Lompat ke konten Lompat ke footer

AI Gemini menurunkan 70% hasil pencarian di Google search untuk searching penelusuran web/blog publisher adsense dan bagaimana solusi agar dapat bertahan dari penurunan view ( 2024 )

Sebelumnya disebut sebagai AI BARD. Kini berubah nama menjadi AI GEMINI. 

AI Gemini merupakan chatbot kecerdasan buatan generatif yang interaktif berbasis text, image & voice dan juga terkompilasi di mesin penelurusan Google jika teman teman mengizinkan Gemini tersebut aktif secara personal. 

Produk AI Gemini diciptakan oleh perusahaan induk Alphabet.inc yang juga selaku dari pemilik anak Google. Bertujuan khusus untuk memberikan tanggapan dan lawan tanding untuk OpenAI ChatGPT. 

Instalansi Gemini di produk mesin pencari Google dapat memberikan kepuasaan dalam hasil ringkasan yang dibuat AI dan layanan prima untuk menjawab berbagai pertanyaan bahkan sebelum pertanyaan itu dipikirkan, memberikan rangkuman jawaban yang cepat, mempercepat menemukan informasi yang lebih akurat dengan waktu yang lebih cepat dan seseorang juga dapat mengajukan pertanyaan lanjutan yang dijawab oleh AI.

Masalahnya disatu sisi AI Gemini memang menguntungkan dari segi user. Karena orang orang tidak perlu lagi harus sering sering scroll ke bawah untuk membuka link web/blog dalam mencari informasi. AI Gemini menyediakan informasi jawaban langsung di halaman utama Google tanpa harus buka dan tanpa harus mengunjungi web/blog lain. 

Dari sisi konten publisher pemilik web/blog. 

Secara jelas dan nyata AI GEMINI cukup meresahkan karena menurunkan jumlah kunjungan traffik ke web/blog menjadi terancam. 

Berbagai macam pertanyaan dan pencarian informasi dapat dijawab secara langsung oleh AI GEMINI. 

Padahal, view atau jumlah kunjungan merupakan urat nadi pendapatan atau penghasilan dari menjadi seorang konten publisher dengan iklan Google Adsense. 

Sebagus apapun seseorang menulis artikel berkualitas. 

Nampaknya, jawaban AI GEMINI lebih bagus dan nampaknya robot kecerdasan buatan punya Google ini sedang mencoba merampok pekerjaan saya sebagai penulis di internet.

Jika dilihat dari sisi Google. Tentu saja tidak ada yang dirugikan. Karena AI GEMINI bersanding dengan iklan Adsense di samping kanan atau atas. Pada tahun 2023 saja, pendapatan iklan Google dari antarmuka penelusuran menyumbang sebesar $ 305 miliar dolar atau sekitar Rp 4.727 triliun. 

Sedangkan untuk jaringan Google Network di bagi hasil 2 menjadi 80% untuk penulis dan 20% untuk Google. 

Namun seperti pembahasan diatas, kian hari jumlah kunjungan ke web/blog semakin berkurang hingga 70% sejak adanya AI GEMINI.  

Selain itu terdapat pula perubahan algoritma Google di tahun 2024 ini yaitu dimana pengguna domain gratisan seperti akhiran blogspot, wix dan wordpress. Semakin sulit ditemukan pada halaman teratas di mesin pencarian Google. 

Kesimpulannya bahwa persaingan diranah SEO search engine makin ketat, bahkan pemilik domain gratisan dijamin tidak dapat sukses seperti dulu lagi. Maka oleh sebab itu harus wajib upgrate domain ke versi premium berbayar. Contoh membeli domain com, net, id, dll. 

Kemudian perubahan algoritma lainnya yang saya perhatikan yaitu postingan yang telah berusia umur diatas 3 tahun semakin terpendam ke bawah. Ini memaksa pemilik konten publisher adsense wajib melakukan pembaharuan update konten artikel secara berkala, diupdate minimal 3 hari 1 kali.

Jika terlambat maka terjadi penurunan traffik secara besar besaran, terperosok dan menyeluruh. 

Bahasa kasarnya adalah bahwa mayoritas postingan yang sudah basi dan berumur tua lebih dari 3 tahun di hapus otomatis oleh Google di penelusuran hilang dari indeks. 

Bot spider Google menyukai web/blog yang selalu fresh dan segar dengan konten baru minimal 3 hari 1 kali update atau kalau memungkinkan 1 hari 1 kali itu lebih baik. Tapi bukan saran ya. Artikel ini terkhusus untuk penulis artikel yang sedang berusaha mendapatkan pundi pundi rupiah dari 1 view kini dihargai senilai harga antara Rp 1 - Rp 1,5. Tergantung niche dan bahasa. 

Jika menggunakan bahasa Inggris, biasanya harga iklan Adsense dihargai lebih mahal ketimbang bahasa Indonesia dihargai murah.  

He he.., 

Kalkulasinya apabila dalam 1 bulan sebuah blog mampu mendatangkan 100.000 ribu view maka setara dengan antara Rp 100.000 - Rp 150.000 ribu rupiah. 

Lumayan, seharga 4 - 6 bungkus nasi padang. 

Masalahnya, 4 - 6 nasi padang saya kini dirampok oleh kehadiran AI GEMINI. 

Bagaimana solusi agar dapat bertahan dari penurunan view akibat adanya AI GEMINI. 

Solusi yaitu sediakan obat Paracetamol, Amoxicillin dan Panadol. 

Lalu minum setiap hari 3x sehari. 

He he..., 

Becanda kok. 

Jadi bagaimana sih cara solusi jitunya. 

Jawaban saya adalah jujur ciuuus ngga tahu. 

Kok tanya saya...?

Coba tanya AI GEMINI 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.