Lompat ke konten Lompat ke footer

Integrasi awal pertama kali dimulainya update instalansi otak OpenAI ke perangkat hardware robot FigureAI dalam mengubah lanskap perubahan teknologi zaman modern ( 2024 )

Di bidang teknologi, artificial intelligence dan robotika. Dapat saya katakan bahwa kita masih di tahap awal perkembangan perubahan zaman. 

Ini seumpama bibit benih yang baru bertumbuh dan bertunas. 

Jika diumpamakan maka seperti bayi yang sedang belajar berjalan.    

Umat manusia tentu saja harus memanfaatkan dan mendukung teknologi robotika ini demi membantu memaksimalkan aktivitas pekerjaan sehari hari dalam kehidupan bisnis menjadi lebih baik, lebih cepat, lebih murah, lebih efesien dan lebih efektif. 

OpenAI. Perusahaan asal Amerika Serikat yang turut mewadahi Chatgpt, Dalle dan Soraai. Telah bekerjasama dengan perusahaan robotika FigureAI dalam melakukan tahapan awal integrasi instalasi otak OpenAI ke hardware. 

Bagi teman teman yang belum tahu tentang istilah kata asing figureai. 

Figureai adalah perusahaan teknologi asal Amerika Serikat yang menciptakan robot humanoid yang didesain meniru fisik tubuh manusia dan bertingkah laku seperti layaknya manusia. 

Penanaman modal Figureai diinvestasikan dan mayoritas saham saat ini dikuasai oleh Microsoft.com, OpenAI, Nvidia dan investor Jeff Bezos ( orang terkaya ke 3 di dunia versi 2024 ).  

Youtube : Integrasi pertama kali OpenAI ke FigureAI

Raksasa OpenAI setuju untuk menghidupkan perangkat keras hardware tak bernyawa FigureAI menjadi nampak seolah olah hidup, mampu membuat robot mati seolah olah berinteraksi berbicara dengan orang lain, mampu belajar sendiri, mampu mengenali keadaan lingkungan sekitarnya, menjalankan perintah dan lain sebagainya. 

Selama berdekade dekade. Robot berwujud manusia humanoid sudah diciptakan. 

Tapi robot zaman dulu itu masih kaku, bicaranya itu itu saja 'selamat datang, selamat datang, selamat datang'. Itu aja omongannya di ulang ulang seperti rekaman suara voice yang diulang ulang.  

Dan keahlian robot cuma menari nari saja di panggung. Robot tradisional masa lalu itu juga amat membosankan tidak mampu berinteraksi komunikasi lebih intens dengan manusia. 

Sekarang untuk pertama kalinya di dunia robot pintar ( smart robot ) berotak OPENAI dapat melakukan percakapan dan mengintegrasikan jaringan sistem ke kaki & tangan untuk menyelesaikan tugas perintah yang diberikan oleh manusia.  

Brett adcock, CEO Figure.ai dari Amerika Serikat mengatakan : 

Ini tonggak sejarah besar bagi robotika. Figureai kini dapat meningkatkan pemahaman sematik robotik sehingga membuatnya kelak berguna dalam skenario kerja. Sahutnya. 

Di masa mendatang, AI dan robotika dapat berkontribusi menentukan arah masa depan pekerjaan umat manusia. Tetapi seharusnya anda tidak perlu kwatir. Karena justru robot dapat meningkatkan produktivitas manufaktur dan memproses pekerjaan berat menjadi ringan dan mengubah struktur pekerjaan repeat di pabrik menjadi serba otomatis tanpa perlu menggunakan banyak karyawan manusia atau buruh manusia yang hobi menuntut kenaikan gaji dan THR. 

Teknologi revelusioner ini siap mengubah wajah dunia ke versi baru dan berbagai macam jenis pekerjaan menjadi gelombang inovasi baru dalam dinamika persfektif robotik. 

Dalam lanskap company robotika humanoid. Selain perusahaan figureai, turut hadir pula perusahaan pesaing dari milik Elon Musk melalui kecerdasan buatan AI GROK dan robot Optimus Tesla. 

Elon musk pernah mengatakan bahwa teknologi AI dan Robot memiliki kekuatan paling menggangu dalam sejarah dan bakalan banyak mengambil alih pekerjaan umat manusia. Tidak hanya di pabrik manufaktur saja, bahkan pekerjaan kotor sekalipun dapat diambil alih oleh robot. 

Menurut saya secara pribadi terhadap perkembangan robotika dan AI. 

Tidaklah benar jika ada anggapan bahwa robot dapat mengambil alih semua jenis pekerjaan manusia. Robot humanoid saat artikel ini ditulis kepada anda di tahun 2024 berharga dikisaran harga per unit sekitar Rp 500.000.000 juta rupiah. Jadi robot mahal ini tidak cocok digunakan untuk pekerjaan skala bisnis kecil UKM. 

Robot humanoid hanya cocok untuk program bisnis skala ME ( medium entreprise ) dan skala Company. 

Penggunaan robot humanoid paling ideal dan wajar digunakan untuk dipekerjakan di bidang level tinggi, menantang dan berbahaya.

Seperti contoh : 

~ Robot bekerja di lokasi pertambangan rawan longsor. 

~ Robot bekerja di penjara yang dipenuhi oleh kumpulan orang orang penjahat yang hobi berkata kata kasar doyan ghibah petugas sipir polsuspas. Mengingat robot tidak punya emosi, robot tidak punya etik, robot tidak punya martabak dan robot kebal di marahi oleh penjahat. Selain itu robot humanoid juga cocok jadi pacar 24 jam menemani penjahat yang kesepian, selalu setia sejati menemani di hati, tapi boong.

~ Robot bekerja di ruangan laboratorium penelitian kimia dan zat beracun

~ Robot bekerja di pembangkit listrik tenaga nuklir. Mengingat robot humanoid kebal dari pancaran radiasi.  

~ Robot bekerja di bidang konstruksi untuk pembangunan gedung bertingkat kelas berat untuk menyelamatkan nyawa manusia dari adanya kegagalan dan kesalahan akibat terjatuh.

~ Robot bekerja di rumah sakit di ruangan khusus infeksi virus & bakteri dan robot humanoid juga mampu dan cocok dikerjakan di pelayanan medis intensive care untuk membersihkan kotoran tai pasien nenek kakek usia lanjut 50 tahun keatas yang dimana perawat pada umumnya banyak yang menolak pekerjaan ini dengan alasan sering mual sakit perut karena bau busuk. 

~ Robot bekerja di perbatasan keamanan antar negara tempat keluar masuk jalur mudik manusia sebagai alat interogasi dari ancaman bom bunuh diri. 

dll.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.