Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara meningkatkan SEO Blog menggunakan AMP, HTTPS dan RESPONSIF [Khusus Blogspot] (2018)


SEO atau search engine optimization terus berkembang dari hari ke hari secara sistematis mengikuti perkembangan zaman.

Bagi teman-teman yang berada di dunia persilatan blogger. Ini ibaratkan seperti pembelajaran terus menerus tanpa henti ya.

Jika ngga terus belajar, lengah, dan tak melakukan action perubahan maka dalam sekejap dapat tertinggal jauh dengan orang-orang yg sudah mengupdate pengetahuannya di ilmu SEO.

Menurut afrid. SEO itu penting banget, khususnya bagi mereka yg bekerja sebagai publisher Google Adsense atau di bisnis online pemasaran perdagangan lainnya.

Ilmu SEO terbukti meningkatkan page view. Alhasil, ujung-ujungnya pendapatan gaji turut meningkat secara drastis.

Lumayan gaji tersebut bisa untuk beli beberapa bungkus nasi padang sambal ayam bakar rasa pedas-pedas manis, nanti dimakan lahap bersama keluarga tercinta dalam cengkraman keakrapan dan canda tawa.  

3 RANGKUMAN SEO 2019 MENURUT AFRID FRANSISCO

Sekedar pengen berbagi bagaimana cara meningkatkan SEO. Sejujurnya saya juga tak tahu. Ini kompleks banget. Karena, Perusahaan Alphabet Google yg bercimpung dibidang ini merahasiakan tekniknya.

Berdasarkan pengalaman saya. Semoga bermanfaat. Ini ada 3 rangkuman penting SEO 2019. Yang dapat saya bagikan kepada teman-teman yg membutuhkan informasi ini.

#1. Desain Responsif (Template canggih yg dapat menyesuaikan diri diberbagai perangkat Laptop, PC, Smartphone dan Tablet)

Saya perhatiin didunia jagat maya ini. Masih banyak web/blog belum menggunakan desain template responsif.

Mereka yg belum mengupdate hal ini. Sudah dipastikah kalah telak dalam persaingan menghadapi blog yg sudah menginstal desain responsif.

Google adalah mesin pencari terbesar nomor #1 di dunia.

Google sendiri telah mengumumkan bahwa bagi mereka yg telah melakukan optimasi responsive design template maka ditempatkan pada prioritas posisi peringkat SEO yg lebih tinggi ketimbang bagi mereka yg belum melakukannya.

Algoritma ini disebut Mobilegeddon. Pengumuman diluncurkan pada tanggal 21 April 2015.  

#2. HTTPS (Protokol keamanan web/blog)

Tips kedua adalah HTTPS atau Hypertext Transfer Protocol Secure. Sayangnya fitur ini diperuntukkan bagi pemilik domain prabayar atau premium.

Jadi, butuh modal berupa uang sebesar Rp 120.000 – Rp 250.000 pertahun untuk membeli domain mengubah blogspot gratisan menjadi prabayar. Kemudian melakukan setting HTTP ke HTTPS.

Untuk informasi detail bisa dibaca di halaman berikut ini :


#3. AMP (Accelerated Mobile Pages)

Apabila blog sudah menggunakan ‘Template Desain Responsive’. Itu tentu belumlah cukup. Karena template responsive hanya mengacu ke SEO dalam faktor desain. Tetapi ini sudah langkah awal yg baik.

Lalu, melanjutkan ke tips ke 2 menggunakan HTTPS. Itu tentu belumlah cukup. Karena HTTPS hanya mengacu ke SEO dalam faktor keamanan. Tetapi ini sudah langkah kedua yg lebih baik.

Jika pengen SEO yg lebih baik lagi. Maka digabung dengan AMP atau Accelerated Mobile Pages. Karena AMP mengacu ke SEO dalam faktor kecepatan.

Apabila ke 3 faktor ini digabung. Desain, Keamanan, dan Kecepatan. Maka tahun 2019 setidaknya blog/web teman-teman bisa tetap bertahan menghadapi berbagai persaingan yg ketat.

Untuk informasi detail tentang AMP bisa dibaca di halaman berikut ini :

https://support.google.com/webmasters/answer/6340290

Google mengatakan :

AMP dibangun berkat kolaborasi mendalam dengan ribuan pengembang, penerbit dan situs web, platform distribusi, dan perusahaan teknologi. Lebih dari 1.500.000 halaman AMP telah dipublikasikan hingga saat ini dan 100+ analitik terkemuka, teknologi iklan, dan penyedia CMS mendukung format AMP.


Proyek Google AMP telah dibangun sejak tanggal 7 Oktober 2015. AMP diciptakan oleh Google untuk bersaing dengan pesaing Facebook Instan Article.

AMP adalah proyek open source yg dirancang untuk meningkatkan kinerja kecepatan web/blog menjadi 2x lebih cepat dibandingkan situs web/blog yg tak memasang atau tak menginstal kode-kode program AMP didalam templatenya. Nantinya web/blog kita di cahce oleh Google.

Terdapat 1.500.000 web/blog dari seluruh dunia yg telah menginstal AMP pada tahun 2018. Hasilnya peningkatan traffik besar-besaran dalam waktu yg sangat cepat, diiringin pula dengan peningkatan gaji dari iklan Google Adsense.  

Untuk menginstal kode AMP ke dalam template membutuhkan keahlian ahli TI pemprogram professional.

AMP dimiliki oleh Google. Blogger dimiliki pula oleh Google. Namun sudah 3 tahun berjalan ini, Google masih belum menampilkan tombol otomatis agar peralihan ke AMP bisa dilakukan dengan mudah ke dalam platformnya.

Jadi sambil menunggu. satu-satunya cara yaitu dengan memasang kode AMP secara manual.

Bagi yg kesulitan otak-atik kode program Html di blogger. Cara paling mudah yaitu dengan membeli template baru yg telah mendukung AMP dari situs seperti sugeng.id dan kompiajaib.com atau bisa beli di tempat lainnya.  

Harganya biasanya dimulai dari Rp 170.000 – Rp 200.000. (Per tahun 2018)

atau bisa mengunjungi halaman berikut ini :

https://www.amp-blogger.com/2018/07/5-best-google-amp-blogger-template-2018.html

Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU