Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ISIS serang kota Baga, Nigeria dan Kenya. Banyak orang tewas dan persenjataan militer di rampas (2019)


Mengalahkan pasukan ISIS atau Islamic State bak mimpi di siang bolong. Terakhir kali kita mendengar berita tentang presiden Trump mengatakan bahwa ISIS sudah dikalahkan.

Ya, benar. Tapi lebih tepatnya ‘DIUSIR’ dari tepi sungai Eufrat di Suriah. Bukan berarti ISIS benar-benar dikalahkan. Itupun sebanyak 2.000 tentara militer Amerika Serikat membutuhkan waktu hingga 5 tahun berperang bersama tentara kurdi SDF yg didukung dengan gempuran pesawat drone dan pesawat tempur demi mengusir ISIS selangkah demi selangkah di Suriah.

Di Nigeria, jumlah pasukan ISIS (IS) diperkirakan oleh Amnesty International berkisar di angka 15.000 tentara.

Di wilayah operasi Kenya, Somalia, Tanzania.

Jumlah pasukan ISIS (IS) diperkirakan berkisar di angka sekitar 9.000 tentara.

Ini belum dihitung sel-sel tentara ISIS yg menyebar bersembunyi di negara-negara lain.

Jadi, Mengalahkan Islamic State itu sangat sangat sangat sulit sekali, butuh biaya operasional besar dan jangkauan global internasional.

ISIS memiliki tujuan utama yaitu menciptakan sebuah negara raksasa kekalifahan Daulah Islamiyyah lintas batas di bumi ini. Bagi siapa saja yg menghalangi ideologinya maka dianggap musuh, kafir, thaghut, murtad dan menjadi target peperangan.  

AWAL 2019 SERANGAN KE KOTA BAGA, NIGERIA

Islamic State atau bisa juga disebut cabang The Islamic State West Africa (ISWA) melaporkan melalui siaran media sosial telegram telah menguasai kota Baga, Nigeria. Pada tanggal 28 Desember 2018.  

Militer Nigeria mengeluarkan pernyataan bahwa benar terjadi serangan untuk menguasai kota Baga melalui serangkain tembakan yg dilepaskan ke pasukan angkatan darat, Tetapi berita desas desus yg disampaikan tentang 700 tentara Nigeria yg diculik itu tak benar.

Islamic State mengklaim bahwa puluhan personil tentara Nigeria telah terbunuh selama serangan terhadap sebuah markas besar lokal satuan tugas multinasional.

Para Jihadis dilaporkan telah merampas tank-tank, kendaraan lapis baja, truck logistic, kapal boat dan sejumlah senjata berupa senapan genggam, amunisi dan pelontar roket.

Setelah melakukan penyerangan, ISIS menjarah persenjataan kemudian bergegas pergi meninggalkan lokasi sebelum kedatangan bala bantuan pasukan Nigeria yg lainnya.

ISIS memperlihatkan foto-foto kehancuran markas tentara Nigeria di kota Baga.

Foto kematian tentara Nigeria di artikel ini sengaja tak ditampilkan ke publik karena penuh darah dan tak layak dikonsumsi.











IS (ISLAMIC STATE) MENYERANG KOTA NAIROBI, KENYA

Pada awal tahun 2019. IS kembali menyerang kota Nairobi. Ini sebenarnya bukan serangan pertama. Pada September 2013, IS telah menewaskan 68 orang. Pada April 2015, IS telah menewaskan 147 orang.

Tak hanya warga sipil yg jadi incaran. Tentara Kenya atau KDF menjadi sasaran utama pasukan khilafah Islamic State. Setidaknya 247 KDF telah tewas oleh IS di Kenya selama 3 tahun yg lalu.  

Serangan IS menegaskan bahwa pasukan Jihad yg bercita-cita mendirikan negara raksasa khilafah ini merupakan ancaman nyata dan sangat parah bagi keamanan Kenya.


Pada tanggal 15 Januari 2019. ISLAMIC STATE mengklaim melakukan penyerangan bunuh diri menewaskan 47 orang. Serangan terjadi di Bank dan DusitD2 yang merupakan hotel populer di Kenya dimana sering disinggahi oleh bule-bule mancanegara.

Berikut foto dramastis penyerangan terrorist Jihadis IS cabang Africa di Kenya.

















Artikel Lainnya :
  

Foto : Pelaku terorist pasukan bunuh diri Islamic State berhasil terekam CCTV
Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU