Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Bela Diri Militer Tangan Kosong Paling Mematikan di Dunia (2019)


Militer mengajarkan keterampilan untuk menggunakan senjata.

Namun kadang kala bentuk-bentuk tradisional tetap dibutuhkan seperti bela diri tangan kosong dalam pertarungan jarak dekat seperti berkelahi secara face to face.

Berikut 5 bela diri militer tangan kosong angkatan bersenjata paling mematikan di dunia.


1]. MACP 23px-Flag_of_the_United_States.svg.webp (23×12)

Asal : Amerika Serikat

Pernahkah anda menonton tayangan televisi olahraga MMA.

MMA dan MACP dapat dikatakan mirip-mirip.

Konsep bela diri pertarungan MACP (Modern Army Combatives Program) yaitu dengan cara membanting, mencekik leher, menendang, meninju, kombinasi jiu-jitsu, kombinasi taekwondo,  kombinasi smack down, mengunci lawan dengan kaki, mengulat, memutar kepala lawan, dll sebagainya.


Youtube : Amerika Serikat MACP

100% teknik MACP yang digunakan oleh pasukan Amerika Serikat memang mirip seperti tayangan olahraga televisi MMA yang kita tonton sehari-hari.

Hanya saja dalam situasi real fligt atau dalam kondisi pertarungan dimedan perang. Pasukan AS menggunakan teknik tersebut dengan menaklukkan lawan hingga benar-benar tewas. Karena tak ada lagi wasit. 

2]. Systema  

Asal : Rusia


Youtube : Rusia Systema

Systema adalah pertahanan diri jarak dekat dari Rusia bagi tentara-tentara Rusia (Spetsnaz) untuk melawan musuh dengan melumpuhkannya menggunakan pukulan sangat keras.

Ini melibatkan fisik tubuh dan kekuatan tinju hantaman ke titik terlemah lawan.

Dimana semakin keras pukulannya dan semakin besar tubuh orang tersebut maka peluang menang terbuka lebar.

Pada umumnya, rata-rata orang Rusia bertubuh besar & tinggi badan kira-kira mencapai 180 cm. Maka bela diri Systema memang cocok diadaptasi dan didesain bagi karakter orang-orang Rusia yang memiliki ciri-ciri otot tubuh besar, kekar & kuat.

Sifat khas Systema yaitu sama sekali tak memerlukan banyak gaya-gayaan aktraksi lincah ini itu atau akrobatik ini itu.

Teknik Systema Langsung lumpuhkan lawan secara to the point.

Tanpa perlu banyak ngomong,

Tanpa perlu basa basi. 

Oh iya, Bukan berarti Systema merupakan bela diri tangan kosong.

Dalam situasi terkendali. Systema tetap menggunakan senjata seperti pistol, pisau & senjata lainnya.

Tentara-tentara Rusia dikenal memang sulit lepas dari adanya penggunaan senjata yang melingkupinya bahkan disaat pertarungan jarak dekat. Oleh sebab itu mengapa Rusia mahir sebagai produsen teknologi senjata global. 

3]. Pencak Silat PSHT 23px-Flag_of_Indonesia.svg.webp (23×15)
  
Asal : Indonesia 


Youtube : Indonesia Pencak Silat PSHT






Nampaknya ngga usah dibahas ya. Karena semua orang Indonesia tentunya udah dong mengetahui tentang seni bela asal Indonesia ini.

Dari awal pendirian hingga detik ini. Tentara Nasional Indonesia tetap mempertahankan dan melestarikan pencak silat yang merupakan bagian integral dari ketahanan nasional.

Pencak silat PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate) digunakan pula oleh TNI.

Sesungguhnya ada banyak aliran pencak silat di Indonesia. Yaitu PSHT, Perisai putih, tapak suci, Kelatnas, MP merpati putih, dll.

4]. Kungfu 23px-Flag_of_the_People%27s_Republic_of_China.svg.webp (23×15)

Asal : China 


Youtube : China Kungfu


Kungfu adalah ilmu bela diri asal China yang menggunakan tenaga dalam entah menggunakan tangan kosong ataupun senjata berupa tongkat, pedang, tombak, senjata lainnya untuk mempertahankan diri dan menyerang musuh.

5]. KRAV MAGA 21px-Flag_of_Israel.svg.webp (21×15)

Asal : Israel 


Youtube : Israel Krav Maga


Krav Maga adalah serangan berkecepatan sangat tinggi dan berkemampuan sangat lincah dengan teknik brutal.

Diciptakan pertama kali untuk pasukan khusus IDF Israel.  

Dalam situasi apapun. Sesungguhnya Krav Maga tetap menggunakan alat bantu senjata yang terdekat. Entah itu batu, pasir, tongkat, kaca, kursi, besi, gelas, piring, rantai, pisau dan apa saja yang dapat dijadikan sebagai persenjataan darurat.   

Teknik Krav Maga dikenal brutal dengan mencocokkan jari ke mata lawan hingga buta, menendang bagian vital reproduksi manusia, melemparkan pasir, memutarkan leher, mencekik, mematahkan tangan, mematahkan kaki lawan, merebut senjata lawan dan menargetkan bagian-bagian tubuh lemah lawan seperti tenggorakan, selangkangan, dll. 

Krav Maga didesain untuk membunuh dengan kecepatan tinggi dan seefektif mungkin. Sedangkan diranah sipil, Krav Maga didesain untuk melindungi warga sipil.

Di dunia internasional. Krav Maga telah banyak digunakan oleh berbagai kalangan militer. Seperti Korea Selatan, Brazil, Amerika Serikat, bahkan hingga Indonesia untuk melindungi diri terutama perempuan dan warga sipil dari tindak pelaku kejahatan.






Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU