Lompat ke konten Lompat ke footer

Diary Maret 2024

Saya kembali menulis tentang diary hasil bulan Maret 2024

Tulisan ini saya tulis sebagai pedoman bagi saya untuk mencari kelemahan dan kelebihan setiap strategi untuk menjadi lebih baik lagi.

Siapa tahu bermanfaat bagi pembaca ya.

Membeli WiFi Indihome Internet 

Kami keluarga memutuskan membeli WiFi. Dibantu oleh adik keponakan saya, kini saya dan keluarga sudah punya akses internet yang kencang banget dan mendukung kecepatan 5G. 

Dulu, 10 tahun yang lalu. Saya hanya mengandalkan jaringan melalui modem dari provider Tri. 

Itu lambat banget, 1 dekade yang lalu buka kolom komentar Facebook saja harus menunggu 2 menit - 5 menit. Nonton video kualitas 3GP aja harus ngupil dulu, karena saking lama nunggunya. 

Bahkan saya harus bela belain nonton Youtube 144 lowest quality video resolution demi menghemat paket biaya kuota. 

Sekarang semua sudah berubah dengan WiFi Indihome. 

Nonton video youtube sudah cepat banget bahkan kualitas 1080P dengan kuota unlimited, tidak perlu lagi kwatir. Bahkan jika dihitung hitung dengan harga. Justru menggunakan WiFi Indihome biaya internet di rumah dapat berkurang secara drasmatis, kualitas meningkat, kuota unlimited terpenuhi dan yang pasti nonton Youtube jadi lancar jaya.

Nah, jika teman teman bertanya kepada saya. Andaikata manusia punya mesin waktu. 

Apakah saya ingin kembali ke masa lalu ketika tahun sebelum 2024. Jelas tidak, karena internet berjalan seperti siput dan lagian juga tidak mau melakukan ritual ngupil saat menunggu loading internet yang lelet itu. He he..., 

Oh ya, ada satu hal yang menarik saat pemasangan internet oleh karyawan Telkomsel. 

Mereka terdiri dari 4 orang. 

Mereka datang pukul 08.00 WIB ( pagi ) dan selesai instalansi penuh pukul 10.00 WIB. 

Tapi karena saya sediakan hidangan berupa kue Khong guan, minuman teh dan kopi. 

Ternyata mereka malah duduk santai di depan melihat tanaman anggrek di depan rumah, ngobrol ke sesama mereka di depan pintu. Kebetulan juga cuaca di kota Palangkaraya sedang sejuk agak sedikit mendung tapi tidak hujan. Pada akhirnya mereka jadi lupa waktu jika jam sudah pukul 13.30 WIB gara gara asing berbincang bincang ditemani pemandangan anggrek yang indah. He he..., 


Daya penetasan telur di mesin tetas berkurang dari 40% menjadi 1-4%

Tidak tahu apa yang menjadi penyebab hal ini terjadi. Sebelumnya daya tetas di mesin tetas milik saya sekitar antara 40% atau dari 100 telur fertil yang dimasukkan ke mesin, kira kira 40 telur dapat menetaskan anak doc ayam. 

Namun akhir akhir ini sejak bulan Januari 2024. Terjadi permasalahan dimana daya tetas berkurang dari 40% menjadi 1-4%. 

Akibatnya membuat saya menjadi agak bingung memikirkan tentang problem ini dan jadi susah tidur karena mikir ini terus. 

Padahal jika dilihat dari tingkat fertilitas telur saat pertama kali masuk. Tidak ada yang berubah, hampir 50% embrio fertil sama seperti dulu kala. Kendalanya saat ini yaitu banyak telur mati di tengah jalan.

Mengakibatkan dalam 1 bulan saya hanya dapat berhasil menetaskan 1-4 anak doc ayam saja. Itupun ada yang mati lagi saat pindah ke kandang intensif care. Padahal jumlah telur yang dimasukkan hampir berlipat ganda 2x dibandingkan sebelumnya. 

Dulu setiap bulan saya dapat menetaskan hingga 25 - 30 ekor anak doc ayam per bulan. 

Tapi sekarang, cuma 1 ekor saja yang berhasil hidup per bulan. 

Kesalahan ini sudah terjadi hampir 3 bulan belakangan ini.

Jadi hampir 3 bulan ini saya cuma berhasil punya sedikit sekali anak ayam.    

Saya mencoba mencari apa faktor penyebab kesalahan ini. Mulai dari manajemen pakan makanan, perlakuan pemberian makanan, genetik, vitamin, kandungan protein hewani yang kurang, terjadinya inbreeding, membersihkan telur dari kotoran, mengambil telur dengan cepat dalam waktu 1 hari agar tidak kena suhu cuaca dingin pada malam hari dan masalah jamur mitokondria. 

Beberapa faktor dugaan saya yang mencolok dan pembaharuan metode yaitu : 

1]. Kekurangan nutrisi. Ini terjadi karena saya terlalu menghemat kuantitas pakan. Sehingga menyebabkan banyak ayam kekurangan protein dan tembolok mengurus. 

Pembaharuan yang saya lakukan yaitu : Membuat semua ayam menjadi kenyang hingga memastikan tembolok penuh dengan makanan. Caranya yaitu terus memberi makan jika ayam masih mengais ngais di tempat makanannya berarti masih lapar, tunggu sampai ayam terlihat pergi menjauh dan temboloknya membesar. 

2]. Mengatasi jamur mitokondria pada pakan fermentasi. 

Menutup rapat serapat rapatnya wadah pakan fermentasi hingga kedap udara, tidak ada celah bagi jamur masuk, tidak ada celah bagi lalat atau serangga lainnya masuk dan memastikan pemberian pakan ini dalam 2x ( dua kali ) untuk mencegah pertumbuhan jamur yang dapat menghasilkan racun mitokondira. Sehingga ada potensi menyebabkan keguguran.  

Selain itu, semua pakan yang sudah berjamur harus di buang ke tempat sampah. Jangan diberikan ke ayam karena dapat menyebabkan keguguran dan sakit penyakit. Oleh sebab itu saya juga harus displin memastikan semua pakan luar yang diberikan ke ayam harus steril dari belatung & jamur. 

3]. Munculnya alkohol

Pakan yang difermentasi terlalu lama lebih dari 7 hari memicu munculnya alkohol. 

Pembaharuan yang saya lakukan yaitu : 

Mempercepat penghabisan pakan dalam waktu sebelum 7 hari harus sudah diganti dengan pakan yang baru dan setiap kali pemberian makanan ke ayam harus dibilas dengan air bersih mengalir untuk membuang kandungan alkohol keluar dari pakan. Ini harus dilakukan setiap hari oleh diriku. Kuat dugaan saya, alkohol yang ada dipakan fermentasi juga menjadi penyebab keguguran. Tapi ini cukup membingungkan juga, karena sudah hampir beberapa tahun ini saya memberikan pakan seperti ini tidak ada masalah, kok masalahnya baru muncul sejak bulan Januari 2024. 

4]. Kedatangan Caca

Adik keponakan saya bernama Caca, umur ( 3 tahun ). Datang pada bulan Januari 2024 ke rumah.

Kuat dugaan, Bocil Caca pernah mengotak atik pengaturan timer waktu di mesin tetas saya. 

Ini terbukti ketika saya mengecek suhu malah menjadi 34 derajat celsius dan kondisi telur dalam keadaan dingin semuanya. 

Masalahnya, saya tidak ingat berapa angka pasti penyetelan suhu di angka pabrik. 

Saya otak atik pengaturan menjadi 41 derajat celsius mengikuti pedoman yang ada di Youtube. 

Berikut suhu yang pernah saya setel. ( Dan semuanya gagal, memang ada yang menetas tapi sedikit 1-3% ) Dan anak anak ayam yang menetas kebanyakan lahir prematur, tubuh belum sempurna terbentuk, banyak air di dalam telur, kaki peyot, mati saat menetas dan anak ayam terlihat berdarah darah.

Dalam beberapa bulan sejak Januari 2024. Saya sudah melakukan beberapa kali pengubahan suhu.

Berikut datanya : 

~ suhu terendah 38,5 - suhu tertinggi 40,5 : Hasilnya gagal, tingkat penetasan 1-4%. Diluar ekspektasi 40%. 

~ suhu terendah 39,5 - suhu tertinggi 40,2 : Hasilnya gagal, tingkat penetasan 1-4%. Diluar ekspektasi 40%. 

~ suhu terendah 39,0 - suhu tertinggi 40,0 : Hasilnya gagal, tingkat penetasan 1-4%. Diluar ekspektasi 40%. 

Ini merupakan pembaharuan penyetelan suhu terbaru yang saya lakukan : 

~ Suhu terendah 37,0 - suhu tertinggi 39,0 : Hasilnya : sedang dalam proses, tunggu 21 hari kedepan

Masalah poin #4 sebenarnya mudah diatasi. Tapi aku lupa mencatat suhu normal milik pabrikannya ada diangka berapa. 

Jadi selama berbulan bulan ini, saya mencoba mengingat ngingat berapa angka penyetelan kalibrasi suhu di mesin tetasnya. Jika suhu terendah 37,0 - suhu tertinggi 39,0 juga mengalami kegagalan. Maka aku harus menunggu 21 hari lagi artinya selama 42 hari waktu terbuang sia sia cuma mengatasi masalah angka penyetelan suhu saja. Lain kali aku harus mencatat angka suhu resmi dari pabrik. Dan jika Caca datang lagi mengotak atik penyetelan suhu, aku bisa dengan mudah mengembalikannya ke angka normal seperti semula.  

Berikut suhu jaga jaga berikutnya, jika terjadi kegagalan kalibrasi di atas. 

~ suhu terendah 37,5 - suhu tertinggi 38,5

Tetapi jika masih gagal, sepertinya ada faktor lain yaitu inbreeding atau adanya percampuran genetik dengan joper FS milik tetangga. Ini juga menjadi fokus perhatian berikutnya jika masih terjadi kegagalan. 

Memperbaharui teknik pembalikkan telur

Apakah saya terlalu kasar membalikkan telur selama ini hingga membuat embrio tergoncang, terlepas dan terobrak abrik atau ada cara yang salah. 

Hem..., pikirku.

Tes uji coba di mulai.... ??

Kali ini aku coba meniru teknik pembalikkan di channel Youtube berikut ini dan berusaha agar membalikknya dengan smooth ( mulus ) [ tidak kasar ]. 

Jadi apa yang berubah. 

Saya tidak lagi membalikkan telur dengan cara diangkat, melainkan di gliding menggunakan 2 jari dengan cara 2x setiap hari dengan melihat posisi yang di spidol warna merah dan yang tidak. Ini juga terinspirasi dari induk ayam yang membalikkan telur dengan cara diglinding bukan dengan diangkat lalu dibalik, kemungkinan besar ini menjadi salah satu penyebab kesalahan saya sehingga membuat telur mengalami gempa menyebabkan embrio menjadi rusak & hancur.

Lalu pada usia 1-6 hari tidak di balik. 

Telur yang dibalik dari usia 6 hari - 17 hari saja. 

Pada usia 17 hari - 21 hari tidak di balik. 

Semoga berhasil. 


Inti dari kehidupan pertanian adalah integrasi dengan perternakan, perikanan, perburungan, pertanian dan pengulangan pembalikkan tanah. 

Mengapa saya harus membalikkan tanah secara berulang ulang. Ini adalah pertanyaan yang saya tanyakan kepada saya. Oh itukan karena agar tanah kembali gembur dan agar dapat diisi ulang lagi dengan ranting pohon, kompos daun busuk, limbah organik dan pupuk kotoran ayam. Tanpa lubang berukuran kedalaman 1,5 meter x 1,5 meter dan tanpa nutrisi baru yang dulu sudah habis terserap. Maka tanaman pisang, pepaya, dll tidak dapat berbuah dengan baik dan maksimal. Dan kedalaman beberapa lain diantaranya untuk menanam kangkung, sawi, dll. 

Dari keseluruhan alur peristiwa ini. Semua saling terkait dan terintegrasi. 

Pohon pisang yang sudah tua, saya tebang dan diberikan sebagai pakan ayam mulai dari akar, daun sampain batangnya. Lalu ayam mengeluarkan feses berupa harta karun yang berharga berupa pupuk kandang. Ranting pohon lain. Termasuk batang singkong yang sudah tua dikumpulkan lalu dimasukkan ke dalam lubang tanah yang saya gali dengan cangkul. 

Air dari kolam ikan digunakan untuk menyiram tanaman dan burung burung di udara hinggap di pepohonan memakan serangga yang menempel. Kemudian burung juga membantu penyerbukan dan mengeluarkan kotoran yang juga saya anggap sebagai harta karun. 

Pohon lalu tumbuh lebat, kemudian berbuah dan pohon menjadi tua dan mati. 

Kemudian pohon pisang tua ini saya kumpulkan lagi diberi ke pakan ayam. Sisa sisa limbah organik, ranting, daun, potongan akar kangkung dimakan ayam. 

Pohon meninggalkan bibit tanaman yang lalu anakan tunas ini atau benih baru di tanam lagi di lubang baru. 

Saya lalu mengulang mengali tanah dengan cangkul lagi atau mengolah tanah agar tidak jadi padat supaya cocok untuk habitat akar tanaman. 

Begitu seterusnya saya lakukan selama bertahun tahun. 

Untuk kangkung, saya menggemburnya juga pakai cangkul dan cetok tukang. Kedalaman yang ideal untuk kangkung cukup 10 cm saja. 

Jadi inti apa yang aku lakukan selama ini adalah hanya membalikkan tanah. 

Begitu seterusnya dan seterusnya. 

Permintaan ayam kampung di kota Palangkaraya tinggi banget

Permintaan terhadap kebutuhan ayam kampung di kota Palangkaraya begitu amat tinggi. Tetapi saya belum dapat menghandlenya mengingat perkembangan usia ayam yang cukup lama hingga 6 bulan untuk mencapai 1 kg pertama. 

Ayam kampung bermanfaat untuk memperbaiki kesehatan tubuh manusia, baik untuk penderita diabetes maupun orang orang non-diabetes untuk mencegah pencegahan terhadap datangnya penyakit diabetes. Daging ayam kampung juga bermanfaat untuk penderita orang orang yang menderita penyakit kanker & orang orang yang habis pasca operasi. Ini baik untuk pemulihan tubuh agar menjadi fit & sehat lagi. 

Disarankan untuk memasak ayam kampung dicampur atau diolah masak dengan sayur sayuran herbal organik, buah buahan seperti mentimun, terong, wortel, kentang, kol, brokoli, jahe, kunyit, bawang, kemiri, seledri, dll. 

Lalu diiringin konsumsi daging ayam kampung dengan minuman seperti teh herbal, madu, jamu jamuan alami dan ramuan tanaman alami lainnya. 

Daging ayam kampung mengandung sumber insulin alami. Ini secara medis sungguh baik mencegah dan mengurangi sakit diabetes. 

Foto : Ayam jago milik saya. ( Kombinasi turunan ayam bangkok + ayam kampung asli ) 

Foto : Uang ini hasil penjualan 2 ekor ayam saya, dan uang digunakan kembali untuk membeli pakan sebagai makanan bergizi bagi anak anak ayam lainnya.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.