Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tantang Dominasi Airbus Ferancis dan Amerika Boeing. Rusia Luncurkan Pesawat Bisnis Penumpang MC-21 (2016)

Jika Anda Berpergian Secara Jarak Jauh. Misalnya dari Pulau Jawa menuju ke Pulau Kalimantan. Alat Transportasi yg umum digunakan oleh banyak orang adalah Pesawat Terbang. Jika Kita Cek Secara Sepintas pada Spesifikasinya. Umumnya, Pesawat yg kita gunakan merupakan buatan Perusahaan AIRBUS yang bermarkas di Negara Ferancis. dan Perusahaan BOEING yang bermarkas di Amerika Serikat.

2 Negara Tersebut adalah Produsen Terbesar Dunia untuk Pesawat Terbang Bisnis Penumpang yang merajai hingga saat ini (Duopoli). China Pernah Mencoba ikut Bersaing Menciptakan Y-10. Tapi Rupanya Gagal, Karena Produk Ngga Laku di Beli oleh Negara-Negara Lain.

Pada Tanggal 2 November 2015. China berusaha Bangkit Kembali dengan Menciptakan COMAC C919. Harapannya untuk Bersaing dengan ‘AIRBUS’ dan ‘BOEING’. Negara Brasil juga Tak pengen Kalah dengan Menciptakan EMBRAER E-JET E2. Jepang menciptakan MITSUBISHI JET REGIONAL dan Kanada Menciptakan BOMBARDIER C-SERIES.

Tapi Tetap saja. BOEING 737MAX dan AIRBUS A320NEO Selalu Lalu Lalang di Langit Langit dunia.

HARI INI GILIRAN RUSIA DENGAN MC-21

Selama ini, Rusia Telah di Embargo oleh Amerika Serikat bersama Sekutunya NATO (Eropa). Bertahun-tahun di Embargo membuat Ekonomi Rusia Seperti Runtuh Kehilangan Taring.

Tetapi bukan Rusia Si Beruang Merah namanya. Jika hanya karena Embargo aja langsung menyerah.

Rusia Tetap Masih Bertaji dengan Menghasilkan Berbagai Produk Penerbangan di Panggung Teknologi Dunia Internasional dengan Melahirkan MIG, SUKHOI, ILYUSHIN, YAKOLEV, TUPOLEV, ALLIGATOR dan masih banyak lagi. Kehandalan Rusia dalam Teknologi Penerbangan Tak di Ragukan Lagi Kualitas dan Keunggulannya.








Di Bidang Persaingan Penerbangan Jet Pesawat Penumpang Bisnis. Karena Masalah Keuangan dan Biaya Tinggi Akibat Embargo. Selama ini, Rusia masih membiarkan Musuh Musuhnya untuk berekspresi menguasai Panggung Dunia.  

Tetapi Pada Tahun 2016, Sepertinya AIRBUS dan BOEING ngga bisa tidur nyenyak lagi ya karena Persaingan akan Semakin ketat dengan Lahirnya MC-21 dari RUSIA.

TENTANG PESAWAT MC-21
MC-21 di Buat oleh Perusahaan UAC United Aircraft Corporation. Perusahaan Teknologi ini. 80% Sahamnya di Kuasai oleh Pemerintah Rusia yg di Pimpin oleh Presiden Vladimir Putin. Sisanya, 20% di Kuasai oleh Swasta dari Rakyat Rusia dengan Tujuan untuk meningkatkan Modal Usaha Keuangan agar mampu bersaing di Kancah Global.



Model Standar MC-21 Memiliki 3 Varian. Kita Bisa dengan Mudah Mengetahui Perbedaannya Berdasarkan Spesifikasi di Bawah ini.


MC-21 200
MC-21 300
MC-21 400
Kru Pilot
2
2
2
Tempat Duduk
176
211
230
Panjang
36,8 meter
42,3 meter
46,7 meter
Lebar
35,9 meter
35,9 meter
36,8 meter
Tinggi
11,5 meter
11,5 meter
12,7 meter
Payload Maksimum
17.560 Kg
22.600 Kg
30.580 Kg
Mesin
Aviadvigatel PD-14
Aviadvigatel PD-14
Aviadvigatel PD-14
Jarak Jangkau
6.400 Km
6.000 Km
5.500 Km

Saat Artikel ini Saya Tulis Bagi Anda. Pesawat MC-21 Telah ada dan Lahir di Dunia ini. Tetapi Masih Belum di Produksi Secara Massal. Rencananya jika ngga ada halang melintang. Pesanan mulai di Produksi Tahun 2018.

Foto : Interior MC-21
Sejauh ini MC-21 Telah di Pesan Sebanyak 175 Unit. Pembeli Terbanyak Berasal dari Rusia guna Memenuhi Kebutuhan Dalam Negeri Ketimbang Membeli Produk Luar. Sisanya ada Pembeli dari Negara Lain. Seperti Mesir dan Azerbaijan yg Telah Berminat Meminang Produk Pesawat Bisnis Penumpang ini.  

BERSAING DENGAN AIRBUS DAN BOEING
Foto : BOEING asal Amerika Serikat
Foto : AIRBUS (Gabungan Eropa Berpusat di Ferancis)
Untuk Menghadapi Lawan Pesaing (AIRBUS dan BOEING). Tentu Bukan Hal yg Mudah. Butuh Rencana, Pemikiran dan Strategi Matang untuk Menghadapinya.

Ada 3 Teknik Strategi yg di Lakukan oleh Rusia. Yaitu :

1]. Di Sokong Oleh Perusahaan Milik Pemerintahan Rusia

Jika ‘BOEING’ dan ‘AIRBUS’ adalah Perusahaan Swasta yg Berpusat di Ferancis dan Amerika Serikat. Maka, MC-21 di buat oleh Perusahaan Pemerintahan Rusia. Dengan ini, Sokongan Dana atau Investasi Pendanaan dan Pemikiran akan di dukung Sepenuhnya oleh Pemerintah Rusia. Sebelumnya, Pemerintah Rusia Telah Menciptakan SukhoiSuper Jet. Tetapi Sengaja dibatalkan agar Tak Saling Bersaing di dalam Negeri dengan MC-21.

2]. Pembangunan Pesawat Melibatkan Mitra Luar Negeri Dengan Persentase Lebih Sedikit.


Banyak orang yg belum tahu jika sebenarnya AIRBUS dan BOEING masih belum mampu untuk menciptakan Pesawat Seorang diri. Mereka Masih membutuhkan Rekanan dari Luar Negeri untuk mengefisienkan Biaya. Mereka Tersebar ke Seluruh Penjuru dunia dan membagi-bagikan Komponen Pekerjaan ke Negara-Negara Lain untuk Kemudian dirakit secara utuh.

MC-21 Pesawat yg diibaratkan dari Abad 21. Beberapa Komponen Sebenarnya juga masih membutuhkan Perantara atau Rekanan Pihak Luar Negeri Tetapi Persentasenya Lebih Sedikit Ketimbang AIRBUS dan BOEING. Direncanakan MC-21 akan dikerjakan oleh Ilmuwan dan Insinyur Rusia Lebih Banyak Lagi di Dalam Negeri. Sehingga Bisa Menekan Harganya Lebih Murah.

3]. Menggunakan Bahan Komposit


MC-21 Ngga Terbuat dari Bahan METAL. Melainkan dibuat dari Bahan Komposit Material. Sehingga MC-21 di Klaim 15% Lebih Efesien di Bandingkan dengan AIRBUS dan BOEING. Karena Berat Strukturalnya tadi 15% Lebih Ringan, maka Konsumsi Bahan Bakar juga Ikut Turun Menghemat Hingga 15%. Ini lah yg Menjadi Andalan MC-21 untuk Bersaing.

Vladimir Valkov. Wakil Presiden Irkut Corporation mengatakan : MC-21 Tidak Terbuat dari Logam. Terbuat dari Bahan Komposit. Memungkinkan Kami memberikan bentuk khusus yang jauh lebih ringan dan kuat sehingga merupakan langkah besar dalam pengembangan industri penerbangan.

Perdana Menteri Rusia. Dmitry Medvedev. Pada Upacara Pembukaan MC-21 di Perakitan Pabrik Irkutsk. Pada Tanggal 8 Juni 2016. mengatakan : Saya Yakin bahwa Pesawat ini akan menjadi kebanggaan Rusia dan orang orang Asing akan senang terbang bersama Penerbangan dari MC-21. Sahutnya.


Youtube Trailer

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat. GBU