Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi kaki bengkak mengeras menghitam karena tidur tertekuk, duduk terlalu lama dan malger (2019)


Ada banyak hal penyebab mengapa ‘kaki menjadi bengkak’. Contoh seperti karena terjatuh, karena terluka, karena gagal ginjal, pengaruh obat-obatan, diabetes, penyakit jantung, penyakit hepatitis B/C, penyakit getah bening, penyakit hipertensi, penyakit stroke, penyakit hati, penyakit asam urat, penyakit varises, penyakit kaki gajah, peradangan, dll.

Informasi mendetail jika mengalami masalah kaki bengkak. Mohon konsultasi kepada dokter terdekat di tempat anda untuk mendapatkan informasi terpercaya dan pengobatan pencegahannya ya.

Tolong tak melakukan pengobatan sendiri tanpa seizing dokter.

Nah, artikel hari ini kita membahas tentang permasalahan kaki bengkak karena tidur tertekuk, duduk terlalu lama dan malger.

Penyebab Kaki Bengkak

Salah satu penyebab mengapa kaki menjadi bengkak yaitu karena tidur lama dalam posisi lutut tertekuk.

Hal ini sering melanda seseorang dimana memiliki tempat tidur atau rumah/kamar sempit sehingga harus menekukkan kaki saat tertidur.

Kondisi ini menyebabkan sirkulasi peredaran darah menjadi terhambat sehingga tertumpuk beredar tak normal atau tertumpuk dikaki.

Penyebab lainnya karena duduk terlalu lama di depan laptop, televisi atau di kantor.

Ketika seseorang duduk terlalu lama, maka paha tertekan di kursi menekan sendi-sendi. Akibatnya darah dan cairan tubuh yang berada di kaki tak sanggup lagi memompa ke atas jantung.

Beberapa penyebab lainnya karena malger (malas gerak).

Kondisi kaki bengkak biasanya sering terjadi dikantor. Dimana segala makanan, minuman dan keperluaan lainnya telah disediakan oleh pihak kantor dari office boy atau jasa pengiriman GoJek/Grab.

Beberapa penyebab lainnya karena mengendarai mobil perjalanan jarak jauh dan duduk di penerbangan pesawat terbang selama berjam-jam.


Ciri Ciri Kaki Bengkak 

Kaki bengkak diciri-cirikan dengan pergelangan kaki nampak berwarna agak hitam kusam dibandingkan kulit tangan, adanya terlihat tanda kulit kaki seperti mengelupas putih, jika disentuh nampak terasa kulit mengeras. 

Beberapa kondisi terlihat membengkak dan tak sedap dipandang. 

Cara mengatasi kaki bengkak mengeras menghitam karena tidur tertekuk, duduk terlalu lama, dan malger


Untuk mengatasi kaki bengkak karena tidur tertekuk. Yaitu dengan cara memperbesar ukuran ruangan kamar anda agar kaki saat tidur berjam-jam tak lagi tertekuk.

Sedangkan untuk pegawai/karyawan/ASN kantor yang biasanya kerja di depan laptop dari jam 7 pagi – 4 sore. Termasuk untuk kalangan sopir, pilot, pebisnis online, gamer, developer programming, dll dimana aktivitas memang mengharuskan anda duduk selama berjam-jam. 

Hingga saat ini belum diketahui bagaimana cara mujarab mencegah saat pekerjaan memang mewajibkan tuntunan duduk berjam-jam.

Satu-satunya cara ampuh yaitu dengan meninggalkan lifestyle pekerjaan kantor dan mengganti jenis pekerjaan baru dengan aktivitas fisik tinggi. Seperti petani, peternak, binaragawan, tentara, tukang, dll.

Cobalah gunakan waktu minimal 1 jam setiap hari untuk jogging atau berlari agar peredaran darah kaki menjadi lancar.

Kaki bengkak ngga boleh dianggap sepele.

Karena gumpalan darah tak lancar dikaki dapat meningkatkan resiko komplikasi serius berbahaya seperti penyakit jantung.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU