Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel AgCormorant : Robot Drone VTOL Penyemprot Sprayer Peptisida udara kelas berat untuk pertanian agrikultur tanaman skala raksasa (2019)


Pertanian dan perkebunan merupakan bisnis yg besar. Jutaan orang dari seluruh dunia bekerja di bidang ini.

Mulai dari petani yang bermodalkan sebuah cangkul, pengusaha kecil yg dilengkapi dengan drone atau tractor pribadi, hingga ke pertanian & perkebunan yg dikendalikan dan dimiliki oleh perusahaan-perusahaan besar (raksasa).

Salah satu tantangan terbesar di bidang pertanian & perkebunan yaitu adanya serangan wabah hama hingga menyebabkan resiko gagal panen apabila tak segera diatasi.   

Pada umumnya untuk mengatasi penyakit yg disebabkan oleh hama. Petani menggunakan peptisida yg disemprotkan melalui sprayer.

Sedangkan petani skala menegah di negara maju sudah menggunakan drone. Sedangkan pertanian & perkebunan skala lahan luas berhektar-hektar yg dimiliki oleh perusahaan-perusahaan besar telah menggunakan pesawat terbang untuk menyiram peptisida.

Foto : Israel Ag-Cormorant
DRONE VTOL PENYEMPROT SPRAYER PEPTISIDA UDARA KELAS BERAT UNTUK PERTANIAN SKALA RAKSASA

Menjadi pilot pesawat penyemprot peptisida di negara maju bukanlah pekerjaan yg baik bagi kesehatan.

Karena paparan zat kimia secara tak sengaja terhirup oleh pilot di udara saat penerbangan.


Saat artikel ini ditulis bagi anda pada tahun 2019. Belum ada drone pertanian dan perkebunan yg sanggup diaplikasikan ke skala luas bagi pemilik perusahaan besar di bidang agricultural.

Di Israel, terdapat drone VTOL penyemprot peptisida. Contoh seperti Agridrones dan Skyx. Namun ukuran bodynya kecil sehingga cocok untuk skala menengah dan kurang efektif apabila diterapkan ke pertanian skala besar.

Youtube : Israel Agridrones

Youtube : Israel Skyx Drone

Bergerak ke masa depan demi memenuhi kebutuhan pangan bagi miliaran orang.

Berbagai macam perusahaan-perusahaan pertanian & perkebunan saat ini membutuhkan produk drone tangguh yg mampu membawa cairan kimia dalam jumlah besar dan terbang lama.

AG-CORMORANT adalah sebuah drone truck udara yg dapat membawa 500 kg cairan bahan kimia, mendarat dan terbang secara vertical. Mampu terbang ke lokasi di dekat pepohonan atau bukit-bukit. Dimana pesawat dan helikopter pertanian tak dapat beroperasi dan tak mampu terbang melintasinya.

Drone pertanian ini siap menyemprot lahan pertanian tanpa membahayakan pilot manusia karena beroperasi tanpa awak.


Kemampuan drone Ag-Cormorant menyesuaikan ketinggian dan kecepatan penerbangan sesuai dengan misi yg dikombinasikan dengan sifat aerodinamis unik memungkinkan penetrasi penyiraman menjadi lebih baik, pengurangan drift, dan tingkat suara bising kecil tanpa mengganggu penduduk desa.

Drone AG-Cormorant diciptakan oleh perusahaan Tactical Robotics yg berkantor pusat di Israel. Tujuan utama menciptakan layanan produk berharga demi memungkinkan pengusaha pertanian & perkebunan mengoptimalkan hasil, meningkatkan perekonomian dan membantu mereka bertumbuh lebih besar.


Pelanggan utama drone Ag-Cormorant berasal dari perusahaan zat kimia pertanian asal China, ADAMA.

Rafi Yoeli dari Tactical Robotics mengatakan :

Ketika ADAMA mendekati kami dengan wawasan tentang potensi besar Ag-Cormorant untuk menjawab kebutuhan paling mendesak di sektor pertanian. Kami sangat terkesan dengan pemikiran maju dan semangat inovatif mereka. Kemampuan unik drone ini menawarkan solusi untuk tantangan diberbagai sektor dan partisipasi ADAMA merupakan kontribusi penting bagi drone Ag-Cormorant kami. Sahutnya.   

Nama produk : Ag-Cormorant

Perusahaan : Tactical Robotics

Kantor pusat : Israel

Wilayah operasional : Israel dan China


Youtube : Israel Ag-Cormorant

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU