Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laporan keuangan perusahaan senjata Israel Aerospace Industries (2018)


Tahun 2018 segera berlalu. Banyak perusahaan dari berbagai dunia telah menyusun laporan keuangan. Termasuk perusahaan senjata Israel Aerospace Industries.

Berikut adalah rincian berdasarkan laporan keuangan tahun 2017 yg lalu.

Untuk data laporan keuangan tahun 2018 segera menyusul.


TENTANG IAI ISRAEL AEROSPACE INDUSTRIES

IAI adalah produsen kedirgantaraan dan penerbangan utama Israel yg memproduksi sistem aerial, aeronautik, senjata militer, robot, dan teknologi untuk bidang sipil. Didirikan pada tahun 1953.

IAI merupakan perusahaan persenjataan terbesar ke 2 di Israel setelah Elbit System dari total 180 perusahaan-perusahaan senjata yg ada di negara Israel.

Youtube : Profil Israel Aerospace Industries

Total transaksi keuntungan kotor penjualan perdagangan senjata 2017

IAI mampu meraih total penjualan perdagangan senjata global sebesar $ 5,8 miliar dolar atau sekitar Rp 84 triliun rupiah per tahun 2017.

Dari tahun ke tahun pertumbuhan penjualan IAI terus mengalami peningkatan signifikan.

76% senjata dibeli ekspor oleh pelanggan negara-negara internasional, sedangkan 24% senjata yg diproduksi IAI dibeli oleh pemerintah Israel untuk meningkatkan pertahanan & keamanan negara zionis tersebut.

Saldo kas (total seluruh uang di dompet perusahaan IAI)

Saldo kas dan likuiditas perusahaan IAI per 2017 mencapai sekitar $ 1,6 miliar dolar atau sekitar Rp 23 triliun rupiah.

Kerugian :

Kerugian sebesar $ 3.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 43 miliar rupiah terjadi di tahun 2017 akibat adanya kesalahan investasi di bidang konversi pesawat.

Bayar pajak :

Pembayaran pajak ke pemerintah Israel sebesar $ 20.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 290 miliar rupiah per tahun 2017.

Utang :

Utang Israel Aerospace Industries sebesar $ 642 juta dolar atau sekitar Rp 9 triliun rupiah. Utang digunakan untuk membayar biaya gaji dan pensiun dini bagi ilmuwan, teknisi, karyawan, & insinyur.

Utang juga digunakan untuk meningkatkan investasi demi mempercepat pertumbuhan IAI.

IAI memiliki total dompet kas simpanan di bank yg cukup besar hingga mencapai Rp 23 triliun rupiah. Sehingga utang sebesar Rp 9 triliun dianggap aman.

Apa saja yang laris terjual :

Penjualan terbanyak berasal dari senjata rudal, sistem radar ELTA, pesawat tempur drone, upgrate sistem pesawat tempur, satelit, dan konversi pesawat sipil bedek Aviation.


Biaya penambahan modal penelitian, riset dan pengembangan R & D

Perusahaan mengeluarkan biaya sebesar $ 182 juta dolar atau sekitar Rp 2 triliun, 639 miliar rupiah pada tahun 2017 untuk agar ilmuwan meneliti senjata-senjata mutakhir terbaru yg lebih canggih dari sebelumnya.

Cashflow positif

Arus kas positif perusahaan dari aktivitas operasinya pada tahun 2017 adalah sebesar $ 301 juta dolar atau sebesar Rp 4 triliun rupiah.

Artikel Lainnya :

RENCANA 2019 : MEMASUKI BURSA SAHAM TASE DAN AKUISISI RAFAEL ADVANCED DEFENSE SYSTEM

CEO IAI, Nimrod Sheffer. Sedang bekerja keras melobi politik agar perusahaan Israel Aerospace Industries yg hingga hari ini dimiliki 100% sahamnya oleh negara untuk menerbitkan 25% saham ke Tel Aviv Stock Exchange, sedangkan 75% saham mayoritas tetap dikuasai oleh pemerintah Israel.

Tujuan ini penting untuk mendorong pertumbuhan percepatan perusahaan IAI menjadi lebih besar, ketimbang harus menggunakan dana pemerintah Israel yg terbatas dan banyak dana yg harus dialokasikan ke dan untuk banyaknya kewajiban-kewajiban lain.

Sehingga menggunakan dana investor publik lokal & internasional yg jauh lebih besar. Penting untuk mengubah DNA dari perusahaan IAI.


Harel Locker mengungkapkan perusahaan di dalam manajemen IAI perlu dilakukan untuk mengubah DNA-nya, Pemerintah Israel tak akan pernah kehilangan kendalinya menguasai perusahaan ini. Karena investor lokal & internasional tak mungkin memegang lebih dari 25% sahamnya.

Perusahaan IAI perlu untuk terjun ke bursa saham, mengingat semakin sengitnya persaingan industri persenjataan global.

Perusahaan seperti Rafael Advanced Defense System merupakan target yg kelak untuk diakuisisi oleh IAI dan beberapa perusahaan-perusahaan senjata kecil di luar negeri diharapkan segera dicaplok pada tahun mendatang untuk meningkatkan kemampuan kompetitif IAI diatas persaingan industri senjata dunia yg semakin panas.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU