Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Petarung MMA asal Israel, Aviv Gozali Kalahkan Musuh 11 detik [Rekor Sejarah Baru Dunia] (2019)


MMA atau Mixed Martial Arts adalah sebuah seni bela diri untuk melumpuhkan lawan dengan mengkombinasikan teknik seperti tendangan, cekikan, tinju, pukulan, kungfu dan campuran lain sebagainya. 

Pertarungan MMA sebenarnya sudah ada sejak zaman era Yunani, digunakan oleh para Gladiator Romawi untuk membunuh dan melukai lawannya di pertandingan. Termasuk dipraktikkan oleh tentara Romawi dan Yunani untuk membunuh penentang kerajaan.

Tradisi Gladiator dihentikan sejak Kristen Katolik berkembang karena dianggap brutal. 

Namun pada abad ke 19, MMA dihidupkan kembali di Amerika Serikat melalui turnamen Ultimate Fighting Championship (UFC). Orang Amerika Serikat sebenarnya berasal dari orang Eropa juga.

Tetapi dengan perkembangan aturan yang lebih sopan. Turnamen dirombak memiliki aturan agar tak sampai membunuh peserta lainnya dan tak boleh menggunakan senjata.

AVIV GOZALI 


Hari Sabtu, bulan Agustus 2019 pada Turnamen MMA Bellator. Sebuah sejarah kembali tercatat sebagai salah satu serangan tercepat di dunia.

Ajang ini melibatkan pertarungan antara Aviv Gozali (umur 18 tahun asal Israel) melawan Edward Moravitzky asal negara Belarusia.

Saat pertandingan di mulai, petarung muda asal Israel tersebut berhasil mengalahkan lawan dengan cara yang mudah. Gozali langsung menendang pada bagian kaki, mengincar kaki dengan tangan kemudian memberikan kuncian dan putaran pematah tulang.

Sontak saja, lawan menjerit teriak kesakitan.

Kemudian Edward memukul lantai meminta wasit melerai sebelum kakinya dipatahkan.

Keputusan juri dan wasit menyatakan Aviv Gozali sebagai pemenang. Sekaligus membuka tambahan sejarah baru bagi pertandingan MMA sebagai salah satu rekor tercepat dunia.


Banyak pengamat menilai. Bahwa kemenangan 11 detik Aviv Gozali bukanlah tanpa sebab. Melainkan melalui latihan keras dan teknik unik baru.

Dari nampak video di jejaring sosial,  Gozali bersama ayahnya, Haim Gozali telah menyiapkan, melatih, berlatih, berlatih dan berlatih di belakang layar.

Robin Black, Pakar MMA DAZN mengatakan :

Itu semua karena teknik. Sahutnya.

PETARUNG INI MEMECAHKAN REKOR 3 DETIK

Catatan Bellator Gozali asal Israel memang memukau banyak orang.

Namun hal ini belum sanggup memecahkan rekor dunia milik petarung kelas berat, Jorge Masvidal asal Amerika Serikat.

Catatan Jorge Masvidal pria setinggi 180 cm tersebut sanggup menorengkan kemenangan KO 3 detik.

Itu sulit tertandingi sejauh ini.


Saat pertandingan di mulai, Jorge Masvidal menunggu instruksi wasit untuk memulai. Begitu beraksi, Masvidal lari ke hadapan lawannya kemudian menerjang dengan lutut. Lalu secara naluri memukul wajahnya dengan pukulan tangan.

Hingga akhirnya wasit melarang, melerai dan menghentikannya.

Masvidal kemudian mengejek lawannya sedang tertidur pulas. (pingsan tak sadarkan diri)



KEMENANGAN AVIV GOZALI

Kemenangan Aviv Gozali asal Israel membuka mata banyak orang. Khususnya penggemar MMA. Walaupun belum dapat menandingi kemenangan Jorge Masvidal asal Amerika Serikat.

Patut diberikan aspresiasi untuk sebuah negara kecil di Israel dengan jumlah populasi petarung yang sedikit. Namun memiliki petarung-pertarung fighter handal mumpuni dan mampu menelurkan rekor sebagai salah satu petarung cepat 11 detik di dunia.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU