Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel OPC Rotem : Teknologi Mesin Pembangkit Listrik Tenaga Gas PLTG Paling Efektif di Dunia (2019)

Israel dikenal sebagai salah satu pemimpin dunia dalam teknologi pencipta & penemu mesin-mesin pembangkit listrik mutakhir.

Sebut saja, Produk terkenal seperti ‘Brigtsource energy’, mesin pembangkit listrik tenaga surya sinar matahari skala utilitas diciptakan pertama kali oleh orang-orang Israel yg akhirnya diakuisisi oleh perusahaan Amerika Serikat. 

Produk seperti pembangkit listrik tenaga panas bumi ‘Ormat Technologies’ diciptakan pertama kali, juga lagi-lagi oleh orang-orang Israel.

OPC ROTEM, SALAH SATU PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA GAS PALING EFESIEN DI DUNIA (2019) 

Pada saat artikel ini ditulis, 70% pembangkit listrik di Israel telah beroperasi menggunakan bahan bakar gas alam.

Sejak penemuan ladang gas Leviathan di tahun 2010 yg lalu.

Negara kecil Israel berubah menjadi ‘Adidaya Energi Gas Dunia dan masuk dalam jajaran salah satu pengekspor energi terbesar di dunia’.


Tahun 2030 nanti.

Israel berencana tak lagi menggunakan pembangkit listrik batu bara dan minyak solar.

Pemerintah Israel berjanji menggantikannya dengan 100% energi terbarukan untuk menjalankan mobil-mobil listrik dan memperbanyak mencurahkan menggunakan pembangkit gas dan biogas terbarukan dari tanaman, buah-buahan, alga, sampah kotoran biotik, dan gas yg dihasilkan dari pepohonan yg lebih efesien, ramah lingkungan, tanpa radiasi berbahaya, dan lebih bersih.

Hingga tahun 2.069, Ladang seperti Leviathan, Mari-B, Tamar dan Tanin sudah lebih cukup untuk menggerakkan pembangkit listrik selama 50 tahun ke depan di Israel.

OPC ROTEM adalah produsen listrik independen berkekuatan untuk tiap 1 unitnya sebesar kapasitas 440 MW (MEGAWATT).

OPC ROTEM diklaim sebagai salah satu mesin pembangkit listrik tenaga gas paling efesien di dunia karena menggunakan luas hektar bidang tanah yg kecil dan tanpa perlu menggunakan banyak tenaga kerja cukup 600-800 pegawai saja.  


IC POWER

OPC ROTEM dikendalikan oleh OPC Energy bekerjasama dengan perusahaan Mitsubishi asal Jepang. OPC Energy sepenuhnya dimiliki oleh perusahaan swasta IC Power.

Aset utama IC Power dikuasai 80% sahamnya oleh entrepreneur pebisnis asal Israel. Bernama Idan Ofer (Umur 63 tahun).


Idan Ofer lahir tahun 1955. Meraih gelar S3 dari Universitas of Haifa di Israel dalam jurusan bidang ilmu pengetahuan ekonomi dan shipping.

Idan merupakan sosok cerdas dalam bidang ekonomi. Ayah dari 5 anak ini juga menjadi pemegang saham dari perusahaan Quantum Pasific Group, Drilling, veridis, Kenon Holdings bahkan hingga klub sepak bola Atletico Madrid.

Tak ayal, Pada tahun 2019. Pria ini memegang uang didompetnya dalam jumlah besar hingga $ 4,8 miliar dolar atau sekitar Rp 67 triliun rupiah.

Saat menciptakan teknologi OPC ROTEM.

Idan Ofer mengelontorkan investasi dana sebesar $ 500.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 7 triliun rupiah untuk perusahaan listrik tersebut.  

NEGARA PENGGUNA MESIN OPC ROTEM 
Foto : PLTG (Pembangkit Listrik Tenaga Gas)
OPC Rotem berkantor pusat di Tel Aviv, Israel dan cabang kantor pemasaran di Singapura.

Negara pengguna saat ini yg telah membeli mesin pembangkit tersebut adalah El salvador, Jamaica, Panama, Peru, Republik Dominica, Bolivia, dan Chile. Beberapa negara lain segera menyusul…

Di Israel, pembeli utama listrik yg dihasilkan oleh mesin OPC ROTEM adalah perusahaan BUMN Israel Electric Corporation.  

1 unit OPC ROTEM mampu menyalakan sekitar 360.000 – 400.000 ribu rumah.

10 unit OPC ROTEM mampu menyalakan sekitar 3.600.000 - 4.000.000 juta rumah.

Youtube : Israel OPC ROTEM

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU