Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Mesin Pencari Populer Top Dunia (2018)


1]. Google
Asal : Amerika Serikat


Semua orang pasti mengenal tentang mbah Google. Dari anak-anak, orangtua, hingga kaum pelajar yg sedang mengerjakan tugas kuliah selalu bersahabat dengan mesin pencari Google.

Tiap 1 hari dalam waktu 1 detik saja, terdapat sekitar 450.000.000 juta aktivitas pencarian dilakukan di Google.

Sekitar 75% pasar pencarian di dunia dikuasai oleh Google.

Google adalah anak perusahaan induk raksasa dari Alphabet.inc dimana pada bulan Januari 2018 memiliki nilai kekayaan sekitar $ 650 miliar dolar atau sekitar Rp 9.360 triliun rupiah.

2]. Youtube
Asal : Amerika Serikat


Youtube didirikan pada tahun 2005 oleh 3 insinyur dan veteran Paypal. Salah satunya bernama Jawed Karim. Seorang muslim.

Youtube dibeli oleh Alphabet.inc (Google) dengan mahar $ 1,65 miliar dolar atau sekitar Rp 16 triliun rupiah (Sesuai kurs dolar tahun 2006).

Pada tahun 2018. 

Jumlah pengguna Youtube yg login tiap bulannya mencapai lebih dari 1,5 miliar orang. Tentu saja mereka menggunakan mesin pencari Youtube untuk menemukan video yg disukai. Tak hanya melalui smartphone dan laptop. Youtube diakses pula melalui Smart TV. 

3]. Facebook
Asal : Amerika Serikat



Jumlah pengguna aktif Facebook mencapai 2.285.000.000 miliar orang. Kita mungkin berpikir ah inikah Facebook bukan mesin pencari tetapi media sosial pertemanan.

Fakta yg dipublikasikan oleh Facebook pada Q2 2017 Earnings menyajikan laporan bahwa FB melayani pencarian search sebanyak 2.000.000 miliar per hari. Artinya ini mengalahkan Bing dan Yahoo.

Mesin cari Facebook digunakan untuk pencarian orang, pacar, informasi tentang diri sendiri, teman untuk jalan, foto lama, tempat makan, profil, hobi, diskusi, peristiwa sosial yg sedang terjadi, dll

4]. Baidu
Asal : China


Baidu adalah mesin pencari web asal China dimana memberikan hasil pencarian seperti situs website, file audio, peta, video, foto, berita, perpustakan akademik, dan gambar.

Rakyat china menyukai searching menggunakan Baidu.

5]. Yahoo
Asal : Amerika Serikat


Dulu, Yahoo merupakan raja pencarian direktori terbesar nomor #1 di dunia. Namun roda nampaknya berputar berlawanan arah.

Sejak kelahiran Google. Kedigdayaan Yahoo mulai menurun.

Menurut laporan netmarketshare. Yahoo milik Verizon dan Bing milik Micorosft kini hanya menguasai secuil pasar pencarian. Tak mampu lagi bersaing dengan Google yg kian meraksasa.

6]. Yandex.ru
Asal : Rusia



Mesin pencari Yandex.ru kebanyakan digunakan oleh orang-orang Rusia, Ukraina, Belarus, Georgia, Armenia, Turki, Kazakhstan, Azerbaijan, dan negara-negara pecahan Uni Soviet.

7]. Sogou (Tencent) (WeChat)
Asal : China


Sogou adalah perusahaan search engine yg terintegrasi dengan aplikasi WeChat dimana saham mayoritas dikuasai oleh raksasa Tencent asal China. Apabila teman-teman pengguna WeChat, tanpa disadari sebenarnya pengguna Sogou juga.

Sogou dirancang untuk mencari & mengklasifikasikan informasi online seperti video, gambar, music, berita, peta, dan informasi-informasi secara vertical saja. Dimana, Sogou hanya dapat beroperasi di akun resmi WeChat saja.

8]. Bing
Asal : Amerika Serikat


Bing dimiliki oleh perusahaan Microsoft. Diciptakan pada tahun 2009 dengan tujuan utama mengalahkan Google. Bing memang memiliki fitur mesin pencari yang bagus dan terbaik. Bing terintegrasi default di browser web Microsoft edge.

Selama 9 tahun bersaing, Bing belum mampu memberikan secuil persaingan berarti kepada Google.

Sumber : SimiliarWeb (Per 2018)

Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU