Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Seedo : Teknologi Kebun Vertical Pertanian Berbasis Robotik Kebal Pemanasan Global, Kebal Tandus Kekeringan dan Cocok di Lahan Sempit Perkotaan (2019)


Orang-orang telah berkebun, bertani dan menanam tanaman mereka sendiri selama jutaan tahun yang lalu. Kegiatan ini sudah dimulai sebagai salah satu kebutuhan paling mendasar bagi umat manusia. Yaitu untuk ‘makan’.

Namun akhir-akhir ini harga kebutuhan pangan semakin tinggi akibat harga tanah semakin mahal. Sehingga masyarakat modern yang pengen bercocok tanam sendiri untuk memenuhi kebutuhan perutnya mengalami kesulitan.

Pertanian dan perkebunan kini hanya dapat diakses oleh petani atau pengusaha yang memiliki lahan luas/besar.

Sayangnya, perubahan iklim global warming, suhu pemanasan, musim kering dan ketandusan. Menyebabkan banyak petani gagal memanen hasil pertaniannya akibat cuaca sering berubah-rubah ke tingkat suhu yang lebih panas.

Bagaimana cara mengatasi permasalahan pertanian ini…?

ISRAEL SEEDO

Jika kita membayangkan bahwa menanam di lahan sempit adalah sebuah kemustahilan. Anda pasti salah.

Jika kita berpikir menanam tanaman semakin sulit akibat pemanasan global yang menyebabkan tanaman sering layu. Anda pasti salah.

Teknologi asal Israel memungkinkan anda untuk menumbuhkan hampir semua jenis tanaman di ruangan sesempit apapun bahkan sanggup menanam di gurun tandus.

Termasuk menanam pisang, mangga, kurma, rambutan, durian bahkan kelapa. Tetapi harus diubah dulu genetiknya menjadi pohon ukuran pendek.


Foto : Mangga Pendek
Perkenalkan SEEDO FARM. Teknologi pertanian otomatis berbasis robotik untuk memerangi perubahan iklim global warming.

Perusahaan ini didirikan pertama kali di Israel oleh Zohar Levy, Uri Zeevi, Yaakov Hai, Eli Schanider dan Michael Maman. Semuanya warga Israel.

Michael Maman adalah ahli agrotech pengembang sistem otomatis simulasi hidroponik peningkatan proses pertumbuhan alami tanaman. Berpengalaman 20 tahun. 

Uri Zeevi adalah professor doktor yang ahli dibidang energy surya pertanian.

Yaakov Hai adalah professor doktor agronomi dalam bidang teknologi hidroponik presisi.

Eli Schnaider adalah professor doktor dalam rekayasa plastic, termasuk ahli dibidang die casting aluminium, kompresi silicon dan banyak lagi.

Seedo dibangun dengan modal pendanaan awal sebesar $ 17.500.000 juta dolar atau sekitar Rp 248 miliar rupiah. Teknologi ini telah dikembangkan sejak 1999 saat iterasi pertama dimulai. Sudah saatnya dipasarkan dan diperkenalkan ke seluruh penjuru dunia.


Desember 2018 merupakan tahun pertama produk Seedo Farm di ekspor ke luar negeri setelah sebelumnya hanya digunakan untuk kalangan petani Israel saja.

Hasilnya….,

Ini benar-benar gamechanger kata Levy. Ketika itu kami memahami potensi dari teknologi ini saat diluncurkan. Sahutnya.

Foto : Zohar Levy
Zohar Levy mengatakan : 
Sudah ada banyak permintaan tinggi untuk kotak ini dari berbagai petani. Hasil dari ketidakpastian bahwa perubahan iklim telah mempengaruhi pertanian tradisional. Petani sudah tidak bisa bergantung pada iklim. Musim telah berubah. Dunia perlu memiliki solusi ini untuk perubahan iklim dan solusi mengatasi keterbatasan ruangan untuk membuat anda berjaya terus menerus. Tidak ada orang yang tahu nilai ekonomi industri ini. Semua orang takut untuk memulai. Saya perlu meyakinkan orang bahwa sejarah saya membangun bisnis yang baik. Sahutnya.

Foto : Pertanian Tradisional
1 unit Seedo Farm berharga $ 2.400 atau sekitar Rp 34.000.000- Rp 35.000.000 juta rupiah. Ada baiknya membeli 8 unit sekaligus. Karena 1 robot menghandle 8 kontainer.

Alat setelah dipesan. Dikirim dari Israel atau negara perantara. Alat dibawa menggunakan truk ke depan rumah anda. Kemudian bagian-bagian modular dirakit oleh teknisi berbahasa lokal yang telah dilatih di Israel.  

Lokasi alat disimpan diperkarangan rumah anda di area perkotaan atau dilokasi berukuran seperti lapangan basket. Alat disusun secara vertical ke atas.

Seedo Farm menghemat 90% air, minim kegagalan panen, kebal cuaca terik panas, 100% tanpa peptisida dan mengurangi tenaga kerja karena menggunakan lengan robotik artinya hemat biaya dan efesien.  

Tanaman budidaya cocok seperti kol, sawi, lombok, tomat, bawang, strawberry, rumput, ganja medis, dll

Seedo Farm berbasis data agronomi. Ini sistem pertanian tertutup. Kamera memindai tanaman setiap beberapa jam. Algoritma menganalisis kondisi tanaman dengan foto dan parameter yang tepat.

Bersiaplah untuk tantangan pertanian masa depan. Mulai aja dulu dengan SEEDO FARM.

Nama perusahaan : Seedo

Produk : Seedo Farm

Kantor pusat : Israel

Alamat investasi dan kerjasama bisnis : Seedolab.com


Youtube : Israel Seedo Farm

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU