Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 detik Kungfu dikalahkan petarung MMA (2019)

MMA atau Mixed Martial Arts adalah sebuah seni bela diri untuk melumpuhkan lawan dengan mengkombinasikan teknik seperti tendangan, cekikan, tinju, pukulan dan campuran lain sebagainya. 

Pertarungan MMA sebenarnya sudah ada sejak zaman era Yunani, digunakan oleh para Gladiator Romawi untuk membunuh dan melukai lawannya di pertandingan. Termasuk dipraktikkan oleh tentara Romawi dan Yunani untuk membunuh penentang kerajaan.

Tradisi Gladiator dihentikan sejak Kristen Katolik berkembang karena dianggap brutal. 

Namun pada abad ke 19, MMA dihidupkan kembali di Amerika Serikat melalui turnamen Ultimate Fighting Championship (UFC). Orang Amerika Serikat sebenarnya berasal dari orang Eropa juga.

Tetapi dengan perkembangan aturan yang lebih sopan. Gladiator diubah memiliki aturan agar tak sampai membunuh peserta lainnya dan tak boleh menggunakan senjata.

Sedangkan Kungfu atau bisa juga disebut ilmu silat Wushu, Kundao, Taichi, Wing Chun, atau Kuntao merupakan kemampuan bela diri yang diciptakan oleh masyarakat China kuno. 

Kungfu populer sejak legenda sosok 'Bruce Lee' mempopulerkan keahliaannya di berbagai film. 

KUNGFU VS MMA
Foto : Fighter MMA
Apa yang nampak di film-film Kungfu China selama ini ternyata tak seperti bayangan kenyataan semana mestinya. 

Sosok Bruce Lee dan Shaolin yang melegenda dengan kemampuan terbang kedua kaki dan kecepatan kelincahan tangannya ternyata hanyalah mitos dongeng belaka untuk kebutuhan hiburan film entertainment saja.

Foto : Kungfu
Foto : Kung Fu
Foto : Xu Xiaodong, petarung MMA asal China
Di Karamay Xinjiang China, petarung MMA bernama Xu Xiaodong di adu melawan master kungfu We Lei yang tampil berkepala botak.

Hasilnya, We lei kalah telak dalam 10 detik. 

Kepala We Lei berdarah-darah.

Apabila tak dihentikan oleh Juri, We Lei mungkin sudah meninggal dunia oleh petarung MMA, Xu Xiaodong.


Tak berhenti sampai disitu, Xu menantang lebih banyak master Kungfu.

Kali ini melawan Ding Hao yang merupakan keturunan generasi ke 4 dari Bruce Lee. 

Hasilnya, Ding Hao kalah telak. 

Dalam ajang pertarungan, petarung MMA bahkan nampak meremehkan pukulan kungfu Ding Hao seolah-olah dirinya tak mengalami kesakitan. 

Tanpa kepiawaian juri, Ding Hao mungkin sudah meninggal dunia karena berkali-kali terjatuh oleh petarung MMA. Xu xiaodong nampak ingin terus memukul Ding Hao ketika terjatuh namun sang juri profesional dengan sigap melarangnya.


Sejak awal. Petarung MMA bernama Xu Xiaodong bersikap arogan karena menantang semua praktisi seni beladiri kungfu untuk disiarkan di televisi nasional, televisi internasional dan situs berbagi video Youku agar semua orang tahu bahwa kehebatan Kungfu hanya mitos kuno yang sudah tak relevan di abad modern. 

Hasilnya terbukti dengan banyak peserta 'Master Kungfu' kalah telak oleh Xu Xiaodong.

Youtube : Fighter MMA VS Master Kungfu yang dianggap sebagai IP MAN.

Pemerintah China kemudian melarang pertarungan MMA untuk diadu melawan Kungfu karena merusak citra baik dan tradisi kebudayaan China.

KEHEBATAN KUNGFU hanyalah 'MITOS KUNO DI FILM SAJA'.

ISRAEL KRAV MAGA
Foto : Tentara Israel  IDF dengan seni bela diri Krav Maga
Selain MMA dan Kungfu. 

Nun jauh di sana di wilayah padang pasir Timur Tengah, Israel. Terdapat bela diri yang disebut Krav Maga.

Krav Maga terbukti unggul karena diadopsi oleh pasukan pertahanan Israel (IDF) dan pasukan-pasukan lainnya dari berbagai negara. 

Keunggulan Krav Maga terletak pada penyerangan secepat mungkin, penggunaan benda disekitar sebagai alat bantu serang, dan menargetkan bagian tubuh vital, seperti mencucukkan mata dengan 2 jari, mematahkan tenggorokan, mencekik lawan hingga kehabisan nafas, menendang posisi alat reproduksi, mematahkan tangan, melemparkan debu, menyerang menggunakan pisau, dan menggunakan alat disekitar untuk memukul.

Krav Maga kurang cocok dipertarungkan dalam ajang UFC MMA. Karena tujuan teknik utama Krav Maga bukan non-olahraga, tetapi bertujuan untuk membunuh seefektif mungkin. 

Di Indonesia, Krav Maga diadopsi oleh ibu rumah tangga untuk perlindungan diri agar melarikan secepat mungkin. Dengan asumsi jikapun lawan tak memiliki gagasan atau berniat membunuh anda. Karena alasan ini, teknik Krav Maga cocok digunakan. Sedangkan diranah lain Krav Maga didesain dengan sengaja mengakhiri nyawa lawan.


Youtube : Israel Krav Maga

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU