Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Astroscale : Perusahaan Pembaharuan dan Perlindungan Luar Angkasa dari Sampah Space Debris (2020)


Space debris atau puing puing luar angkasa merupakan problem yang dapat mengancam kehidupan modern.

Pada tahun 1957. Satelit pertama SPUTNIK1 buatan Uni Soviet diluncurkan (sekarang Uni Soviet bernama Rusia).

Pada tahun 2020. Diperkirakan telah ada sebanyak 9.000 satelit berada di luar angkasa. Sebagian besar satelit mengorbit di ketinggian antara 800 – 2.000 km dari atas bumi.

Belum termasuk roket dan benda benda komponen buangan yang dibuang di luar angkasa. Termasuk buangan satelit yang telah memasuki usia pensiun.

Diperkirakan ada sekitar 34.000 Space debris berukuran sekitar > 10 cm.

Sedangkan sampah space debris berukuran kecil 1 cm diperkirakan ada sekitar 130.000.000 juta.

Setiap sampah space debris dapat terbang dengan kecepatan tinggi hingga 28.100 km/jam.

Nah, apa jadinya apabila benda secepat ini menabrak sebuah satelit.

Astroscale 

Astroscale adalah perusahaan teknologi asal Amerika Serikat.

Astrosclae menawarkan sebuah teknologi inovatif melindungi, menyapu dan menghilangkan space debris yang mengancam satelit anda.  

Sama seperti manusia mencemari lautan, sungai dan daratan dengan aneka macam banyak sampah. Hal yang sama terjadi pula di luar angkasa. Dimana perusahaan terkait membuang sisa sisa komponen di luar angkasa sehingga menciptakan pencemaran angkasa.

Sampah di luar angkasa dikenal begitu mengancam.

Sebanyak 500 satelit sejauh ini telah menjadi korban kerusakan oleh tabrakan.

Ledakan tabrakan menciptakan fragmentasi serpihan puing puing lanjutan yang lebih kecil berserakan sehingga menimbulkan ancaman berbahaya untuk peluncuran satelit di masa depan.

Padahal. Setiap hari ada miliaran orang di seluruh dunia membutuhkan kinerja satelit. Seperti menghidupkan internet, menonton televisi, menjalankan aktivitas pelayaran lautan, mengirim transfer uang antar bank, memitigasi bencana alam, memantau perubahan iklim, mengelola pemetaan pertanian, mengirim pesan komunikasi, bahkan memberikan infromasi mata mata untuk keamanan nasional sebuah negara melalui satelit mata mata.

Astroscale diciptakan untuk hadir demi memastikan bahwa satelit anda aman hingga generasi berikutnya dari tabrakan space debris.



Perusahaan Astroscale didirikan oleh seorang warga imigran keturunan Jepang, Nobu Okada di Amerika Serikat. 

Beliau berkerjasama dengan warga Israel, Aryeh Halzband yang dikenal sebagai seorang pengembang teknologi luar angkasa untuk program GEO kompleks, drone antariksa, geosinkron dan pembaharuan satelit.



Astroscale berkantor pusat di Amerika Serikat.

Namun memiliki cabang di Israel, Singapura dan United Kingdom (Inggris).

Kantor di Israel digunakan untuk pusat penelitian & riset (R&D). Sedangkan di cabang negara lain sebagai integrasi rantai pasok dan pembangunan pabrik bahan baku.



Helzband dari Israel mengatakan :

Tim kami terdiri dari insinyur muda berbakat. Kami telah merintis layanan luar angkasa selama bertahun tahun. Kami akan terus bekerja di Israel dan melanjutkan pengembangan teknologi di bawah perusahaan baru dan berbagi informasi dengan Astrosclae tentang visi dan strategi bagaimana platform dapat menjadi solusi untuk satelit komersial dan pemerintah. Perusahaan Astroscale menerapkan pendekatan dan pengalaman Israel dalam memproduksi satelit kecil, berkinerja tinggi dan murah. Memungkinkan solusi ini diterima oleh pelanggan sebagai respons yang sesuai dengan kebutuhan. Sahutnya.


Terima kasih. Semoga bermanfaat. GBU