Lompat ke konten Lompat ke footer

Pesawat Drone AS MQ-9B Reaper SkyGuardian mampu serang antar benua dan anti kapal selam (2018)


Kemampuan pesawat tempur drone milik Amerika Serikat terus berkembang dengan pesat nan fantastis luar biasa. Halangan & rintangan berupa jarak jauh dari pusat kendali komunikasi GCS kini tak lagi jadi problem yang berarti.

Perusahaan Amerika Serikat melalui General Atomics secara resmi telah memperkenalkan pesawat tempur drone upgrate dari basis Predator Reaper B menjadi ‘Reaper Skyguardian

Dimana drone tersebut memiliki keunggulan teknologi lebih tinggi dibandingkan produk-produk sebelumnya. Apa saja keunggulannya yuk mari kita simak dibawah ini :

Tentang Reaper SkyGuardian

MQ-9B Reaper SkyGuardian adalah pesawat drone terbaru Amerika Serikat tahun 2018. Yang telah dikembangkan dengan penelitian selama lebih dari 15 tahun. Dimana hal ini menjadi upgrate dari MQ-9A Reaper.

Keunggulan MQ-9B Reaper SkyGuardian terletak pada sistem Remotely Piloted Aircraft (RPA) maksudnya yaitu 100% otomatis tanpa membutuhkan kru operator tentara manusia lagi untuk pendaratan & take off.

MQ-9B mengenal dimana awal kali keberangkatan sehingga mampu mendaratkan dirinya sendiri.

MQ-9B Reaper SkyGuardian kebal terhadap serangan petir, kebal terhadap tabrakan burung, dan telah memenuhi syarat standar NATO STANAG-4671 untuk beroperasi dilingkungan kawasan udara perkotaan padat penduduk.  



Sistem-sistem lainnya telah banyak diperbaharui.

Meliputi sensor, sistem listrik, electronic, daya tahan, kecepatan, perangkat lunak, control, jenis struktur, generator, antenna radio, sistem komunikasi, material komposit, perluasan cadangan bahan bakar, upgrate kemampuan terbang dari landasan pacu yg lebih pendek, Jenis radar baru, datalink, bahkan jenis ban roda benar-benar variant terbaru.

Kemampuan Terbang Antar Benua & Serangan Anti-Kapal Selam
Foto : Reaper Skyguardian
MQ-9B Reaper SkyGuardian adalah pesawat drone militer pertama di dunia yang mampu terbang menjelajahi antarbenua (Samudera Antlantik) dari Amerika Serikat ke United Kingdom (Inggris) dengan menempuh perjalanan sejauh 6.051 kilometer secara nonstop tanpa isi bahan bakar ulang.

Kru operator tentara di GCS (Ground Control Station) berpusat di Amerika Serikat.

Artinya, Drone SkyGuardian kini memiliki kemampuan daya serang jelajah yg luas.  

Pihak perusahaan telah menginstal radar jenis baru yg mampu mengendus lautan. Dilengkapi pula tempat peluncuran sonobouy pada kedua sisi sayap MQ-9B Skyguardian.


Spesifikasi MQ-9B Predator B Reaper SkyGuardian :

Kru : 0 (Tanpa awak), 2 operator manusia di Ground Control Station

Panjang : 11 meter

Lebar : 20 meter

Tinggi : 3,8 meter

Kecepatan : 482 km/jam

Jarak ketinggian terbang : 12 km

Durasi waktu terbang : 40 jam

Daya angkut payload : 567 kg

Jarak Jelajah : diatas > 6.000 km

Foto : Reaper Skyguardian membawa rudal hellfire
Persenjataan : Rudal, roket & bom mengusung jenis yang sama seperti pesawat berawak

Pensiun :
Foto : RQ-1 Predator A
Kehadiran MQ-9 Predator Reaper (Bisa juga disebut Predator B) diciptakan untuk mengganti pesawat drone lama RQ-1 Predator yg telah pensiun tanggal 9 Maret 2018. (Bisa juga disebut Predator A). 

Artikel Lainnya :

Arsenal Pesawat Drone Amerika Serikat
Selain memiliki Drone Reaper MQ-9A dan MQ-9B SkyGuardian.  

Arsenal persenjataan pesawat drone andalan Amerika Serikat saat ini (Per 2018) meliputi : 

Drone MQ-4C Triton digunakan untuk pertahanan lautan,

Foto : Triton
Drone MQ-9A Reaper digunakan untuk membunuh pejuang tentara militan terrorist ISIS, Taliban, Al-Qaedah, Syiah Houthi, dan untuk melumpuhkan infanteri pasukan Syiah Suriah Bashar al Assad + pasukan Korps Garda Revolusi Iran.

Foto : Reaper
Drone MQ-25 Stingray digunakan untuk pengisian bahan bakar kepada pesawat berawak,

Foto : Stingray
Drone Predator C Avenger digunakan untuk melakukan penyerangan terhadap tank berperisai anti-pesawat dan menyerang helikopter tempur. 

Foto : Avenger
Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU