sendiri oleh Rostec tanpa ketergantungan impor.  

Tetapi tetap saja, benci tapi cinta. Smartphone Apple buatan Amerika Serikat tetap menjadi primadona di hati rakyat Rusia. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.