Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Industri Tank Merkava Israel Kini 2x Lebih Besar Kalahkan Perusahaan Tank Leopard Jerman dan Tank Leclerc Ferancis (2020).


Belum pernah terjadi sebelumnya. 

Pada tahun 2020. Perusahaan teknologi militer Elbit System asal Israel yang menjadi manufaktur tank MBT Merkava. Sekarang menjadi perusahaan sukses jauh lebih besar bahkan lebih besar 2x lipat melebihi dari KNDS asal Uni Eropa.

Sejarah industri Tank Legendaris Tiger Jerman kini dikalahkan oleh Merkava.
Foto : Tank Merkava, Israel
Masih ingat dibenak kita tentang sejarah menakutkan tank Tiger asal Jerman yang digunakan pada tahun 1942 oleh tentara NAZI. Hitler, di peperangan perang dunia ke II.

Flashback pada masa lalu. Industri tank buatan Jerman yang kini bernama Uni Eropa. Di zamannya memang merepotkan bagi 2 negara musuh bebuyutnya kala itu. Yaitu Amerika Serikat dan Uni Soviet (Sekarang Uni Soviet bernama Rusia).

Sejarah adalah sejarah.

Sejarah tentu berbeda dengan masa kini.

Sekarang industri militer Amerika Serikat dan Rusia sejak lama telah mengalahkan industri militer Jerman.

Namun, kejadian cukup bikin miris adalah negara kecil Israel, kini pun pada tahun 2020 telah sukses menyalip, melampaui bahkan mengalahkan industri tank Jerman dari segi bidang alustista darat.

Bagi teman-teman yang belum mengetahui.

Tank MBT utama Jerman di abad modern bertajuk dengan nama ‘TANK LEOPARD.



Leopard diproduksi oleh perusahaan KNDS.

KNDS turut pula memproduksi “TANK LECLERC”.

Jadi, Leopard dan Leclerc yang telah menjadi tank utama untuk angkatan bersenjata Jerman dan Ferancis. Sebenarnya diproduksi oleh perusahaan yang sama asal Uni Eropa. Yaitu KNDS.

KNDS berkantor pusat di Belanda, pabrik berada di Ferancis & Jerman. 

Belanda, Ferancis, Jerman adalah 1 negara Uni Eropa. Saham dimiliki sebagian beberapa oleh pemerintah Ferancis dan orang-orang Jerman.

Leopard diciptakan pada tahun 1965.

Ketimbang Leclerc. Leopard nampaknya menjadi tank andalan resmi bagi banyak negara-negara EU. Yaitu Denmark, Finlandia, Polandia, Portugal, Spanyol, Swedia, Austria, dll.

Sejak 1965. Leopard telah diproduksi sekitar 11.000 unit.

Sebagai perbandingan. Tank asal Israel, Merkava telah diproduksi sekitar 5.000 unit sejak 1970. Tank Merkava eksekutif hanya untuk IDF Israel saja tak diperjualbelikan untuk kerahasiaan teknologi. 

300 unit tambahan tank Merkava segera diproduksi massal hingga tahun 2030.

Merkava diciptakan oleh perusahaan IMI System, Sekarang bernama Elbit System. 50% saham dikuasai oleh pemerintah Israel.

Menurut SIPRI.

KNDS berada di posisi peringkat rangking 55 sebagai perusahaan militer terbesar dunia.

Sedangkan Elbit System asal Israel berada di posisi peringkat rangking 29 dunia.

Dari segi pendapatan dan jumlah karyawan. KNDS asal Uni Eropa memperkerjakan 9.000 orang. Sedangkan Elbit System asal Israel memperkerjakan 22.500 orang. Artinya, Israel 2x lipat lebih besar.

Pada tahun 2019 saja. Elbit System meraup pendapatan kotor sebesar $ 4 miliar dolar atau Rp 64 triliun rupiah pertahun. Sedangkan KNDS terpaut kalah jauh dari segi ekonomi tersebut.

Tank EMBT
Youtube : Tank EMBT

Uni Eropa tentu takkan tinggal diam melihat kekalahannya. Tank project baru bernama EMBT sedang dikembangkan untuk menggantikan Leopard dan Leclerc.

KNDS bukan perusahaan sendiri memproduksi tank di Uni Eropa.

Adapula, Rheinmetall dengan jumlah karyawan 26.000 orang. Rheinmetall bertanggung jawab memproduksi meriam 120 mm smoothbore L/44 untuk Leopard.

Disisi lain ada perusahaan Czechoslovak asal Ceko menciptakan tank Ascod. Rheinmetall asal Jerman menciptakan tank Puma, perusahaan Patria asal Finlandia menciptakan tank patria AMV dan perusahaan Johncockerill menciptakan turret tank.

Secara garis besar, Czechoslovak, Rheinmetall, Patria dan Johncockerill. Apabila digabungkan hanya menciptakan produk tank roda dengan kaliber kecil bukan MBT. Tak seperti industri KNDS bertanggung jawab sepenuhnya untuk tank kelas berat utama bagi Uni Eropa.

Industri militer memegang peranan dalam ketahanan, kekuatan & kedaulatan sebuah negara.

Pada hakikatnya, Pada tahun 2020. Dominasi industri tank Uni Eropa sudah tertinggal oleh Israel. Penyebabnya karena industri militer di Uni Eropa saling bersaing satu dengan yang lainnya walaupun sesama negeri, sering ngga pernah akur, kebijakan antara politik & industri sering tak selaras, dan Uni Eropa bermasalah dengan military complex industry yang menjadi titik kelemahan paling krusial. 

Sedangkan di Israel sangat solid. Tak ada permasalahan military industrial complex seperti yang dialami oleh Uni Eropa. Itulah penyebab mengapa Israel cepat maju sedangkan Uni Eropa makin mundur. 

Namun, tentu saja, Israel belum dapat mengalahkan dominasi industri militer Uni Eropa secara keseluruhan dibidang pesawat tempur, helikopter, kapal perang, kapal selam, dll.

Industri China dan Rusia juga begitu besar. Orang-orang China, orang-orang Rusia sangat solid seperti orang-orang Yahudi. Itu pula yang menyebabkan militer China dan Rusia lebih maju mengalahkan Uni Eropa.

Sedangkan di Amerika Serikat. 

Sebut saja, industri tank Abram milik Amerika Serikat masih menjadi yang paling tangguh. Sulit untuk menandingi perusahaan-perusahaan teknologi militer asal negara presiden Donald Trump. 

AS secara keseluruhan memperkerjakan hampir 800.000 ribu orang di perusahaan senjata menurut data Statiska dan industri ROSTEC pencipta tank kelas berat T-14 Armata asal Rusia memperkerjakan hampir 500.000 ribu orang.

Amerika Serikat, Rusia dan China adalah kelas berat militer.

Menarik, untuk disimak.

Bagaimana langkah Israel selanjutnya mendominasi peralatan teknologi militer internasional. 

Elbit System bukan satu-satunya industri senjata di Israel. Di negeri Zionist Yahudi terdapat 200 perusahaan senjata yang memperkerjakan secara keseluruhan 100.000 orang.


Youtube : Israel Elbit System

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU