Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel ThunderB : Pesawat Drone Pengintai VTOL berbahan bakar listrik yg mampu mendarat vertical (2018)


Tel Aviv, Israel. Permintaan pesawat robot tanpa awak untuk kalangan militer meningkat tajam.

Berbagai pelanggan internasional meminta sebuah drone yg mampu diluncurkan tanpa harus menggunakan peluncur catapult, tanpa parasut, dan tanpa bandara.

Hal ini mendorong perusahaan-perusahaan Israel berlomba-lomba mengembangkan pesawat drone VTOL dengan mengonversi jenis yang sudah ada.

Pada tahun 2017. Ada 2 produk drone militer berbasis vertical take of landing yg telah diperkenalkan oleh perusahaan Israel.

Yaitu Drone Peres yg diciptakan oleh perusahaan AP-G System dan Drone FE Panther yg diciptakan oleh perusahaan Israel Aerospace Industries. 

THUNDERB VTOL 

Perusahaan teknologi BlueBird AeroSystem. 

Pada bulan Agustus 2018. 

Secara resmi memperkenalkan pesawat drone pengintai militer yang disebut ThunderB VTOL.

Sebenarnya drone ThunderB VTOL berasal dari versi lama yaitu ThunderB.


Namun drone tersebut diperbaharui dengan kemampuan mendarat lepas landas vertical dimana saja.

Sehingga dapat mendarat di belakang dek kapal perang, di tanah tanpa lapangan bandara, di atas gedung, di hutan, dan bahkan dapat lepas landas dari kapal boat kecil.

Mesin menggunakan EFI engine system. Sepenuhnya berkemampuan digital computer.

Bahan bakarnya 100% listrik dari baterei lithium ion.

Ukuran berat tubuh ThunderB VTOL sebesar 32 kilogram dengan rentang panjang sayap 4 meter. Mampu terbang hingga sejauh radius 150 km dari GCS Ground Control System dengan kecepatan diantara 132 km/jam.

ThunderB VTOL mampu membawa payload seberat 4 kilogram. Ketinggian terbang 1 km.

Sayangnya, karena menggunakan 4 motor multirotor untuk pendaratan lepas landas vertical. 

Maka ThunderB VTOL memiliki waktu ketahanan terbang yg pendek hanya sekitar 12 jam dibandingkan versi pesawat drone ThunderB yg mampu terbang hingga durasi waktu 24 jam sekali isi charge listrik.

Foto : ThunderB Drone
Pesawat ini mampu terbang diarea lingkungan berantakan dengan sistem-sistem jamming elektronik penolak GPS, kebal dari serangan badai cuaca ekstrim dan suhu dingin yg membeku.

Dengan keheningan senyap yg dihasilkan dan dilengkapi video real time Full HD. 

ThunderB VTOL cocok digunakan oleh pasukan khusus, penjaga perbatas, tim penyelamat search and rescue, perusahaan sipil pemetaan, pengendalian bencana alam, perlindungan pasukan konvoi dan untuk misi ISTAR pada peperangan perkotaan.


Ronan Nadir, CEO Bluebird mengatakan :

Kemampuan VTOL baru memberikan ThunderB UAS dari batas landasan mendarat untuk membuka jalan bagi manfaat ThunderB oleh pengguna kami yang membutuhkan pendaratan di titik take-off dan pendaratan yang tepat, bersama dengan kemampuan operasional canggih yang telah terbukti Battle Prove”. 

“Kami senang lagi menjadi pemimpin berada di garis depan teknologi, menerapkan solusi sebagai hasil pembelajaran dari kebutuhan operasional yang dibutuhkan oleh pelanggan operasional kami. 

BlueBird terus responsif terhadap kebutuhan pelanggan kami dan memasok mereka dengan solusi canggih untuk memenuhi tantangan mereka ”. sahutnya.

Tentang BlueBird 
Foto : MicroB Drone
BlueBird adalah sebuah perusahaan yg menciptakan berbagai macam drone militer. Seperti ThunderB VTOL, MicroB, Spylite, WanderB, ThunderB dan Spy-I.

Termasuk menciptakan aplikasi dan sub-sistemnya seperti stasiun pengendali GCS, Unit control ICU, Terminal data GDT, pemancar ETU dan terminal video RVT.

BlueBird bukanlah satu-satunya perusahaan pencipta drone asal Israel. Ada berbagai macam perusahaan-perusahaan teknologi tinggi di Israel yg bergerak dibidang yg sama.

Tak ayal, menjadikan Israel sebagai pemimpin dunia #1 dalam teknologi drone militer dengan menguasai 60% penjualan ekspor di dunia.

Artikel Lainnya :


Youtube : Israel ThunderB VTOL

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU