Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nvidia akuisisi perusahaan teknologi Israel, Mellanox Manufaktur Chip Super Komputer senilai Rp 97 triliun (2019)


Perusahaan produsen prosessor chip grafis asal Amerika Serikat, NVIDIA. 

Pada tanggal 11 Maret 2019 secara resmi mengakusisi perusahaan teknologi asal Israel, Mellanox seharga $ 6,9 miliar dolar atau sekitar Rp 97 triliun rupiah.

mellanox.jpg (654×445)

HUKUM MOORE

Pertumbuhan konsumsi data, meningkatnya infastruktur jaringan internet, kecepatan laju download upload 5G, merebaknya video HD dengan kualitas gambar tinggi, banyaknya orang menyimpan data cloud, terjualnya smartphone/laptop setiap hari di seluruh penjuru dunia.

Sehingga menciptakan sebuah beban komputasi dan tuntunan intensitas kinerja dalam AI (Artificial Inteligence), komputasi ilmiah, dan analitik data meningkat secara besar-besaran setiap tahunnya.


Disisi lainnya, berdasarkan hukum ‘MOORE LAW’. Perkembangan teknologi CPU menjadi melambat karena berada dipersimpangan kompleksitas yg semakin sulit nan rumit dan berbiaya mahal. NVIDIA bahkan mengatakan hukum Moore telah berakhir.  

Hal ini menyebabkan adopsi teknologi yg ditawarkan oleh MELLANOX merupakan pilihan cerdas untuk menciptakan pusat data masa depan dengan ribuan mesin-mesin super komputer raksasa secara holistic dengan interkoneksi kinerja optimal.

Perusahaan MELLANOX yg berasal dari Israel adalah pemimpin dunia dalam bidang teknologi interkoneksi InfiniBand dengan produk Ethernet berkecepatan tinggi.

Superkomputer terkuat dan tercepat di dunia. yaitu Summit dan Sierra milik dan dioperasikan oleh pemerintah Amerika Serikat. Termasuk komputer milik badan penerbangan antariksa NASA. Beberapa komponen utamanya menggunakan teknologi Mellanox untuk menghasilkan 200.000 triliun kalkulasi per detik (200 petaflop) atau 10x lebih cepat.


Kevin Deierling dari Mellanox mengatakan : 
Hari ini kami benar-benar vendor pembangun terkemuka untuk membangun Superkomputer secara keseluruhan. Kami menghubungkan lebih setengah dari 500 Superkomputer terkuat di dunia.

Menariknya, salah satu mitra terbesar kami adalah NVIDIA. Dan jika anda melihat Superkomputer nomor #1 di dunia saat ini yang dibangun oleh IBM atau disebut Superkomputer Summit.

Bukan hanya Superkomputer nomor #1 tetapi juga Superkomputer Artificial Intelligence (AI) #1 di dunia. Sahutnya. 


Perusahaan internet asal China. Seperti Alibaba, Tencent, dan Baidu termasuk jajaran pengguna setia teknologi elektronik dari Mellanox.

Perusahaan media sosial Facebook.inc yg menjadi wadah bagi Instagram, Whatapps dan FB Messenger merupakan pelanggan utama kartu Chip Mellanox. 

Facebook memasukkannya ke dalam server, cloud dan kotak penyimpanan.


Selain Facebook, raksasa-raksasa teknologi seperti Google Alphabet inc dan Amazon juga pelanggan dari Mellanox.

Pesaing terberat Mellanox adalah Arista, Cisco, Intel, Broadcom dan Finisar.

Terkhusus untuk perusahaan Intel merupakan pesaing terberat Mellanox karena memimpin nomor #1 secara keseluruhan diberbagai pangsa pasar lainnya. Intel memiliki penguasaan dibidang 10Gbps.

Untuk saat ini, pemimpin teknologi adapter Ethernet berkinerja tinggi dan ‘Switching’ dikuasai 69% oleh Mellanox.

Mellanox didirikan pada tahun 1999 oleh Eyal Waldman, Michael Kagan, Evelyn Landman, dan Udi Katz.

Mellanox Memiliki 3.000 karyawan. 2.000 karyawan berada di Israel dan 1.000 karyawan di luar negeri.

Tiap tahun, Mellanox mampu meraup $ 1 miliar dolar atau sekitar Rp 14 triliun dari bisnis ini.

NVIDIA AKUISISI MELLANOX 

Tanggal 11 Maret 2019. NVIDIA berbasis di Amerika Serikat mengumumkan mengakuisisi semua saham yg beredar di Mellanox dari kantor pusatnya di Yokneam, Israel. Seharga $ 6,9 miliar dolar atau sekitar Rp 97 triliun rupiah.

Sebelum proses akuisisi. NVIDIA terlibat persaingan ketat melawan INTEL. Dimana INTEL diketahui turut pula menawar harga untuk akuisisi Mellanox. Pada akhirnya, NVIDIA memenangkan kesepakatan melalui penawaran harga yg lebih besar.

Sebagian besar saham Mellanox dimiliki oleh karyawan-karyawan Mellanox, investor asal Israel Clal Insurance, dan masih banyak lagi investor lainnya.

Foto : Eyal Waldman
Salah satu pendiri Eyal Waldman, memegang 3,6% saham. Artinya beliau menghasilkan $ 250.000.000 juta dolar dari kesepakatan akuisisi ini.

Sebelum mendirikan Mellanox pada tahun 1999.

Jauh hari tahun 1993, Eyal Waldman (umur 59 tahun) pria lulusan sarjana Technion Israel ini pernah mendirikan perusahaan teknologi Semikonduktor Galileo Technology Ltd, kemudian beliau jual akuisisi ke perusahaan Marvell dengan nilai mahar sekitar $ 2,7 miliar dolar pada tahun 2.000 yg lalu.

Mellanox mempunyai arti dari gabungan kata ‘Millennium’ dan ‘Ella’. Millennium memiliki arti kecanggihan tahun-tahun yg baru dan Ella adalah nama mantan istri Eyal Waldman yg telah meninggal dunia.

Jensen Huang, Founder dan CEO NVIDIA mengatakan :


Akuisisi ini segera menyatukan dua perusahaan terkemuka di dunia dalam komputasi kinerja tinggi (HPD). Bersama sama platform komputasi NVIDIA dan interkoneksi Mellanox menguasai lebih dari 250 superkomputer dari total TOP500 dunia dan memiliki pelanggan di setiap penyedia layanan cloud dan pembuat komputer. Sahutnya.

Tujuan utama NVIDIA mengakuisisi MELLANOX adalah untuk menyediakan solusi pusat data skala tinggi generasi masa depan.

Nama : Mellanox Technologies

Kantor pusat : Pindah dari Israel ke Amerika Serikat


Youtube : Amerika Serikat NVIDIA Mellanox

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU