Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Rudal Kapal Perang Buatan Israel (2019)


Sejak tahun 2014. Pemerintah Israel tak lagi memutuskan untuk membeli atau mengimpor persenjataan rudal asal Amerika Serikat.

Sebagai gantinya, semua rudal untuk senjata lini kapal perang angkatan laut Israel telah diproduksi secara lokal di dalam negeri.

Sedangkan rudal produksi Amerika Serikat di masa pembelian lampau tetap digunakan hingga masa pensiun tiba pada puluhan tahun ke depan. Seperti rudal Harpoon.

Berikut rangkuman 6 rudal buatan Israel yang diinstal pada kapal perang miliknya.


1]. Gabriel5

Rudal Gabriel5 dikembangkan pertama kali pada tahun 2008 untuk menggantikan rudal Gabriel generasi ke 4.

Gabriel5 adalah rudal buatan Israel untuk dimaksudkan menggantikan rudal Harpoon milik Amerika Serikat yang berdinas diangkatan laut Israel pada beberapa dekade ke depan.

Rudal+gabriel+Israel.jpg (745×497)
Foto : Gabriel5
Kemampuan Gabriel generasi ke 5 unggul dalam hal pencari radar aktif dan kontrol untuk membasmi kapal perang musuh. Sistem pertahanan elektronik ECCM nya mampu menghindari dan membalas gangguan gangguan sinyal serangan palsu yang kompleks di medan perang seperti jamming, chaff, decoy dan countermeasures lainnya.

Gabriel5 dibangun 100% menggunakan komponen gabungan perusahaan-perusahaan teknologi militer Israel. Bahkan termasuk mesin jet engine. Diciptakan oleh Bet Shemesh asal Israel.

Berkecepatan 800 km/jam. Dengan teknik serangan Sea Skimming dan jarak tembak 200 km.


2]. Barak8


Barak dalam bahasa Ibrani artinya petir. Dirancang untuk mempertahankan dan melindungi terhadap semua serangan objek udara. Seperti pesawat tempur, rudal, roket, rudal antikapal, drone, rudal jelajah, helikopter, dll.

Israel secara resmi telah mengkonfirmasikan rudal barak generasi ER Extended Range yang mampu melibas serangan udara musuh dari jarak 150 km dengan kecepatan tinggi 2.400 km/jam. (2 mach).  

3]. C-Dome (Iron Dome Laut)



Cdome adalah Iron Dome versi laut. Diinstal khusus untuk kapal perang. Sejatinya Cdome memang Iron Dome.



Cdome diluncurkan melalui tabung VLS (Vertical Launching System). Cdome berkecepatan 2.333 km/jam, membentuk gelembung perisai dari serangan udara hingga jarak 70 km.

Cdome beroperasi meluncur otomatis. Apabila rudal barak8 pada bagian tier lapisan 1 gagal melakukan interception (pencegatan).

4]. Extra


Extra adalah roket yang mampu menerjang target hingga jarak 150 km.

Senjata ini sesungguhnya berbasis darat tak resmi diinstal pada kapal perang.

Namun apabila Extra menggunakan sistem peluncur Trigon. Extra difungsikan sebagai roket penghancur kapal perang, tank dan infrastruktur musuh yang berada di dekat bibir pantai.

5]. Lora


LORA adalah long range attack rudal ballistik dengan kemampuan tembak 400 kilometer dengan tingkat kesalahan CEP 10 meter.

LORA berfungsi untuk menghancurkan kapal perang musuh dan infrastruktur musuh yang berada di dekat pinggir pantai.

LORA dapat diluncurkan melalui truck militer di darat dan di laut.

Ketika ditembakkan LORA terbang menuju ke dekat orbit luar angkasa kemudian menukik dengan kecepatan tinggi melalui perpaduan gravitasi sehingga sulit banget dicegat.

6]. Spike NLOS


Spike NLOS memiliki EO-IR / CCD Seeker dengan laser semi active (SAL).

Rudal fire and forget ini memiliki daya hulu ledak tinggi untuk menghancurkan & membakar kapal perang dari jarak dekat 25 km.  

SPIKE sejatinya merupakan rudal panggul.

Namun versi SPIKE NLOS tak dapat dipanggul karena ukuran terlalu berat untuk seorang tentara manusia. Iya, kecuali tipe orang seperti Ade Rai, Rambo Sylvester Stallone, Arnold Schwarzenegger atau The Rock Dwayne Johnson saja yang sanggup menggotongnya.

Untuk kapal patroli. Tersedia versi SPIKE ringan.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU