Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Alasan Pertumbuhan Kristen Protestan Pentakosta Kharismatik Cepat Pesat dan Kristen Evangelist Menurun Drastis Semakin Sepi (2020)

Buat teman-teman beragama Kristen Protestan Evangelist. Pernahkah bertanya-tanya…?

Mengapa tiap hari ruangan gereja kita semakin nampak sepi. Bangku kursi semakin kosong, ngga seperti dulu lagi. Kini di dominasi oleh kalangan tua. Sedangkan anak muda banyak menghilang.

Usut punya usut.

Ternyata banyak orang dari Kristen Protestan Evangelist pindah ke denominasi gereja lain. Yaitu menuju ke gereja Kristen Protestan Pentakosta Kharismatik.

Sebuah laporan data dari gereja Evangelist menunjjukkan bahwa :

Jumlah pemeluk Evangelist pada tahun 2011 mencapai 285.450.000 juta orang.

Pada tahun 2019. Evangelist dilaporkan menurun menjadi 183.000.000 juta orang atau sekitar 2% dari total penduduk dunia.

Hanya dalam waktu 1 dekade. Pemeluk Evangelist berkurang 102.450.000 juta orang.

Kemanakah mereka menghilang….?

Salah satunya yaitu keluarga saya diketahui pindah ke Kristen Protestan Pentakosta Kharismatik dan memang banyak orang pindah ke gereja tersebut dan ada juga keluarga saya yang pindah ke agama Islam.

Sekedar pengen mencari tahu.

Mengapa pertumbuhan kristen protestan pentakosta kharismatik cepat pesat sekali ya.



Sebagai tambahan informasi.

Secara garis besar. Jumlah pemeluk kristen terbesar di Indonesia dibedakan menjadi 2.

Yaitu : Kristen Katolik dan Kristen Protestan.

Seperti yang kamu tahu. Kristen Protestan sesungguhnya lebih rumit dibandingkan Katolik.

Tak seperti Katolik bersifat UNIVERSAL (SATU).

Maka protestan terbagi-bagi lagi memiliki 33.000 denominasi di seluruh dunia.

Baca juga :


Di Indonesia Protestan terbanyak adalah dari aliran Kharismatik/Pentakosta. Jumlah pemeluk mencapai lebih dari 24.000.000 juta orang. Ada pula denominasi lain yaitu Calvinisme (reformed) yang menganut pemahaman Tritunggal. Kemudian aliran Baptist, Advent, Saksi Yehuwa, dan ada pula pemeluk Evangelist mencapai lebih dari 1.094.000 juta orang pemeluk di Indonesia. (Salah satunya penulis artikel ini dari denominasi Kristen Protestan Evangelist).

Sedikit sejarah pentakosta. 

Kristen Protestan Pentakosta pertama kali muncul pada tahun 1906 diawali dengan kebangunan kepenuhan roh kudus di Amerika Serikat oleh seorang pendeta William J Seymour.



(Gerakan Pentakosta muncul sekitar 114 tahun yang lalu. Kemudian diikuti oleh gerakan Kharismatik sebagai fase ke 2. Pada tahun 1960).

Berikut temuan yang dapat saya pahami. Mengapa Pentakosta/Kharismatik bertumbuh cepat dalam 10 tahun terakhir membesar merebut batas-batasan 33.000 denominasi yang lain hingga semakin berkurang, mengecil dan beberapa aliran lainnya mulai musnah karena pindah ke Pentakosta/Kharismatik.

Pada tahun 2020. Diperkirakan jumlah pemeluk Kristen Protestan Pentakosta/Kharismatik di seluruh dunia berjumlah lebih dari 600.000.000 juta orang.

1]. Door to Door.

Door to Door artinya pintu ke pintu. Orang-orang dari Kharismatik/Pentakosta biasanya aktif menginjil masuk dari satu rumah ke rumah lain. Awalnya nampak seperti pertemanan, berbicara seperti biasanya, bicara bisnis, bicara keluarga, bicara hiburan, ngobrol bareng, dan lain-lain sebagainya. Namun pada akhirnya mereka ingin mengajak.

2]. Aktif membentuk rekrutmen dan mengajak anak muda.

Dulu, ketika saya masih muda. Saya pernah diajak seorang pendeta untuk bergabung dalam komunitas gereja yang berisikan ratusan anak-anak muda kristen. Nampaknya, gereja pentakosta/kharismatik memiliki program sejenis rekrutmen anak muda. Suatu program yang tak dimiliki oleh gereja Kristen protestan Evangelist. Alasan tersebut dapat memberikan pemahaman mengapa banyak anak muda di Evangelist menghilang. Sedangkan Pentakosta/Kharismatik bertumbuh. Padahal anak muda adalah generasi regenerasi penerus.

3]. Pendeta boleh berkhotbah di gereja walaupun tanpa gelar pendidikan teologi.
Gereja.jpg (749×500)

Seperti yang kita tahu. Untuk menjadi pendeta di Evangelist membutuhkan waktu, prosedur rumit, seleksi ketat, persyaratan ketat dan pendidikan kuliah dalam waktu lama untuk mendapatkan gelar sarjana.

Itu tak terjadi di Pentakosta/Kharismatik.

Siapa saja sesungguhnya dapat mendirikan gereja indenpenden dan siapa saja dapat menjadi pendeta apabila dipenuhi oleh roh kudus, dapat berbahasa lidah roh, pandai, mendapatkan penglihatan mimpi dan dapat mendengarkan suara Tuhan (bisikan Tuhan). Kadang-kadang, seseorang yang berkharisma dapat diangkat menjadi pendeta oleh gereja walaupun tanpa gelar sarjana pendidikan.

Ini menjadi faktor mengapa pertumbuhan gereja Pentakosta/Kharismatik bertumbuh pesat. Seseorang dapat membangun gereja bahkan tanpa bangunan fisik atau hanya menggunakan rumah kontrakan atau toko sebagai tempat ibadah.

4]. Memberi.

Orang Kharismatik/Pentakosta senang memberi dan berbagi kepada sesama. Entah dalam bentuk makanan, hadiah, barang maupun uang.

Penulis pernah diberikan uang sebesar Rp 200.000 ribu. Secara free, gratis tanpa imbalan apapun oleh orang-orang Kharismatik/Pentakosta.

Jiwa mereka begitu mulia, baik hati dan senang memberi.

Sehingga menimbulkan kesan kepada penulis. Apa yang melatar belakangi tujuan mereka. Sehingga rasanya pengen bergereja yang sama seperti mereka.  

5]. Sifat Kekeluargaan.

Gereja Evangelist nampak kaku, introvert dan pendiam.

Orang-orang Evangelist ke gereja hanya datang, duduk, diam, mendengarkan firman Tuhan yang disampaikan oleh pendeta. Kemudian pulang.

Hal ini nampaknya bertolak belakang dengan gereja Kharismatik/Pentakosta dengan sifat kekeluargaan mereka yang begitu erat.

6]. Sukacita, Canda Tawa dan Kegembiraan.



Di gereja Kharismatik/Pentakosta. Kamu diajak untuk menari, melompat-lompat riang, penuh kegirangan, bertepuk tangan, dance, dll. Emosi ini membuat orang menjadi sukacita. Ketika mereka pulang dari gereja.

Hal ini sama sekali tak ada di gereja Evangelist.

7]. Pendeta Fleksibel Melalui Pengalaman Spritual di Kehidupan Sehari-hari.

Salah satu perbedaan paling mencolok antara Evangelist dan Kharismatik/Pentakosta adalah pengalaman spiritual.

Pendeta Kharismatik/Pentakosta dikenal fleksibel, mengikuti zaman dan uptodate ke masa terkini.

Berbeda dengan pendeta Evangelist terlihat kaku dan khotbah terlihat membosankan. Karena hanya Alkitab saja terus terusan yang dikabarkan.

Sedangkan pendeta Kharismatik/Pentaksta begitu fleksibel maksudnya yaitu pendeta dapat menggabungkan antara pengalaman spiritual ke kehidupan sehari-hari dan kehidupan banyak orang.

Contoh :

Terjatuh dari jurang tetapi masih selamat.

Sembuh dari penyakit kanker.

Mendengarkan bisikan suara Tuhan Yesus Kristus.

Melihat dan bertemu dengan malaikat face to face.

Beban hidup utang menumpuk secara tiba-tiba lunas.

Melihat bentuk surga di alam mimpi.  

Terlepas dari kejaran beruang di hutan yang pekat.

Ketika Alkitab dan Kesaksian Pengalaman Spiritual digabungkan ke masa terkini dan terhubung ke beban masyarakat. Seperti sakit penyakit, kemiskinan, kelaparan, perpecahan rumah tangga, berkat, perceraian, peperangan, antikristus, tanda 666, dll.

Maka, jemaat mudah mencerna.

Sesuatu hal yang tak ada di Evangelist.

8]. Praise & Worship Menarik Seperti Entertainment.

Gereja mewah, suara sound system bergema spektakuler, layar multimedia lebar, dan didukung teknik pencahayaan lightining yang indah.

Praise & Worship Kristen pentakosta/kharismatik biasanya dapat berlangsung selama berjam-jam.

Ini takkan mungkin kita dapatkan di gereja Evangelist.

9]. Melodi iringan khotbah.

Di gereja Evangelist. Ketika pendeta khotbah nampak membosankan. Jemaat kadang-kadang ngantuk. Bahkan ada pula tertidur karena bosan.

Perbedaan nampak mencolok. Berbeda dengan gereja denominasi Kharismatik/Pentakosta. Ketika pendeta berkhotbah diiringi oleh alunan melodi. Seperti gitar, band, seruling, biola, piano, dll.  

Sehingga emosi jemaat menjadi terharu akibat melodi pengiring tersebut. Khotbah pendeta tak terlihat membosankan. Bahkan jemaat menjadi berapi-api, terharu, menangis dan mengalami pertobatan massal.

10]. Acara Event besar (KKR)

Gereja Evangelist tak pernah sekalipun mengadakan acara KKR.

KKR adalah kegiatan ibadah untuk kebaktian kebangunan rohani yang diselenggarakan oleh gereja untuk memperbaharui kerohanian dan iman melalui pertobatan massal, kesembuhan dan mujizat.

Pada umumnya, KKR dilaksanakan dengan promosi iklan yang gencar. Mengundang banyak artis penyanyi rohani dalam skala besar untuk konser mewah. Didukung oleh luas lapangan event acara yang besar pula sehingga menarik mengundang banyak jemaat dari aliran lain untuk datang mengenal gereja Pentakosta/Kharismatik.

11]. Aktif di media sosial & internet dengan ribuan & jutaan follower

Pendeta Kharistmatik/Pentakosta pada umumnya berkharisma, berwibawa, mereka aktif di media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, Tiktok, dll.

12]. Roh kudus

Ketika orang bertanya, mengapa pertumbuhan Kristen Pentakosta/Kharismatik begitu pesat, mewah, megah dan lebih besar dibandingkan denominasi Kristen protestan lainnya.

Jawabannya yaitu karena pekerjaan roh kudus. Seperti baptisan roh kudus, api roh kudus, bahasa roh kudus, pencurahan roh kudus dan anugerah roh kudus (Holy Spirit).

Penekanan ajaib, kuasa Tuhan Yesus Kristus berkerja melalui roh adalah ciri khas dari Pentakosta/Kharismatik dibandingkan gereja-gereja lainnya.

Jika kita menonton di Youtube. Pendeta Kharismatik/Pentakosta seperti Benny Hinn, Philip mantofa, dll. Dapat berkuasa dengan kuasa roh sehingga menjatuhkan banyak orang.  

Sehingga orang-orang Kharismatik/Pentakosta. Dikenal memiliki kuasa roh lebih besar di dalam kehidupan sehari-hari. Ini merupakan penyebab utama mengapa gereja bertumbuh cepat dan lebih besar dibandingkan aliran Kristen lainnya akibat kepenuhan roh kudus.


Youtube : Gereja Pentakosta/Kharismatik

## Tentang Kristen Protestan Evangelist ##

Kristen protestan evangelist adalah salah satu cabang dari denominasi Kristen protestan.

Evangelist secara eksklusif artinya menjadi Kristen. Kelahiran kembali dan percaya bahwa Yesus adalah Tuhan Kristus Mesias. Evangelist menitikberatkan firman Alkitab, pertobatan, penginjilan dan keselamatan oleh kasih karunia hanya melalui iman di dalam YESUS KRISTUS dalam trinitas tritunggal. (Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus).

Penganut terbesar Evangelist ada di Amerika Serikat dan tersebar di seluruh penjuru dunia.

Pendeta paling terkenal di Evangelist adalah Bill Graham.

Evangelist diikuti oleh jumlah pemeluk sebanyak 183.000.000 juta orang di seluruh dunia dan di Indonesia mencapai 1.094.000 juta orang.

Youtube : Gereja Evangelist

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU