Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MBDA Uni Eropa persenjatai Tank IFV dengan rudal Brimstone (2019)


Situs globalfirepower mencatat bahwa Rusia memiliki 21.932 unit tank dan 50.049 kendaraan tempur lapis baja.

Sebagai informasi. Hubungan antara Uni Eropa dan Rusia diketahui sejak lama memburuk ketika Rusia masih berstatus sebagai negara Uni Soviet.

Secara face to face, Uni Eropa bukanlah tandingan bagi Rusia hingga saat ini.

Rusia adalah negara yang tak tertandingi bagi Uni Eropa disektor militer. Bahkan ketika era perang dunia II, Nazi ditumbangkan oleh adanya peran beruang merah.

Pada abad modern. Uni Eropa melindungi diri dengan cara meminta jaminan perlindungan dari militer Super Power Amerika Serikat untuk membentengi & menandingi Rusia.

Namun sejak era presiden ‘Donald Trump’ menjabat. Pemerintah AS meminta biaya uang perlindungan lebih banyak kepada Uni Eropa dan peningkatan tarif. Amerika Serikat bahkan mengancam apabila biaya perlindungan tak direalisasikan atau tak dibayarkan lebih banyak. Maka pemerintah AS membiarkan Uni Eropa VS Rusia berperang sendiri tanpa bantuan negeri Paman Sam.

Dimana hasil diatas kertas tentu dapat ditebak. Uni Eropa dipastikan kalah telak melawan invasi Rusia apabila hal tersebut terjadi di masa depan jika tanpa bantuan Amerika Serikat.

Di perbatasan timur Uni Eropa. Rusia telah menempatkan begitu banyak armada tank.

Perusahaan MBDA asal Uni Eropa. Pada MSPO 2019 merilis sebuah tank dengan konfigurasi rudal Brimstone.

Inisiatif ini datang sebagai tanggapan terhadap persyaratan untuk mengimbangi merebaknya formasi lapis baja tank Rusia diperbatasan dan ketakutan jika militer Amerika Serikat benar-benar meninggalkan Uni Eropa.

TANK RUDAL UNI EROPA 

MBDA berkerjasama dengan Polandia PGZ dan Jerman Rheinmentall. Menghadirkan tank dan kendaraan lapis baja berpeluncur launcher rudal Brimstone. 

Brimstone adalah rudal buatan MBDA dapat ditembakkan melalui darat, laut dan udara. Di darat jarak jangkau tembakan Brimstone mencapai hingga 12 – 20 km sebagai penghancur anti-tank.  


Polandia PGZ diinstal di kendaraan pada sasis UMPG, K9, WZM, SA, HSW SA dan Obrum. 

Total sebanyak 4 rudal. 

Sedangkan Rheinmentall diinstal pada sasis tank PUMA. Sebanyak 12 – 22 rudal.



Monks mengatakan :

Pendekatan rudal Brimstone yang fleksibel memberikan pengguna angkatan bersenjata dengan kemampuan 1 rudal banyak platform. Sahutnya.

Brimstone terbukti combat proven digunakan dalam pertempuran di Suriah, Libya dan Afghanistan.

Keunggulan Brimstone sanggup melahap dan membakar tank dari luar jarak pandang sehingga memberikan serangan yang efektif dalam waktu kritis.

Youtube : Uji coba rudal Brimstone di Swedia. Pengujian tes tanpa hulu ledak

Tentang MBDA

MBDA adalah perusahaan raksasa persenjataan dunia bermarkas di Uni Eropa. MBDA memiliki 11.000 karyawan.

MBDA telah memproduksi berbagai macam rudal dari berbagai macam jenis. Seperti Mica, Meteor, Storm Shadow, Exocet, dan banyak lagi. Baik untuk konsumsi pertahanan lokal dalam negeri maupun untuk ekspor ke 90 pelanggan negara internasional.

MBDA masuk kategori top 10 industri militer terbesar di Uni Eropa. Dikerjakan oleh anak-anak lokal bangsa Uni Eropa yang terdiri dari Italia, Jerman, Swedia, Spanyol, Ferancis, dll.

Perusahaan ini sebagian sahamnya dimiliki oleh pemerintah Uni Eropa yang terdiri dari pemerintah Italia, pemerintah Ferancis, pemerintah Spanyol, Kerajaan United Kingdom (Inggris), pemerintah Jerman, dll.

Pemerintah Uni Eropa memberikan tugas kepada MBDA sebagai penyedia, perancang dan memproduksi rudal untuk memenuhi seluruh jajaran kebutuhan masa depan angkatan bersenjata darat, laut dan udara bagi 28 negara anggota Uni Eropa.

Youtube : Uni Eropa MBDA

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU