Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meredam Amarah atau Emosi saat ingin Marah kepada orang lain (2015)

Di Dunia ini, Kita Hidup dengan Banyak Orang. Beberapa Pengamat dan Ahli Psikologi mengatakan : Watak dan Sifat Orang Jawa dan Orang Batak berbeda dengan Watak atau Sifat orang China. Dll. Nah, Ada yg Bilang Jawa adalah Tipe Bersifat Lambat dan Sopan. Orang China Bersifat Pelit. Sedangkan orang Batak memiliki sifat Nada Bicara yg Tinggi dan Terkesan Kasar.

Entah apapun Hasil Penelitian Psikologi Tersebut ya. Saya Justru mengatakan Bahwa Watak dan Sifat orang-orang di Seluruh dunia sebenarnya adalah sama. Buktinya nih, ada juga kok orang Batak yg Nada Bicaranya Lembut. Ada juga orang China yg senang Memberi dan Jauh dari Kesan Pelit. Dan ada juga Orang Jawa yg Sangat Jorok. Selama kita masih tinggal di 1 Planet Bumi yg sama. Maka Watak dan Sifat kita semua sebenarnya adalah sama tanpa bisa dibeda-bedakan darimana Suku ia Berasal.

Semua orang tanpa memperhatikan Suku, Negara, Warna Kulit, Bahasa, Asal Tempat Kelahiran, adat istiadat, dll. Semua Pasti Pernah Menangis, Pasti Pernah Marah, dan Pasti Pernah Tertawa. Ini Membuktikan bahwa Kita Semua di 1 Planet Bumi memiliki Sifat yg hampir sama dan Tercampur Baur menjadi 1.

Tetapi Zaman Sekarang Banyak Orang Suka Marah

Melihat di TV-TV, di Jejaring Sosial, di Komentar Blog/Web dan di Berita-Berita Baik Offline maupun Online. Sekarang katanya banyak banget orang yg suka marah. Anggota DPR aja bisa berkelahi, di Kancah Politik juga diwarnai dengan Baku Hantam dan Emosi yg Menyulut.

Dalam Kehidupan sehari-hari. Kita juga Pasti Pernah Marah, Memarahi orang Lain atau di Marahin orang Lain.

Menurut Gudangkesehatan.com (20/5/2015). Ternyata Emosi atau Marah Bisa Menyebabkan Penyakit Stroke lho. Hal ini dikarenakan disaat kita Emosi maka Terjadi Kematian sistem Saraf pada Otak kita. Jika Kita Sering Marah Pada Usia Muda. Maka di Usia Tua diklaim Bisa Kena Stroke.

Marah umumnya ditandai dengan Reaksi Peningkatan Denyut Jantung, Tekanan Darah, Raut Muka Berubah, Respon Gerakan Tubuh yg bertindak Cepat, Suara Keras, Melotot, dan Naiknya Tingkat Adrenalin. Secara Fisiologi, marah juga bisa baik bagi kita untuk membuat Pilihan Cepat dalam Bertindak dari Ancaman yg Bisa Melukai Tubuh kita atau Membunuh Kita.

Tetapi, di Zaman Sekarang. Marah banyak disebabkan Karena Ketidakmampuan Seseorang untuk mengendalikan diri dari Penilai Objektif. Contohnya Ingin Tampak Dirinya Lebih Hebat dari orang Lain dan orang lain lebih rendah dari dirinya.

Kemarahan dizaman sekarang juga banyak disebabkan oleh Pemicu Sepele hanya karena sebuah Tulisan di Komentar Facebook, Twitter, Instagram, Line dan Google+. dan juga Pemicu Paling banyak Kemarahan adalah dimulai dari Kata-Kata dari MULUT. Yang kemudian berlanjut dengan Kemarahan Serius, saling olok mengolok, mengancam, dan berakhir dengan Pembunuhan.

Cara Mengendalikan Marah
Bagaimana cara mengendalikan Marah ketika Kita ingin Marah Pada Orang Lain. Di bawah ini saya sajikan Tips Mengendalikannya yg saya rangkum dari Gudangkesehatan.com dan dari Beberapa Sumber Lainnya :

#1 INTROPEKSI DIRI

Cobalah untuk Kita Mengamati diri Terlebih Dahulu. Baik Pikiran atau Perasaan. Mungkin dia Marah Karena Memang Kita Sendirilah yg salah. Contohnya Pekerjaan kita ngga selesai seperti yg ia inginkan. Atau memang ada kata-kata Kasar dari mulut kita yg pernah kita berikan kepadanya yg membuat dia menjadi marah.

Jika ia marah, lalu kita ikutan juga marah banget. Maka tambah ruwet deh masalah tersebut. Ebnarkan. He he.., Namun, Lain Cerita ya. Apabila kita ngga memang benar ngga punya Masalah apapun. Tapi di Marahin dan di Remehkan Terus Tanpa Alasan. Mungkin Kita Lanjut ke Poin #2.

#2 DIAM

Jika kita ngga punya salah. Tapi orang lain Tersebut terus Memarahi kita dan Memaki-Maki Kita Tanpa Alasan yg Jelas. Maka Jalan Terbaik adalah Belajarlah untuk Toleransi Memahami Dirinya atau Lebih Baik Diam atau Menjauh dari dirinya.

#3 DENDAM & MENGAMPUNI DARI HATI

Diam Saja atau Menjauh Dari Orang yg Sedang Marah Kadang juga Belum Bisa Menyelesaikan Masalah. Terkadang Bagi Beberapa Orang Pasti akan menyimpan Rasa Dendam Pada orang yg Telah Memarahi dirinya.

Langkah ke #3 adalah dengan Memaafkan orang Tersebut. Atau Mengampuni orang Tersebut dalam Hati saja. Menurut Ahli Psikologi Modern : Menekan Rasa Marah (Dendam). Justru Efeknya Bisa Lebih Berdampak Buruh bagi Kesehaan Tubuh kita. Jadi, Lepaskan dendam dari dalam hati kita dan buang Jauh-Jauh.  

Biarkan saja dia Terus Memarah-marahin Kita. Yang Penting Kita Diam, Ngga Dendam, Telah Mengampuni dia dari Dalam Hati dan Lakukan yg Terbaik saja.

#4 CURHAT DENGAN HEWAN

Kok Judulnya Curhat dengan Hewan. Kok ngga dengan Manusia ya.

Menurut Peneliti dari Univeristy Of Sussex di Inggris. Curhat dengan Manusia di saat kita sedang Kesal dan Emosi. justru malah memperburuk keadaan dan justru bisa membuat rasa dendam yg semakin besar dan akan membuat situasi kebencian yg semakin meningkat dan menumpuk. Apabila kita Curhat ama Orang yg Salah. he he..,

Tetapi apabila kita Curhat dengan Hewan disaat kita sangat Emosional. Hewan ngga akan Pernah Menuntut. Karena Hewan Peliharan. Loyal Terhadap Tuannya dan Bersahabat.

Artikel Lainnya :

#5 PERTOLONGAN TUHAN
Apabila semua cara Telah Kita Lakukan. Tetapi Kita masih Sulit Meredam Amarah. Cobalah untuk Berdoa dan Meminta Pertolongan Kepada Tuhan. Karena hanya DIA Pertolongan kita satu-satunya dan jalan terakhir bagi kita. Bagi Anda Umat Muslim Berdoalah Kepada Allah. Sedangkan Bagi Kamu yg berumat Kristen berdoalah kepada Tuhan Yesus Kristus. 

Nah Semoga Bermanfaat ya. Sebelumnya. Saya Mengucapkan Banyak Terima Kasih Kepada Pemilik Gudangkesehatan.com yg Telah Menyediakan Referensi untuk Artikel saya ini. Thanks. GBU