Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel upgrate rudal Spike berkemampuan Kecerdasan buatan Generasi ke 5, Anti-Asap dan Peningkatan Jarak Tembak 16 Km (2018)


Pemerintah Israel melalui perusahaan BUMN Rafael Advanced Defense System. Telah mengumumkan mengupgrate perangkat teknologi persenjataan militernya.

Kali ini yang mendapatkan jatah istimewa untuk pembaharuan sistem adalah rudal Spike LR II dan Spike ER II

Menjadi rudal generasi ke 5 yang dilengkapi dengan artificial intelligence (kecerdasan buatan) dan kemampuan fitur-fitur lainnya.

PENINGKATAN RUDAL SPIKE 

Spike adalah rudal multiguna yang dapat diluncurkan darimana saja, baik dari darat, laut, maupun udara untuk menghancurkan target-target penting berharga mahal seperti tank.

Spike memiliki beberapa varian,

yaitu Spike SR, Spike MR, Spike LR, Spike ER, dan Spike NLOS.  

Pada Pameran pertahanan internasional MSPO di Kielce, Polandia.

Varian upgrate rudal spike dipertunjukkan kepala khalayak ramai.  

Rudal Generasi ke 5 berkemampuan kecerdasan buatan (AI)

Rudal presisi Spike LR II mendapatkan peningkatan hulu ledak sehingga mampu menghancurkan berbagai target dengan ledakan yang lebih besar.

Versi lama Spike LR sebelumnya memiliki berat bobot tubuh sebesar 14 Kg dengan jarak tembak 4 km.

Versi baru Spike LR II memiliki berat bobot tubuh sebesar 12,7 Kg dengan jarak tembak 5 km apabila ditembakkan dari darat dan 10 km apabila ditembakkan dari pesawat tempur, drone dan helikopter.

Spike LR II didesain ulang untuk melawan ancaman target modern yang lincah cepat dengan karakteristik rendah, sensitive, untuk menghancurkan tank dan kubu perlindungan yang dilindungi armor canggih dengan pertahanan sistem perlindungan.

Rudal Spike LR II telah tersedia di Israel sejak Juli 2017



Ini adalah rudal pertama dari perusahaan teknologi Israel yang dilengkapi AI (artificial intelligence) berkemampuan pelacakan cerdas.

Selain mengupgrate Spike LR II. Spike varian ER juga mendapatkan upgrate special. Meliputi kemampuan jarak tembak yang ditingkatkan.

Sebelumnya, Spike ER memiliki bobot  berat sebesar 34 kg dan mampu menembak hingga 8 km jauhnya.

Versi upgate baru Spike ER II masih memiliki bobot yang sama, tetapi jangkauan tembak meningkat hingga 10 km apabila ditembakkan dari darat dan apabila ditembakkan dari udara jarak tembak mencapai 16 km.

Hal ini memungkinkan terjadi karena adanya pembaharuan pada frekuensi radio two-way data link, CCD, dan diupgratenya perangkat lunak yg berurusan dibidang optimasi penghematan energi bahan bakar.



Gal Papier dari Rafael Advanced Defense System mengatakan :

Dengan datalink RF baru, kami tetap mempertahankan fungsi tembak fire dan observe. Jarak jangkau tembakan sekarang 16 km. sahutnya.

Rudal Spike kini kebal dari pengecoh Anti-Asap

Penggunaan smoke atau asap jamak dilakukan oleh berbagai negara untuk mengelabui sensor rudal-rudal yg pengen menyasar alustista mereka.

Kabar buruk datang dari negeri ‘Bintang Daud Zionis’.

Spike LR II dan Spike ER II kini kebal terhadap asap tersebut.

Rudal Spike kini memiliki sistem berkemampuan kecerdasan buatan AI, inovasi di double homing heat, kamera thermal sensor. Sistem-sistem pelacak target yg ditingkatkan dengan memadukan informasi real time.

Sehingga lawan-lawan yang bersembunyi di medan perang yg dipenuhi oleh pengecoh asap. Kini tak dapat lagi menghindari dari incaran deteksi rudal spike.

Spike dapat ditembak secara kombinasi fire and forget atau fire and observe.

Rudal Spike dianggap sebagai salah satu rudal terlaris dunia abad ini. Di beli oleh berbagai negara seperti Korea Selatan, United Kingdom, Australia, Jerman, India, Italia, Finlandia, Singapura, Spanyol, Thailand, Turki, Rumania, Belanda, Ceko, dll. Membukukan penjualan mencapai miliaran dolar.

  
Artikel Lainnya :

Pesaing terberat Spike adalah :

Rudal Javelin dan Tow dari Amerika Serikat.

Rudal Kornet dan berbagai varian RPG buatan Rusia.

Rudal Robotsystems SAAB RBS70 dan MBDA Mistral buatan Uni Eropa.

Youtube : Israel Spike

Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU