Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel ExTeams : Aplikasi Data Besar Berbasis Cloud Untuk Melawan Pandemik Covid-19 Demi Menyelamatkan Lebih Banyak Nyawa (2020)


Penyebaran virus Corona terus meningkat dari hari ke hari. Pada saat artikel ini ditulis kepada anda di hari Kamis, 14 Mei 2020.

Sebanyak 4.425.639 orang telah terinfeksi Covid-19 dan menewaskan korban lebih dari 297.000 orang hanya dalam waktu 5 bulan sejak virus ditemukan pertama kali di kota Wuhan, China.

Israel adalah pemimpin kesehatan peringkat #1 dunia dalam survei negara paling aman, paling inovatif dan paling kredibel dalam mengatasi menanggulangi wabah virus Corona untuk meminimalkan korban kematian.  

Bagaimana cara orang-orang Yahudi ?

Salah satu teknologi yang digunakan oleh negara kaum Yahudi tersebut adalah ExTeams.

Israel Exteams : 

Melawan virus Covid-19 membutuhkan kemampuan upaya kebersamaan, tim medis yang solid dan jaringan keterbukaan komunikasi medis realtime bersama dari antar desa ke desa, daerah ke daerah hingga kota ke kota.

Sudah tak etis melihat adanya persaingan antara satu rumah sakit swasta dengan rumah sakit lainnya.

Covid-19 memaksa semua pihak medis saling bersatu atau apabila pedoman ini dilanggar maka terus melihat jumlah korban jatuh lebih banyak berguguran apabila ngga ada keterhubungan.

Pandemik Covid-19 menyebabkan tantangan luar biasa peningkatan jumlah pasien yang terus berdatangan membludak dari hari ke hari karena sakit akibat penularan virus corona yang masih belum dapat diatasi sekalipun menggunakan lockdown ataupun social distancing. 

Hal ini memperparah tekanan pada tim medis, kesibukan luar biasa, kekurangan pasokan, kebingungan staff petugas medis dan jumlah tempat tidur pasien semakin banyak sehingga menimbulkan kebisingan dan tantangan operasional yang menantang akibat jumlah pasien yang terus menerus berdatangan.

Ditambah oleh tekanan pasien dari berbagai penyakit lainnya seperti jantung, stroke, hipertensi, kanker, dll. Walhasil, terjadilah krisis penumpukan pasien di rumah sakit.

Tim medis dipastikan kelelahan dan takkan sanggup menghadapi Covid-19 apabila hanya menggandalkan metode manajemen tradisional.

Sebuah jawaban efektif dan inovatif melawan pertempuran virus Corona yaitu dengan menggunakan implementasi komunikasi kontrol teknologi komando yang efesien bernama ExTeams.


Exteams adalah aplikasi berbasis cloud seluler yang dapat diinstal pada ponsel layanan kesehatan atau smartphone untuk mengelola pusat control commando terpadu dalam mengatur, menghubung dan mengkoordinasi seluruh tim medis dari satu lokasi ke lokasi lain, dari satu rumah sakit ke rumah sakit lainnya dalam waktu operasi respon real time.

Pemprosesan data & dokumen medis dapat dilakukan via perintah suara tanpa mengetik.

ExTeams menyediakan komunikasi data, voice, & video.

Semua informasi dikirim secara enkripsi untuk menjaga keamanan dari pembobolan cyber.   



Sistem komunikasi canggih Exteams yang efesien memberikan kemudahan menggunakan teknologi cloud & aplikasi untuk menyelamatkan lebih banyak nyawa.

Kegagalan & keberhasilan pertempuran Covid-19 berada di tangan tim medis dalam upaya mereka menerapkan manajemen, & kontrol yang canggih.

Tetapi itu semua takkan tercapai maksimal apabila komunikasi buruk, pertentangan & perselisihan terus terjadi dikalangan internal rumah sakit dan pemerintahan.

Kecanggihan teknologi Exteams dapat membantu.

Namun faktor manusia dari tim medis menjadi garda terdepan penentu dalam menyelamatkan lebih banyak nyawa.


Youtube : Israel Exteams

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU