Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 jenis tanaman paling dibudidayakan dan diproduksi oleh petani dunia (2020)

Bumi kian hari semakin padat dengan bertambahnya jumlah populasi penduduk.
 
Saat artikel ini ditulis buat teman teman ya.
 
Ada kira kira sebanyak 7.800.000.000 miliar mulut haruslah diberikan makan setiap hari oleh para petani dan peternak.
 
Perubahan iklim, pemanasan global warming dan kelangkaan air menciptakan tantangan dalam hal membudidayakan tanaman.
 
Ngga semua lahan di bumi ini subur untuk ditanami.
 
33% wilayah bumi mengalami ketandusan, gersang dan kekeringan sehingga ngga dapat ditanami dengan tanaman. Kecuali negara Israel yg mampu menyulap lahan tandus padang pasir menjadi hutan buatan menggunakan teknologi canggih.

 
Sedangkan sebanyak 40% wilayah daratan bumi digunakan untuk pertanian dan perternakan. Sisanya berupa kawasan industri, perumahan, real estate, infrastruktur milik pemerintah, hutan lindung, kantor, jalan raya dan tanah kosong yang belum digarap oleh pemiliknya.
 
Oh ya, lima tahun ke depan (2025).
 
Jumlah penduduk manusia makin membludak ke angka lebih dari 8.000.000.000 miliar orang. Artinya persaingan merebutkan sumber daya makanan bakalan makin ketat.
 
Pada tahun 2020 saja. Ada kira kira sebanyak 2.800.000.000 miliar orang mengalami malnutrisi atau kelaparan. Kadang kadang mereka ngga makan apapun selama 1-2 hari karena ngga punya uang untuk membeli makanan.
 
Hanya 40% penduduk bumi sanggup membeli makanan dengan dompet mereka yang tebal.
 
Sektor pertanian diketahui hanya menyumbang sebagian kecil saja sekitar 6,4% persen dari total kontribusi ekonomi dunia terhadap GDP. Tetapi itu menjadi sebuah hal penting titik utama kehidupan manusia.
 
Pandemik virus Covid-19 Corona. Membuktikan sektor pertanian, perikanan dan perternakan adalah jantung inti kehidupan.
 
Walaupun begitu, sektor pertanian kurang menarik dari sisi bisnis investasi. Karena hasil arus keuntungan uangnya kecil. Anak generasi millennial banyak memilih untuk bekerja disektor jasa. 
 
Kunci sukses di bisnis pertanian, perternakan dan perikanan di zaman now (2020). Minimal salah satunya haruslah memiliki lahan seluas 1 hektar. Tak boleh kurang. Jika tanpa syarat tersebut bakalan menyulitkan bagi banyak anak muda untuk berkarir di bidang pertanian. 
 
China adalah negara produksi pertanian tanaman terbesar di dunia (19%), disusul oleh pesaingnya dari Amerika Serikat yang dimana dikenal memiliki teknologi pertanian canggih, Lalu peringkat ke 2 ada negara Brazil dengan kekayaan hasil sumber daya alam hutan Amazon, Kemudian disusul oleh India dengan produk terkenalnya berupa bawang bombay dan peringkat ke 5 diduduki oleh negara beruang merah Rusia dengan wilayah luas lahan pertanian dan kehutanan yang tak tertandingi.
 
Sektor jasa dan perdagangan masih menjadi pekerjaan primadona unggulan bagi banyak orang di seluruh dunia dengan menyumbang hingga 63%. Lalu disusul oleh sektor industri sebesar 30%.
 
Untuk menciptakan makanan. Maka dibutuhkan usaha pekerjaan berupa pertanian.
 
Berikut adalah 7 jenis tanaman yang paling dibudidayakan oleh petani dunia.
 
7 jenis tanaman paling dibudidayakan dan diproduksi oleh petani dunia (2020)

 
Tiap negara punya ciri khas makanan bervariasi dengan aneka bermacam macam nama resep.
 
Tetapi sebenarnya hampir semua bahan dasar penopang dari makanan kita adalah sama. Yaitu berasal dari tanaman.
 
Berikut merupakan sebuah informasi sederhana tentang 7 tanaman paling banyak dimakan, dibudidayakan, diproduksi dan dijual beli.
 
1]. Jagung

 
Jagung merupakan makanan pokok sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral bagi banyak orang dan tentu saja digunakan sebagai pakan hewan ternak.
 
Dibandingkan dengan singkong. Dimana usia panen singkong membutuhkan waktu lama hingga 6 bulan. Jagung hanya membutuhkan waktu 3 bulan saja untuk masa panen.
 
Jagung dapat tumbuh subur diberbagai lokasi di Indonesia.
 
Dalam 1 hektar. Potensi jagung dengan klasifikasi bibit Bonanza F1 cap panah merah dapat mencapai 18 ton atau 18.000 ton.

Amerika Serikat adalah negara pengekspor jagung terbesar di dunia dengan kemampuan teknologi pertanian modern yang tak tertandingi. Hasil produk jagung milik AS dijual ke berbagai penjuru dunia. 
 
2]. Gandum

 
3]. Beras

 
4]. Kentang

 
5]. Singkong

 
6]. Kedelai

 

7]. Ubi jalar

 
Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU