Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rusia Tank Kendaraan Lapis Baja AFV Boomerang 8 x 8 (2019)


Rusia berpengalaman tinggi di medan peperangan.

Dari hasil pantauan, lawan Rusia kebanyakan berasal dari kalangan terorist seperti : ISIS (Islamic State), terorist radikal, dan para pemberontak perbatasan yang tak memiliki banyak tank.

Sejak bertahun-tahun. Rusia menggunakan salah satu tank kendaraan tempur dari keluarga BTR untuk menghadapi ancaman. 

Perubahan zaman modern melawan tantangan canggih. Seperti menghadapi pemberontak Ukraina yg dilengkapi persenjataan FGM-148 Javelin, TOW, dan kadang-kadang pasukan AS turut terjun ikut campur secara langsung.

Peralatan tempur canggih milik Amerika Serikat seperti tank M1 Abrams, tank Stryker dan kendaraan mobil lapis baja MRAP, JLTV. Tentu bukan hal yg bisa dianggap remeh oleh Rusia.

Apalagi dari hari ke hari, alustista mematikan buatan Amerika Serikat kian menumpuk semakin banyak di perbatasan Eropa-Rusia.

Upgrate teknologi merupakan sebuah keharusan untuk menjaga kedaulatan Rusia.

BOOMERANG 8 X 8 


Diperkenalkan pertama kali pada tahun 2015. Diciptakan oleh perusahaan plat merah BUMN, Rostec VPK. Ditujukan untuk menggantikan pensiun BTR-80/BTR-82.

Boomerang berpenggerak roda 8 x 8. Digolongkan sebagai Armoured Fighting Vehicle seberat 25 ton.

Chassis baru, ground clearance lebih lebar, tank tampil lebih tinggi dengan V-shaped hull sehingga memberikan jeda sedikit jauh dari ledakan ranjau darat IED agar tak mengancam kursi tempat duduk kru didalamnya.

Boomerang diawaki 3 tentara. Yaitu pengemudi, penembak dan komando. Bagian belakang membawa 8 tentara bersenjata lengkap. Kru dilindungi oleh sistem NBC (anti radiasi nuklir, biologi & kimia). Tentara keluar dari pintu palka bagian belakang bersystem hidrolik elektrik.

Pengemudi memiliki kesadaran situasional 360 derajat melalui layar monitor komputer karena disetiap sisi tank dilengkapi kamera video.

Tersedia jaringan memungkinkan Boomerang berubah menjadi ala robot drone. Sehingga musuh kesulitan membedakan mana tank berawak, mana tank yang tak berawak dan dimanakah dari sekian banyak tank yg menjadi pengendali.

Krasovitsky mengatakan : 
Boomerang adalah terobosan teknik yang memiliki teknologi luar biasa. Termasuk lapis baja kuat dibagian atasnya. Tank ini bisa dioperasikan dari jarak jauh yang berarti pada dasarnya kendaraan ini adalah robot. Sahutnya.

Pertahanan dan Persenjataan BOOMERANG 8 X 8 


Mesin diesel 750 HP dikembangkan oleh Yaroslavl Engine Plant dan transmisi kontrol otomatis serba digital.

Kecepatan melaju hingga 100 km/jam. Tersedia fitur amfibi berkecepatan renang 5 knot (10 km/jam).

Armor lapis baja Boomerang berlapiskan steel, composite/ceramic diklaim ampuh menahan terjangan hantaman amunisi peluru musuh hingga sebesar 12 mm.

Untuk melindungi pertahanan dari serangan rudal-rudal musuh. Tersedia pelontar asap sebagai pengecoh dan sistem APS Afganit yang memanfaatkan radar deteksi memberikan perlindungan maksimal terakhir bagi Boomerang demi mencegah rudal berbahaya seperti Javelin, Tow dan proyektil meriam kinetic. APS melumpuhkan dari jarak 5-200 meter.  

Boomerang dilengkapi 3 senjata yaitu meriam 2A42 30 mm yang mampu melibas musuh dari jarak 2 km. kecepatan lontar meriam tersebut sebanyak 200 peluru per menit. Mampu menghantam infrastruktur bangunan, bunker, tembok, helikopter, drone MALE, mobil tempur, tank, kapal dan pesawat terbang rendah.

Tank Boomerang dilengkapi turret serba otomatis dengan optronic sights canggih sehingga target-target musuh yang lainnya dapat di serang secara bersamaan.

Senapan mesin koaksial PKT 7,62 mm untuk melumpuhkan drone-drone kecil dan menyerang penyebaran pasukan infanteri musuh.


Dikedua sisi menara turret tersedia 4 unit rudal Kornet.

Di jagat militer, siapa sih yang tak mengenal rudal ATGM Kornet.

Kedahsyatannya telah terbukti ampuh Battle Proven ketika digunakan oleh terrorist Hizzbullah untuk menembak Tank MBT kelas berat tercanggih di dunia, Merkava.

Sebanyak 5 Tank Merkava milik Israel. Hancur gosong terbakar selama perang Lebanon 2006 sehingga tak bisa digunakan lagi, sedangkan seluruh kru tentara IDF yang berada didalamnya tewas terpanggang oleh ganasnya ledakan api yg disemburkan oleh rudal Kornet.    

Kornet berpemandu laser. Menembak secara Fire and Forget hingga jarak 8 km.

Kelemahan wadah pengisian ulang reload rudal kornet dilakukan manual dari luar bukan dari internal sehingga rawan dari sergapan SNIPER.

Oleh sebab itu, Boomerang diharuskan mencari lokasi tempat aman apabila rudal telah habis dipakai.  

Ketika menjalankan operasi militer. Boomerang takkan berjalan seorang diri. Boomerang beriringan bersama kawan-kawannya yang terdiri dari gugus kelompok tempur tank MBT T-14 Armata, T-15 Kurganets, Pantshir, Tor, S-400 dan lain-lainnya.  


Foto : T-14 Armata
Foto : T-15 Kurganets
Foto : Pantshir
tor.jpg (598×382)
Foto : Tor
Foto : S-400
Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU