Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Intel dan Samsung Investasi Pendanaan Rp 165 triliun di Startup Israel (2019)


Selama kurun waktu tahun 2018. Intel dan Samsung asal Korea Selatan telah melakukan pendanaan investasi ke berbagai startup Israel.

Apabila di total mencapai $ 11,4 miliar dolar atau sekitar Rp 165 triliun rupiah.

Berikut rincian informasi selengkapnya.


SAMSUNG MENGINVESTASIKAN $ 300 JUTA DOLAR

Samsung melalui anak perusahaan yaitu Samsung Ventura dan Samsung Catalyst. Telah menginvestasikan dana kepada startup-startup Israel dengan total senilai $ 300 juta dolar atau sekitar Rp 4,3 triliun rupiah sepanjang 2018

Data tak termasuk hitungan untuk 2017, 2016 dan 2015.



Tim Samsung mengatakan :

Bukan rahasia lagi, Silikon Valley adalah hotspot teknologi yang sangat besar. Hotspot terbesar berikutnya di dunia adalah Israel.

Mereka memiliki orang-orang yang sangat berpendidikan. Saat mereka masih berada di usia dini mereka sudah meretas komputer, mereka semakin lincah ketika berada di wajib militer, kemudian mereka membangun jaringan, menciptakan bisnis exit, itu kekuatan.

Dengan inovasi mereka, Samsung terus berinvestasi di dunia teknologi di negara ini.

Kami berinvestasi di Israel, kami menemukan Israel, pengusaha entrepreneur terbaik secara global ada di wilayah ini.

Tiap tahun, tim Samsung asal Korea Selatan terus menerus mengunjungi Israel untuk melihat inovasi berikutnya.


Raksasa Samsung electronics yang berpusat di Korea Selatan tersebut telah mendirikan SIRC di Israel.

SIRC atau Samsung R&D Center adalah kantor cabang penelitian & pengembangan riset  memperkerjakan 500 karyawan asal Israel. Kebanyakan pekerja bergelar sarjana S3 professor doktor lulusan Technion.

Kantor Samsung di Israel satu gedung dengan kantor R&D perusahaan raksasa jaringan Oracle dan Cadence.

Pada tahun 2018 yang lalu. Samsung mengakuisisi atau mencaplok perusahaan Israel Corephotonics, pencipta teknologi dual camera zoom 10X senilai Rp 2 triliun, 185 miliar rupiah.

Sedangkan pendanaan investasi selama kurun waktu 2018, Samsung menginvestasikan $ 300 juta dolar tersebut ke daftar portofolio startup Israel seperti :

Audiobrust, Innoviz technologies, Chip Autotalks, Artificial intelligence Allegro, dan Mantis Vision.

INTEL INVESTASI $ 10,880 MILIAR DOLAR DI ISRAEL 
Foto : Salah satu area jajaran gedung Intel di Israel 
Intel Corporation memiliki 3 aktivitas di Israel yaitu R&D, mendanai startup lokal Israel, dan manufaktur.

Teknologi prosesor Intel Core 8 dikembangkan pertama kali di Israel, melibatkan 12.800 karyawan yang dipekerjakan di 5 gedung pabrik Intel di Israel.

Perusahaan Intel berkantor pusat di Amerika Serikat. Membuat, membangun dan merancang prossesor semikonduktor dan chip untuk memasok komponen kepada perusahaan seperti Apple, Dell, Hewlett Packard, dll. Total karyawan Intel mencapai 107.100 orang tersebar di AS dan Israel.

Pada Mei 2018 yang lalu. Intel menginvestasikan sekitar $ 10,880 miliar dolar atau sekitar Rp 157 triliun rupiah untuk menggandakan pabrik manufakturnya di Israel seluas 90 hektar. Beberapa bagian kecil investasi digelontorkan oleh pemerintah Israel demi membantu Intel mendirikan bangunan tersebut.

Diharapkan pembangunan selesai tahun 2027 untuk segera melipatgandakan karyawan, peneliti, insinyur, professor doktor, dan teknisi hingga mencapai 21.000 karyawan yg berkantor pusat di Israel.

Youtube : Israel Intel

Kelak INTEL memperkerjakan 20% karyawan berasal dari Israel. Berdasarkan visi Andrew Groove. Mantan CEO Intel Corporation untuk memindahkan Intel dari Amerika Serikat ke Israel. Andrew meninggal dunia pada 2016 di usia 79 tahun.


Intel juga menginvestasikan $ 180 juta dolar atau sekitar Rp 2,6 triliun rupiah kepada 14 perusahaan startup yang ada di negara Zionis berbintang Daud tersebut selama kurun waktu Januari-Desember 2018. 

Salah satu pendanaan INTEL tersebut diinvestasikan kepada startup Israel Chip Telemetry ProteanTec.

Shoham dari Intel Capital mengatakan :

Intel berinvestasi ke bidang Chip, Server, Dunia Maya, AI, IoT, perangkat lunak, Cloud computing, kendaraan otonom, 5G dan banyak lagi. Saya percaya Israel memiliki inovasi di semua lini bidang ini. Di tahun mendatang, Intel terus memperluas operasi kami di Israel. sahutnya.


Youtube : Israel Intel

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU