Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistem Digital Keuangan Terbaru : Universal Basic Income. Apa itu...? (2016)

Akhir-Akhir ini. Peranan Robot dan Teknologi Komputer Semakin mengambil alih Pekerjaan Manusia. Baik yg Bersifat UKM maupun Skala Manufaktur Besar.

Di Lihat dari Sisi Segi Bisnis, Hal Tersebut dapat membantu meningkatkan Kemampuan Produksi dan mampu menekan selisih harga menjadi lebih murah.

Teknologi Robot Industri mampu bekerja siang malam 24 Jam dengan Sangat Cepat. Yuk Mari Kita Bandingkan dengan Buruh manusia yg dapat Kelelahan karena bekerja.

Sebuah Studi yg dilakukan oleh Universitas Oxford memperkirakan walaupun robot dapat berperan baik untuk bidang industri. Sisi negatifnya dapat meningkatkan pengangguran & Kesenjangan ekonomi.

Solusi : UNIVERSAL BASIC INCOME

Bayangkan di masa depan…

Seluruh Bisnis mulai dari Bank, Transportasi, Kedokteran, Listrik, Pertambangan, Komunikasi, Energi, Mamin (Makanan Minuman) bahkan hingga Militer, dll. Semuanya dapat Menjadi “Komputerisasi”.


Pengangguran di prediksi akan semakin banyak…? Kesenjangan Sosial antara orang kaya & miskin semakin meningkat. Bagaimana cara mengatasi hal ini..? Solusinya adalah menggunakan UNIVERSAL BASIC INCOME.

Apa itu UNIVERSAL BASIC INCOME
Bjorn Wahlroos merupakan Sosok Guru Bisnis dari Finlandia yg Terus Menggembar Gemborkan Tentang Sistem Keuangan Universal Basic Income

Bjorn Wahlroos : Berpendapat  :

Foto : Bjorn wahlroos
Komputerisasi dapat menyebabkan pengangguran skala besar-besar. Baik di mulai dari Usaha Kecil (UKM), Menengah, hingga Industri Besar.


Hanya Terdapat 2 Pilihan bagi Manusia :

Tetap bertahan dengan Pekerjaannya dengan “Upah rendah” atau “Bangkrut menjadi Pengangguran”.

Untuk Memecahkan masalah ini. Bjorn Wahlroos yg telah menemukan ide sistem keuangan Universal basic income sejak 2001 ini Percaya dapat mengatasi masalah Tersebut.

Tetapi Sistem ini Membutuhkan Keikutsertaan Sebuah : “Pemerintahan Negara”.

Pada Tahun 2017 atau 2018. Negara Finlandia dan Negara Swiss akan menerapkan apa yg dikatakan oleh Wahlroos. Hanya waktu yg menentukan apakah yg ia katakan benar atau salah.

Bagaimana cara kerja sistem Keuangan UNIVERSAL BASIC INCOME

Pemerintahan akan menjadi Ujung Tombok Utama dalam UNIVERSL BASIC INCOME.

Di Mana, Pajak dan Penghasilan Keuangan Negara di Kumpulkan oleh Negara. (Termasuk Bea Cukai, Ekspor, Impor, dll). Kemudian Uang Tersebut di Kembalikan Kembali kepada Warga Negaranya.

Uang Tersebut akan di Kembalikan ke Rakyat Tanpa Pandang Bulu, Tanpa memandang kaya atau Miskin, Bekerja atau Pengangguran, Cacat atau Tak Cacat, Tua atau Muda.

Semua Orang akan di Berikan Gaji Tiap Bulan oleh Pemerintah ke ATM Bank masing-masing.

Foto : Negara Swiss

Di Negara SWISS : Rencana Pada Tanggal Juni 2017 atau 2018 mendatang.

Setiap wanita dan Pria berusia 18 Tahun akan mendapat Gaji 2.500 Francs Per Bulan (Setara Rp 34,1 juta). Sedangkan anak-anak yg berusia di bawah 18 Tahun mendapatkan 625 Francs (Setara Rp 8,5 juta). Kecuali Bayi. 

Untuk Anak-Anak Kemungkinan ada Syaratnya ya. yaitu di Haruskan Sekolah. Jika ngga Sekolah maka ngga akan di Gaji. Sedangkan untuk usia 18 Tahun. Mereka akan Mengikuti Pelatihan untuk menjaga Kesehatan & Reproduksi.

Foto : Finlandia
Di Negara Finlandia akan mendapatkan Gaji Rp 12.000.000 Juta Perbulan. 

Michael Gerfin : Pakar Ekonomi dari Universitas Bern mengkritik Solusi hal ini di mana dapat mendorong orang menjadi malas bekerja. Beberapa Peneliti Keuangan juga mengkritik kebijakan yg di tawarkan oleh Bjorn Wahlroos.

Dalam Siara Pers : Kementerian Finlandia Telah Membuat Proposal Undang Undang untuk Sistem Keuangan Universal basic income.

Sumber : http://stm.fi/artikkeli/-/asset_publisher/sosiaali-ja-terveysministerio-pyytaa-lausuntoja-osittaisen-perustulokokeilun-toteuttamisesta?_101_INSTANCE_yr7QpNmlJmSj_languageId=en_US

The objective of the legislative proposal is to carry out a basic income experiment in order to assess whether basic income can be used to reform social security, specifically to reduce incentive traps relating to working.
The Finnish social security legislation does not include regulations on basic income, and this kind of an experiment has never been carried out before. It is suggested in the legislative proposal that a basic income experiment will be carried out in Finland in 2017–2018. The Social Insurance Institution of Finland (Kela) would be responsible for carrying out the experiment.
The primary goal of the basic income experiment is related to promoting employment. The experiment including a follow-up research aims to find out whether basic income promotes employment.

Beberapa Pengamat ada yg Setuju. Yakin Bahwa Universal Basic Income. Justru ngga Membuat Orang Malas Bekerja. Beberapa Orang Mungkin ada yg Malas. Tetapi Beberapa Orang yg Lain Justru ada yg Tetap akan Bekerja Apa yg Belum dapat di Lakukan oleh Robot. Tujuan mereka untuk meningkatkan Penghasilan Lebih banyak Lagi.

Dengan Universal Basic Income. Sebuah Negara Bisa Lebih Efesien dengan mengerjakan lebih banyak Robot & komputerisasi. Sehingga Kemakmuran Ekonomi akan Tercapai.

ujung-ujungnya dapat meningkatkan Pendapatan Cadangan Devisa Negara Lebih banyak Masuk ke Kantong Keuangan Negara Tersebut. Karena Negara mampu menciptakan Produk Lebih Berkualitas dan Lebih Murah ketimbang Negara Lain.

Uang yg di Bagikan pemerintah ke Rakyat. Bisa Menjadi Penggerak Investasi & Ekonomi. Daya konsumsi Masyrakat akan meningkat. Sehingga Kebutuhan akan Jual Beli akan Terus Bergerak di Negara Tersebut.

Sehingga Hotel, Pabrik, Café, dll Terus Bisa Memproduksi Produknya Karena Daya Beli yg meningkat.

Brian Eno, Seorang Musisi. Percaya dengan Universal Basic Income. Bahwa Hal ini dapat membebaskan orang-orang untuk menggunakan Karunia dan Bakat yg mereka miliki untuk lebih efektif. Sehingga akan banyak orang menjadi lebih bahagia dan lebih produktif. 

Artikel Lainnya :

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat. GBU