Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Manna : Teknologi Pertanian Presisi Citra Satelit dari Luar Angkasa (2019)


Dari drone pemetik buah, pencipta benih bibit unggul tahan kering, intelijen penyerbukan, sistem robotik hidroponik otomatis, sensor akar, irigasi tetes, dan berbagai inovasi teknologi pertanian terus bermunculan di wilayah Israel yang notabene dulunya Israel memiliki iklim panas, tandus, gersang dan merupakan tempat daerah padang pasir.

70 tahun yang lalu. Israel hidup tertindas, tertekan, dikelilingi oleh berbagai musuh yang menakut-nakuti.

Sumber daya alam terbatas yang tak mendukung, bencana kekeringan, kekurangan pangan.

Inovasi ilmu pengetahuan, riset, penelitian dan teknologi mengubah segalanya.

Kini menjadikan Israel sebagai salah satu pemimpin dunia dalam solusi digital, masalah agronomi, memerangi kelaparan dan meningkatkan gizi masyarakatnya.

Foto : Teknologi Pertanian Israel

Israel menemukan teknologi tinggi yang mendorong revolusi pertanian menggunakan kemampuan kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, data besar, drone, robotik, dll sebagainya.

Kini teknologi pertanian Israel ditawarkan untuk negara lain. Pintu gerbang tembok perbatasan keamanan Israel kini terbuka diakses oleh dunia yang ingin berkerjasama meningkatkan produksi bisnis pertanian. Bukan hanya panen ekspor ratusan ton saja melainkan mencapai jutaan ton.

Lior Konitzki, mengatakan :

Saat ini kita melihat integrasi nyata teknologi ke dalam pertanian. Israel memimpin dunia sebagai salah satu pemain top global. Teknologi Israel relevan di seluruh dunia. Israel membantu mengatasi kelangkaan air di Amerika Serikat atau bahkan membantu pertanian presisi di Belanda. Sahutnya.

MANNA 


Perusahaan Manna berkantor pusat di Israel. Awalnya bernama Agam Advanced Agronomy. Didirikan pada tahun 2001 oleh professor doktor Shay Mey Tal dari Universitas Hebrew, Israel. Kemudian diakusisi oleh perusahaan RIVULIS.

Konsep teknologi mengusung kemampuan mirip seperti satelit pengintai di luar angkasa yang biasanya digunakan oleh militer IDF Israel mendeteksi keberadaan rudal balistik.

Youtube : Satelit Pengintai Israel

Satelit militer ternyata dapat diadopsi sebagai turunan produk lainnya untuk kepentingan sipil. Salah satunya pertanian presisi dari luar angkasa.

Semua petani dari seluruh dunia menghadapi pertanyaan sama…?

Berapa banyak air yang harus dikirim ke setiap tanaman dan kapan waktu yang tepat. Sehingga penerapan keduanya dapat mengoptimalkan kualitas panen tanaman.

Manna menggunakan citra satelit, dimana perangkat lunak dikembangkan untuk memberi petunjuk bagi petani sebuah rekomendasi spesifik katub akurat sistem irigasi.

Eyal Mor mengatakan :

Ada banyak sensor bagus, teknologi canggih tetapi mahal dan membutuhkan instalasi, daya dan pemeliharaan rutin. Manna tidak menyentuh tanah dan petani tidak perlu menginstal apa pun. Sahutnya.

Manna mampu beroperasi di seluruh dunia. Semua tersedia secara digital.


Youtube : Israel Manna

Lanjut mor mengatakan :

Sistem kami telah membantu petani di India yang hanya memiliki luas 1 hektar hingga perkebunan kopi yang sangat besar seluas 500 hektar di Brazil.

Kami melihat ada banyak orang berdatangan dari lebih 40 negara ke Israel karena mereka mulai memahami bahwa ada sesuatu hal terjadi disini. Mereka tidak ingin ketinggalan. Sahutnya.

Youtube : Israel Teknologi Pertanian

Dengan perangkat lunak canggih, Manna berbiaya terjangkau, ramah bagi petani untuk sistem irigasi yang dinamis, memberikan saran spesifik bagi petani, Manna beroperasi di seluruh dunia dimana saja dan kapan saja.

Nama produk : Manna Irrigation Intelligence

Perusahaan : Rivulis

Kantor pusat : Israel

Alamat investasi dan kerjasama bisnis : Manna-irigation.com  


Youtube : Israel Manna

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU