Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel utiliscorp : Teknologi perangkat satelit pemantau pencari air bocor di dalam tanah melalui luar angkasa (2018)


Air merupakan sumber kehidupan bagi banyak orang.

Tanpa minum air, seseorang dapat meninggal dunia dalam waktu 3-5 hari. Beruntunglah kita yang tinggal di Indonesia karena dianugerahi oleh Tuhan Yesus dengan air tawar dan hujan yang berlimpah ruah.

Di negara lain, seperti kawasan Africa, Timur tengah, dan beberapa negara lainnya, untuk mendapatkan air tawar begitu sulit.


Air sangat penting. Tanpa air mustahil makhluk hidup dapat bertahan hidup.

Oleh sebab itu, Banyak pemerintah lokal di tiap-tiap negara membentuk sebuah cara, dimana mereka menyedot air laut yg banyak garamnya, untuk diextra melalui proses desalinasi menjadi air bersih yg siap digunakan sebagai minuman dan kebutuhan sehari-hari. Seperti mandi, cuci baju, dll.

Air tersebut dialirkan melalui pipa panjang yang menjulang berkilo-kilometer jauhnya untuk menghubungkannya ke tiap masing-masing perkotaan.

Utiliscorp : Teknologi perangkat satelit pemantau pencari air bocor melalui luar angkasa

Di seluruh dunia, telah disebar berjuta-juta kilometer pipa-pipa air bawah tanah. Ada yang dimulai dari kota ke desa, dari kota kecil ke kota metropolitan.

Perusahaan utiliscorp mengklaim bahwa setiap hari, ada saja pipa-pipa yg bocor di seluruh dunia.

kira-kira 46 miliar liter air terbuang sia-sia akibat kebocoran tersebut.  


Teknologi deteksi kebocoran ngga banyak berubah selama 80 tahun terakhir. Mereka Mengirim petugas untuk melakukan check satu-per satu ke masing-masing lokasi keberadaan pipa, menggunakan drone berkamera thermal dan alat khusus akustik elektronik lainnya. 

Teknologi dari ‘Utiliscorp’ menjawab dengan teknologi yg lebih baik, dimana klien yg sedang mencari kebocoran air mendapatkan keuntungan dari segi penghematan biaya dan efisiensi.


Utiliscorp diciptakan oleh Lauren Guy, pria kelahiran Israel yg berbakat di bidang perangkat lunak komputer pemetaan map-IT, penginderaan jarak jauh, geofisika, hidrologi dan geomorfologi.

Semasa hidupnya, Lauren berhasil menciptakan tiga hak paten yg telah dipatenkan.

Kini, dengan perusahaan utiliscorp yg beliau dirikan, lauren bersama tim karyawan berjumlah 50 orang. 

Berhasil menciptakan perangkat teknologi sensor yang dapat diinstal ke berbagai satelit untuk mendeteksi kebocoran pipa air dari luar angkasa.

Layanan pencari kebocoran air melalui luar angkasa

Perusahaan utilis menawarkan biaya paket bulanan atau tahunan ke klien perusahaan-perusahaan asing.

Klien perusahaan air yg mengalami masalah kebocoran air dapat mendaftar, menghubungi dan menyelesaikan transaksi langganan pembayaran secara online.

Tentukan lokasi negara dan nama perusahaan air anda.

Selanjutnya, serahkanlah segala permasalahan untuk mendeteksi dimana kebocoran air kepada utilis. Apabila utiliscorp menemukannya, pemberitahuan notifikasi dikirim melalui website yg ramah pengguna user friendly. Web memberitahukan dimana titik lokasi, GIS dan jalannya.


Utilis mampu memindai hingga sejauh 3.500 km persegi. Tanpa menghiraukan volume, kepadatan penduduk, bentangan geografi seperti hutan, gunung dan bangunan.

Bagaimana cara utiliscorp mampu menemukan air yang bocor melalui luar angkasa bahkan yg tersembunyi di dalam tanah.

Hal ini dapat terjadi karena menerapkan sistem ilmu prosesan gambar yg menggunakan algoritma unik sebagai parameter fisik yg didukung dengan analis seperti geologi, meteorology, vegetasi, radiometrik, spectral dan hidrologi.

Sistem sensor kemudian menghitung setiap faktor distorsi.

Teknologi utiliscorp buatan perusahaan Israel ini telah dibeli berlangganan oleh beberapa negara. Seperti Kanada, Italia dan Amerika Serikat. 


Perusahaan air HERA GRUP dari Italia mengatakan :

Hasilnya bagus dan kami memutuskan untuk terlibat dalam kontrak layanan tahunan dengan Utilis untuk deteksi kebocoran menggunakan teknologi berbasis satelit.

Casey Allen, Pengawas air dari Amerika Serikat mengatakan :

Senang bisa bermitra dengan Utilis. Teknologi mereka luar biasa mendeteksi kebocoran air. Ini solusi berharga bagi kami

Sean Kimmons dari Kanada, mengatakan :

Utilis Solution membantu kami memaksimalkan nilai dari produk layanan air pelanggan kami dengan mengoptimalkan kinerja dan keandalan sistem distribusi air, menghemat biaya keuangan kami, dan mengurangi volume kebocoran air tahunan pada transmisi dan distribusi induk pelanggan melalui kontrol kebocoran jaringan aktif.

Website : https://utiliscorp.com/

Kantor pusat : Israel

Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU