Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Senjata perlindungan udara berlapis-lapis yg membuat kota-kota Israel sulit ditembus (2018)

Hanya ada sedikit negara yg memiliki kemampuan persenjataan mutakhir pertahanan udara berlapis-lapis. Yaitu Amerika Serikat, Rusia, China, Uni Eropa, dan Israel.

Selain itu, tak ada lagi negara lain yg mampu mengimbangi kekuatan negara-negara ini di bidang sistem perisai udara tersebut dengan jajaran infrastruktur yg lengkap dan diproduksi secara mandiri oleh pabrikan asal perusahaan lokal.

Di Israel, selama ini kita mengenal tentang ‘Iron Dome’ yg digunakan untuk menangkis roket dan rudal yg dilontarkan oleh pejuang Hamas.

Tahukah anda…? Ternyata negara kecil ini memiliki 10 senjata perlindungan untuk melindungi kota-kota tercintanya agar penduduk sipilnya merasa aman dan damai dari kepungan negara-negara yg memusuhinya. 

Senjata-senjata Israel diproduksi oleh perusahaan industri lokal asal Israel. Seperti Israel Aerospace Industrie, Elbit System, Rafael Advanced Defense System dan 180 perusahaan-perusahaan militer Israel lainnya.

Lembaga SIPRI menobatkan Israel sebagai salah satu dari top 10 pemimpin dunia dalam industri dan startup persenjataan terbesar di dunia.

1 perusahaan militernya saja mampu meraup atau membukukan pendapatan penjualan keuangan secara kotor sebesar $ 3 miliar dolar atau sekitar Rp 45 triliun per tahun dari pasar persaingan senjata Internasional. Berikut 10 teknologi persenjataan yg membuat langit di Israel menjadi tentram untuk dihuni. 

1]. Arrow3 

Arrow3 memiliki kecepatan 10.000 km/jam dengan jarak radius tembak 150-200 km secara vertical. Ini mirip-mirip seperti Standar Missile (SM). Tapi bentuk body-nya lebih kecil. Arrow3 diciptakan sebagai senjata penembak satelit, menembak rudal balistik nuklir, biologi, kimia, dan objek terbang lainnya dari jarak 2.400 km.

Arrow3 memasuki dinas militer Israel pada tanggal 18 Januari 2017. Harga perunit Arrow3 adalah Rp 45 miliar rupiah.
  
2]. David Sling

David Sling diciptakan untuk meningkatkan tingkatan level kedua sistem teater pertahanan udara anti-rudal multitier Israel. Rudal David Sling berkecepatan 7.500 km/jam dengan jarak jelajah tembak 150-300 km.

Target sasarannya meliputi pesawat tempur, helikopter, rudal balistik seperti Scud-B, 9K720 Iskander Rusia, Fateh-110 Iran, dll. 

3]. Barak Rudal+Israel+Barak+8+ER.png (747×641)

Barak dalam bahasa ibrani artinya Petir. Dirancang untuk mempertahankan diri terhadap semua objek udara. Seperti pesawat tempur, rudal, roket, rudal anti-kapal, drone, rudal jelajah, helikopter, dll. Jarak tembak perisai Barak adalah 80-100 km. Versi ER memiliki daya tembak 150 km.

4]. Iron Dome 

Disebut juga dengan kubah besi. Sistem dirancang untuk menghancurkan serangan roket, artileri dan roket jarak pendek. Harga perunit Iron Dome berkisar Rp 600.000.000 juta rupiah.

Ada yg menarik tentang Iron Dome. Bahwa pengembangan R&D pertama kali dimulai dari penggalangan online dengan tujuan sebagai proteksi perlindungan kota padat penduduk. Jarak tembak kubah besi mencapai 70 km. 

5]. Spyder 

Sesuai dengan kode nama Surface to air Python and Derby. Spyder sebenarnya hanya sebuah rudal pesawat tempur yg disematkan di truk darat. Rudal tersebut adalah Python dan Derby yg mampu menembak pesawat tempur, pesawat drone, helicopter dan menjatuhkan rudal jelajah dari jarak 20-50 km walaupun dari belakang.  

Israel dikenal sebagai salah satu pelopor pemimpin dunia dibidang senjata rudal smart (rudal presisi cerdas). Sebagai informasi. Rudal cerdas pertama kali diciptakan oleh Rusia, kemudian kedua disusul oleh Israel dan ketiga diikuti oleh Amerika Serikat.  

6]. C-Dome
 c-dome.jpg (755×415)

Rudal C-Dome diluncurkan melalui tabung VLS (Vertical Launching System). C-Dome diciptakan untuk melindungi aset alustista penting yg berharga mahal seperti kapal perang.

C-Dome menggunakan radar ELM-2248 MF-Star. Menghubungkan MF-Star radar ke command dan control secara otomatis. C-Dome bergerak lincah, memiliki kecepatan manuver tinggi 2.333 km/jam, hulu ledak kuat sebesar 10 kg dan tingkat probabilitas penghancuran yg tinggi dari sistem pertahanan berlapis-lapis.

7]. Drone Dome atau RedSky 

Teknologi mutakhir yang mampu mendeteksi, mengacaukan, menganggu dan menetralisir kendaraan udara tanpa awak yang ingin melakukan aktivitas kejahatan. Digunakan untuk melindungi lokasi keberadaan presiden, melindungi stasion sepak bola, melindungi kantor pemerintahan, lapangan bandara, pelabuhan, markas militer, dan melindungi orang-orang dari kalangan VVIP.

Teknologi ini membentuk gelembung udara sejauh 6 km untuk mendeteksi drone-drone mainan yg berada disekitar area perlindungannya. Apabila drone-drone tersebut mendekati lokasi sepanjang garis merah 2 km.

Sistem ini siap menembakkan sinyal jamming secara otomatis untuk mengambil alih, menjatuhkan, menghancurkan dan memutuskan komunikasi antara drone dan remote control sang pemilik agar tak berfungsi.

Senjata ini mudah diinstal, penggunannya mudah karena melekat dengan kendaraan mini yg dapat dipindah-pindah kemana saja. Energi listrik yg dibutuhkan sekitar 400 watt. 

Anti drone ini mampu melacak & melumpuhkan 100 target drone-drone mainan dalam 1 waktu bersamaan menggunakan deteksi radar aerial yg unik, electro optical thermal acquisition dan kemampuan netralisasi rangsangan high powerful RF (Radio Frekuensi).

8]. Iron Beam 

Iron Beam adalah senjata laser. Israel sejak lama telah mengembakan senjata laser yg disebut THOR, kemudian berlanjut ke pengembangan senjata berikutnya yg disebut Iron Beam.

Iron Beam telah diujicoba berhasil mematahkan & menghancurkan 100 peluru artileri dan 1 unit pesawat drone. Data ujicoba, 90% dari antaranya hancur, hanya 10% yg berhasil lolos.

Iron Beam belum memasuki dinas militer IDF Israel karena masih dalam tahap penelitian, ujicoba & pengembangan. Apabila tak ada aral melintang, senjata laser Iron Beam segera diperkenalkan pada tahun 2020-2022. Ini segera menjadi senjata sama persis seperti yg anda lihat di film star wars.

Keunggulan dari Iron Beam yaitu jarak tembak sekitar 5 km, lesatannya super cepat dan biaya tembak yg murah meriah. Hanya sekitar Rp 14.000.000 juta rupiah dibandingkan Iron Dome yg berharga Rp 600.000.000 juta sekali tembak.

9]. Trophy 

Trophy adalah active protection system (APS) dirancang untuk melindungi armor tank dari serangan rudal, RPG & roket musuh. Trophy diciptakan dari sejarah kelam hancurnya Tank Merkava oleh rudal kornet buatan Rusia yg digunakan oleh Syiah Hizzbulah saat perang Lebanon.

Jarak tembak perlindungan trophy kurang dari 5-10 meter. Perisai Trophy terbukti combat proven teruji dilapangan. 2.760 tank Merkava Israel telah diinstal dengan Trophy menjadikannya sebagai tank yg sulit untuk dikalahkan diabad modern ini.

Lawan tangguh Trophy adalah Tank Armata yg diinstal APS Afghanit milik kepunyaannya pemerintah Rusia. Amerika Serikat dan Uni Eropa tertinggal jauh dalam teknologi ini. China menawarkan APS yg serupa namun belum teruji dimedan perang ketimbang rekannya asal Rusia dan Israel.  

10]. Ortech 

Ortech adalah penyedia solusi pertahanan & perlindungan terakhir. Menciptakan bunker yg kebal terhadap ledakan, serpihan pecahan rudal balistik, kebal serangan biologi & kimia, kebal dari pukulan paksaan, reruntuhan, dan gempa bumi.

Tentara IDF berjanji terus berjuang apapun caranya sesulit apapun dan sekeras apapun. Tentara IDF terus melangkah di garis paling terdepan. Demi melindungi Keamanan rakyat sipilnya. 

Kami tidak ingin Peristiwa Sejarah HITLER NAZI (Jerman) Pembantaian Jutaan Rakyat Yahudi Terulang kembali

Celetus : Benyamin Netahanyu. Di Lansir dari CNN.

Artikel Lainnya :


Youtube : Perisai Israel Pelindung Kota

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU