Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Miliki akses modal Rp 1.656 triliun. 7 startup Israel terpilih oleh Mossad untuk didanai (2018). 4 diantaranya AI (Artificial intelligence)



Siapa sih yang tak mengenal MOSSAD…? Mossad adalah dinas rahasia agen mata-mata pengintai yg dimiliki 100% oleh pemerintah Israel. Mossad berkantor pusat di kota Tel Aviv.

Tugas Mossad umumnya meliputi intelijen, misi penyamaran, kontra teroris, pengintaian, cyber attack, pembongkar file data dokument negara lain, enskripsi, melindungi negara Israel dari serangan tak terduga, pengacak negara lain, termasuk menjadi pencuri data.

Ada banyak kisah sukses dari Mossad.

Salah satunya yaitu mencuri akses data informasi ilmu pengetahuan blueprint teknologi pesawat tempur Dassault Mirage dari Ferancis.

Sehingga tak pelak, perusahaan senjata Israel dengan cepat berhasil membangun pesawat tempur miliknya sendiri yg kita kenal saat ini sebagai pesawat tempur KFIR.


Pesawat tempur KFIR di produksi sebanyak 220 unit. Pesawat masih aktif hingga saat ini. banyak negara lain telah membeli pesawat tempur tersebut. KFIR salah satu keberhasilan Mossad.

Libertad Ventures cabang dari Mossad
Apa itu Libertad…?

Libertad sebenarnya adalah sebuah nama kapal yang pernah membawa ribuan orang-orang Yahudi melarikan diri dari tentara SS NAZI Jerman pada tahun 1940 untuk meloloskan diri dari pembantaian (holocaust) yang dikumandangkan oleh Hitler.

Libertad Ventures bergerak di bidang investasi keuangan penggalangan dana (VC) bagi startup tahap awal.

Berbeda dengan modal venture lainnya, Libertad memiliki kekuatan dana yg begitu luar biasa,

Tahap awal Libertad dapat memberikan suntikan modal sekitar Rp 5 miliar – 36 miliar rupiah kepada startup-startup fresh nan baru.

Karena Libertad bagian cabang dari Mossad. Dan sumber keuangan Mossad berasal dari pemerintah Israel. Maka, Libertad memiliki total kekayaan hingga $ 115.000.000.000 miliar dolar atau sekitar Rp 1.656 triliun rupiah (Per tahun 2018).

Apa yang diinginkan Mossad kepada startup anda

Ya, akses ilmu pengetahuan baru dan teknologi-teknologi baru.

Berbeda dengan perusahaan VC lainnya, Mossad siap memberikan modal pendanaan keuangan bukan untuk meminta jatah SAHAM. Seperti kebanyakan VC-VC lainnya.

Kebalikannya, Mossad memperbolehkan pendiri startup baru untuk menggunakan modal dari Mossad tersebut menjadi milik saham bagi pendiri (Founder) dan karyawan awal.

Tawaran yg begitu menggiurkan, belum pernah ada VC yg melakukan seperti ini bukan…?

Tetapi Mossad tak memberikan modal uang dan saham tersebut secara gratis gratis banget. Ada timbal balik yg harus semestinya diikuti.

Langkah I : Daftarkan startup kita ke alamat email ini apply@libertad.gov.il. 

Langkah II : Beritahu apa keunggulan startup kita

Langkah III : Jika diterima, Pendanaan awal siap dikirim ke rekening Bank anda sebesar 5% dari jumlah yg telah disepakati.

Perkenalan, apakah kita butuh memperkenalkan diri ke Mossad. Maksudnya siapa kita, jawabnya : tidak. Karena tak ada untung dan ruginya juga harus memperkenalkan diri ke Mossad. Lagian, jika diperlukan, Mossad bisa saja mencari & melacak dengan sendirinya.

Langkah IV : Selesaikan tugas proyek teknologi startup anda hingga 30%, kemudian kirim ilmu pengetahuannya ke email. Modal pendanaan berikutnya sebesar 30% segera dikirim oleh Mossad ke rekening bank anda.

Langkah V : Selesaikan sisa tugas proyek teknologi startup anda yg tersisa 30%, kemudian kirim ilmu pengetahuannya ke email. Modal pendanaan berikutnya sebesar 30% segera dikirim oleh Mossad ke rekening bank anda.

Langkah VI : Selesaikan akhir proyek teknologi startup anda yg tersisa 35%, kemudian kirim ilmu pengetahuannya ke email. Tunggu proses verifikasi terakhir. Apabila teruji valid. Modal pendanaan berikutnya sebesar 35% segera dikirim oleh Mossad ke rekening bank anda.

Langkah VII : Selesai.

Modal yg diberikan Mossad dapat 100% boleh digunakan oleh founder dan karyawan awal sebagai saham. Mossad tak tertarik kepada saham, melainkan lebih tertarik ke akses ilmu pengetahuan & teknologi.

Startup-startup baru yg didanai oleh Mossad dipastikan lebih bersemangat, mengapa, karena siapa sih tak tertarik mendapat modal & saham secara gratis bersamaan.

Tentu saja, hal ini menjadi tawaran menarik bagi startup baru.

Semua startup di penjuru dunia dapat berpartisipasi menerima pendanaan modal dari Mossad. Tetapi itu tak akan mudah.

Karena prioritas utama adalah startup Israel. Pemilihan di Israel bukan tanpa alasan. Karena untuk mencegah ketidakjujuran startup asing.

Startup yg didanai oleh Mossad apabila berasal dari Israel dijadikan ‘anak emas’.


ISA (Badan keamanan internal Israel), berbagai universitas asal Israel, berbagai Modal ventures asal Israel lainnya berjumlah lebih dari 300 perusahaan, akselerator, Investor, dan berbagai pakar-pakar teknologi dari dalam negeri Israel dikumpulkan membantu startup baru tersebut untuk mempercepat akselerasinya.

Berikut 7 startup asal Israel. Dimana pada tahun 2018 mendapatkan modal dari Libertad Ventures, Mossad. Sedangkan sisanya berasal dari startup asing yg dirahasiakan.

1. CannyAI

CannyAI adalah startup pengembang mode siluman berbasis teknologi artificial intelligence (AI) untuk mengedit dan menyintesis rekaman video.

2. XTend

XTend adalah startup pengembang teknologi penghubung kemampuan otak manusia ke drone.

3. Cyabra

Cyabra adalah startup yang melindungi perusahaan, organisasi, brand dari serangan disinformasi, penyalahgunaan palsu, dan hoax.

4. Legal Automation

Legal automation adalah startup kecerdasan buatan (AI) penghasil dokumen otomatis untuk materi perkara dokumen bagi pengacara, jaksa, hakim, dan pihak berwenang.

5. Talamoos

Talamoos adalah startup pencipta teknologi machine learning, artificial intelligence dan big data untuk membuat aplikasi, perangkat lunak, dan software anda menjadi lebih pintar.

6. AutoPlayAI

AutoPlayAI adalah startup pencipta bot berkemampuan kecerdasan buatan (AI) untuk pengujian sebuah produk perangkat lunak secara otomatis.

7. Clone

Clone adalah startup pengembang AR dan VR dimana memungkinkan dan menghadirkan hologram orang lain dalam bentuk versi digital ala avatar ke jarak ribuan kilometer dari tempat asalnya.

8. Rahasia

Poin #8 tak diungkapkan, bersifat dirahasiakan.

Sedikit bocoran, startup ini bergerak di bidang teknologi yang mampu membantu agensi dalam operasi intelijen rahasia.

9. Rahasia

10. Rahasia

11, 12, 13, dan seterusnya bersifat rahasia

Sekilas video singkat tentang Libertad Ventures, Mossad

Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU