Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Artis Musisi dan Konten kreator bioskop/TV itu hijrah pindah ke Youtube demi sesuap dolar (2018)


Mungkin, judul artikel ini kurang tepat ya. Karena seperti yang kita ketahui, para konten kreator youtube pada awalnya semata-mata berkarya demi hobi, mengekspresikan diri di dunia maya. Bukan untuk sesuap dolar…?

Youtube, siapa sih yg ngga kenal dengan platform video ini yg telah digunakan oleh 1,8 miliar orang. Itu baru yg terdaftar saja.

Sejak Youtube didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen dan seorang muslim bernama Jawed Karim.

Mengundang perusahaan Alphabet.inc (induk Google) menjadi jatuh cinta kepadanya sehingga memutuskan membeli situs ‘Youtube’ dengan jumlah mahar yg fantastis ketika itu.

Kini, Youtube tak lagi sekedar hobi semata. Banyak orang menggunakan Youtube untuk mengubah nasib dan menjadi kaya raya.

Contohnya, seperti ‘Edho Zell’. Edho pernah bercerita bahwa dirinya ingin menjadi artis entertainment yang terkenal di Indonesia. Tapi selalu ditolak oleh promotor Televisi.

Dengan kehadiran Youtube, impian Edho menjadi kenyataan. Kini Edho memiliki 2.124.561 subscriber yg setia menanti video terbaru miliknya. Kebutuhan hidup keluarga Edho terpenuhi oleh pendapatan gaji yg berasal dari Youtube tiap bulannya.

Jika bicara tawaran gaji dari Youtube. Berapa sih penghasilan yg didapat. Tiap orang tentu berbeda-beda tergantung dari besaran jumlah penayangan tontonan dan subscriber.

Channel Deddy Corbuzier yang memiliki headline berupa ‘motivation and motive in behavior from people to peole’.

Pada tahun 2017 yg lalu. Deddy Pernah mengatakan dengan terus terang bahwa pendapat beliau dari youtube sebesar Rp 30.000.000 – Rp 40.000.000 juta sebulan.  

Bagi kebanyakan orang, ini tentu angka yg besar.

TERKENAL DI YOUTUBE

Banyak orang-orang baru terkenal di Youtube dan menjadi kaya.

Seperti Young lex, awkarin, pao pao, bayu skak, reza oktavia, atta halilintar, duo harbatah, chandra liow, epenkah cupentoh, eka gustiwana, hanin dhiya, Ria ricis, Saaihalilintar, Raditya dika, dan masih banyak lagi.

Channel mereka membahas berbagai macam-macam tema.

Ada yg hanya membahas perjalanan kehidupannya sehari-hari seperti atta halilintar, reza oktavia, dan raditya dika,

Ketika mereka sedang membuka toko, memperkenalkan pacar baru, ketika sedang olahraga, ketika mengunjungi keluarga, ketika menanti malam pertama, ketika bermain game yg nyesalin, ketika mereka mengusir hantu, ketika uji nyali buka puasa dengan mie Samyang pedas, dan masih banyak lagi.

Menarik sekali rasanya, menonton Vlog dari artis youtube. Walaupun terlihat video biasa-biasa saja. Karena kita adalah makhluk sosial. Video biasa itu berubah seperti terlihat seperti keren.

Ada juga diantara mereka yang membahas tema spesifik tentang music. Seperti eka gustiwana, hanin, young lex, dll

Ada juga yang membahas tentang investasi cryptocurreny seperti tom mc, Kendrick kalim, dll

Ada yang membahas video kehidupan sosial. Seperti Tim2one, Lastday production, dll

Ada yang membahas tentang video ilmu pengetahuan. Seperti channel daftar populer, kok bisa, dll

CHANNEL VIDEO BERKUALITAS

Di luar negeri dimana menuntun persaingan tingkat tinggi. Karena semakin banyaknya channel-channel dan youtubers baru. Mengakibatkan dan memaksa perlombaan video dengan daya saing lebih berkualitas.  

Afrid menemukan channel HD Documentaries. Sebuah video yg berisikan film berkualitas tentang alam dengan durasi masing-masing video berkisar hingga 1 jam – 2 jam. Dulu, video sebagus ini sulit ditemukan di youtube, tapi kini makin banyak berserakan dan tentu saja gratis.

Afrid juga telah menemukan semakin banyak channel music youtube berkualitas tinggi. Tak lagi dibuat asal-asalan, namun dikemas dengan apik nan baik.

Saya perkirakan jumlah music video yg ada di youtube telah mencapai jutaan yg telah beredar di seluruh dunia.

Untuk informasi detailnya, bisa mengunjungi : www.esukses.id

Oh ya nih, Pada tahun 2018.


Di Indonesia saja, music video berjudul lagu lagi syantik yg didendangkan oleh penyanyi Siti badriah. Menurut situs Tribunnews, telah berhasil mendapatkan penghasilan gaji Rp 1,5 miliar rupiah dengan 1.000.000 juta like.

Hanya untuk 1 video saja telah membuat artis ‘Siti badriah’ ketiban rezeki melimpah yg luar biasa oleh Youtube.   

Rp 1,5 miliar, kalau dipakai buat beli ‘kopi dan nasi padang’. tentu ngga bakalan habis selama bertahun-tahun lamanya ya. Hem…,  

Video Lagi syantik bisa teman-teman tonton dibawah ini :


YOUTUBE, TELEVISI MASA DEPAN
Selama bertahun-tahun, Youtube kekurangan film berkualitas tinggi layaknya bioskop. Seperti produksi dari Marvel studios, Sony, Disney, dll. Alasan konten creator dari Hollywood menolak mempublikasikan film miliknya ke saluran channel Youtube.

Karena tentu saja penghasilan youtube yg didapat tak dapat sebanding menutupi tingginya biaya produksi.

Tetapi ini segera berubah pada tahun 2020 nanti.

Dari hasil penelitian Comscore dan Nielsen. Didapat bahwa kebanyakan orang lebih memilih menonton film gratis ketimbang berbayar. Banyak anak muda memilih menonton di Youtube yg gratis, ketimbang televisi berbayar.

Pendiri distributor film Netflix yang terbesar di dunia. Reed hastings dan Marc Randolph. Mereka merasa takut dengan adanya peralihan Youtubers Revolution.


Banyak generasi milenial, generesi Z dan generasi alfa lebih memilih menonton film gratis melalui Youtube. Termasuk ketika menggunakan ‘Smart Televisi’ mereka tetap mengalihkannya ke saluran channel Youtube melalui akses internet.

Kecuali, Generasi tua yg tetap setia menonton televisi tradisional dan rela berlangganan saluran Netflix yang membayar.

Korea Selatan, negara yg terkenal dengan film K-drama korea sudah memulai ancang-ancang untuk pindah haluan ke Youtube. Dari yg tadinya film berbayar menjadi gratis. (FREE).


Adalah Top Management dengan artis ahn hyo seop, seo eun soo, dan cha eunwoo. Merupakan film k-drama berkualitas tinggi pertama yg diluncurkan di youtube. Artis cowok asal negeri k-pop ini dapat membuat banyak wanita klepek-klepek karena kegantengannya.

Beberapa tahun ke depan, saya memprediksi, Film berkualitas berdurasi 1-2 jam tak lagi ditonton secara berbayar, tapi 100% gratis. Pelanggan mungkin tetap akan membayar apabila menginginkan iklan dihapus melalui akun berbayar ‘youtube premium’.

Bioskop pada beberapa tahun ke depan mungkin akan punah. Tetapi punah dalam arti kata lain. Yaitu sistemnya saja.

bioskop tetap akan ada. Namun menawarkan sistem baru, yaitu penyewaan ruangan bioskop mini.


Dimana saya prediksi dimasa depan, bioskop-bioskop baru bermunculan.

Hanya untuk menawarkan smart televisi berukuran raksasa dan soundsystem yg lebih besar untuk 2-5 kursi pribadi saja. acara film dan musiknya, ditentukan sendiri oleh pelanggan melalui channel Youtube.

saya percaya, tentu sebagian orang kurang nyaman apabila menonton film berkualitas di youtube hanya melalui layar smartphone, laptop atau tablet.

Beberapa orang. termasuk saya dan anda juga tentu saja pengen menonton dengan menyewa layar televisi yg lebih besar dan suara yg mengelegar seperti di bioskop.

Penyewaan ruangan bioskop mini pribadi, saya prediksi dimasa depan menjadi trend bisnis baru di dunia ini dan nantinya ada di tiap-tiap kota. Di Jakarta, sudah mulai bermunculan banyak penyewaan bioskop mini. 

Pengen menjadi artis youtube dan terkenal di dunia. Semua orang dapat memulainya dengan mudah melalui situs Youtube, cukup dengan mendaftar saja.

Tinggal bagaimana usaha, perjuangan dan kerja keras untuk memproduksi ide video yg berkualitas demi memikat subcribers agar semakin banyak orang setia menonton. Uang dan kekayaan dapat menyusul kemudian, ketika berhasil menghibur dan melepas dahaga banyak orang melalui video youtube

Young Lex mengatakan :


Youtube, Youtube, Youtube lebih dari TV (BOOM!)

Hati-hati gua gak pernah basa-basi (Boom!! Boom!!)

Sebentar lagi posisi kita berganti

Tapi jangan kebawa hati

Semua lampu udah mati

Mendingan elo pasrah aja sih

Digital itu kenyataan

Lo ketinggalan jaman

Yo, lo ketinggalan jaman

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU