Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Statistik Agama Terbesar di Uni Eropa (2020)

 Jumlah penduduk Uni Eropa sebelum BREXIT berkisar di angka lebih dari 513.000.000 juta orang. Kumpulan negara benua biru tersebut memiliki agama beragam.


Agama Kristen merupakan mayoritas terbesar di Uni Eropa.

Kemudian disusul oleh pemeluk keyakinan Atheis.

Berikut angka statistik agama di Uni Eropa berdasarkan laporan data lembaga dari Eurostats Eurobarometer.



NB Data diambil pada tahun 2018. Termasuk Inggris / United Kingdom (UK). (sebelum brexit).

1]. Kristen Katolik

Jumlah pemeluk di Uni Eropa : 228.000.000 juta orang. (44,5%)



Kristen Katolik adalah agama tertua di ajaran Kristen dan agama terbesar di Kristen. Berasal dari kata Katolikos yang berarti secara keseluruhan, universal atau gabungan untuk sebutan bagi seantero dunia Kristen di penjuru bumi yang beriman kepada Tuhan Yesus Kristus tanpa pandang denominasi.

Katolik berlandaskan tafsiran magisterium berpusat di Roma, Vatikan. 1]. Kitab Suci, 2]. Tradisi suci seperti tanda salib. 3]. Magisterium dan Katekismus. Jadi, Katolik ngga boleh sembarangan menafsirkan Alkitab karena terdapat otoritas berwenang yang dipimpin oleh Paus Benediktus.

2]. Atheis
Jumlah pemeluk di Uni Eropa : 134.900.000 juta orang. (26.3%)

saya+seorang+ateis.jpg (749×532)

Atheis adalah orang yang tak mengakui TUHAN, tak percaya surga, tak percaya neraka, dan menolak beragama.

Berdasarkan persentase atheis terus meningkat dari hati ke hari. Peningkatan terjadi terus menerus tanpa ada menunjjukkan penurunan sedikitpun.

Orang atheis di Uni Eropa pada umumnya masih mempercayai hal hal supranatural. Seperti hantu, roh iblis dan rasi bintang zodiak. Disebut juga dengan orang Agnostik. Agnostik pada hakekatnya menuju ke Atheis. Ada pula atheis yang tak percaya hal hal tahayul.

3]. Kristen Protestan & Lainnya

Jumlah pemeluk di Uni Eropa : 76.437.000 juta orang. (14.9%)

Kristen.jpg (741×418)

Uni Eropa memiliki agama Kristen lainnya yang beragam. Yaitu Anglikan, Kristen protestan Calvinisme reformed, Kristen protestan Lutheran, Kristen protestan pentakosta/kharismatik, Kristen protestan Baptist, saksi Yehuwa, Methodist, Kristen protestan advents, Kristen protestan evangelist, dll.

4]. Kristen Ortodoks

Jumlah pemeluk di Uni Eropa : 52.300.000 juta orang. (10.2%)

Kristen+Ortodoks.jpg (663×382)

Kristen Ortodoks adalah agama yang berpegang pada Alkitab tanpa kritik. Mengakui Yesus memiliki sifat sebagai TUHAN dan MANUSIA. Mengakui Yesus sebagai TUHAN, BAPA dan ROH KUDUS sebagai pelindung manusia dari dosa (Tritunggal).

5]. Islam

Jumlah pemeluk di Uni Eropa : 10.770.000 juta orang. (2.1%)



Uni Eropa berkali-kali mendapatkan tekanan pemboman dan penembakan dari terrorist yang mengatasnamakan Islam. 

Seperti pemboman kereta madrid 2004 yang menewaskan 193 orang, pemboman London yang menewaskan 56 orang dan menyebabkan 784 orang terluka. Penembakan dan bom bunuh diri di Paris menewaskan 129 orang dan 352 orang terluka.

Dan masih banyak lagi...

Semua pelaku pemboman dan penembakan mengaku menerapkan Jihad mengatasnamakan Islam.

Walaupun pernah beberapa kali mendapatkan tragedi mematikan yang menewaskan banyak korban.

Tetapi di Uni Eropa. Mayoritas orang benua biru memandang baik tentang Islam. Terutama umat Kristen Katolik EU memandang positif tentang Islam. Pemerintah Uni Eropa juga tak melarang dan tak mempersulit umat Islam mendirikan masjid.  

Tak seperti rekannya di Amerika Serikat yang kebanyakan memandang Islam secara negatif.

Walaupun agama ini tercoreng oleh perbuatan terrorist yang mengatasnamakan Islam. 

Islam merupakan agama yang terus bertumbuh pesat di Uni Eropa. Dulunya, Muslim di EU hanya ada 300.000 ribu orang saja. Namun secara mengejutkan meningkat pesat cepat sekali menjadi 10.770.000 juta orang.

6]. Agama Tradisional & Lainnya.

Jumlah pemeluk di Uni Eropa : 2.700.000 juta orang. (1,4 %)



Beberapa penduduk Uni Eropa masih memeluk agama kepercayaan tradisional penyembah dewa dewi & pagan. Seperti heathenism, Rodnovery, Romuva, Druidry, dll. Namun agama kuno tersebut pemeluknya terus menurun tiap tahun.

7]. Yahudi

Jumlah pemeluk di Uni Eropa : 1.026.000 juta orang. (0.2%)



Yahudi adalah agama tertua di dunia. Untuk memeluk agama ini tak boleh sembarangan orang, karena harus memiliki DNA dan darah dari keturunan suku Yahudi.

6.000.000 orang Yahudi pernah tewas dibunuh oleh NAZI, Hitler, Jerman.

Kini menyisakan sekitar 1 juta orang Yahudi di Uni Eropa.

Sedangkan beberapa Yahudi yang lainnya telah pulang kampung ke Israel.

Pemerintah Israel berjanji segera memulangkan sisa seluruh dari 1.026.000 juta orang Yahudi yang tertinggal di Uni Eropa untuk kembali pulang ke negara asalnya.

Orang Yahudi Zionist di Uni Eropa telah di data di Israel. Namun perpindahan penduduk membutuhkan waktu bertahun tahun sesembari menunggu pembangunan infrastruktur pemukiman, apartemen, gedung, sekolah, rel kereta, jalan raya, sawah, kebun, dll sebagainya.

Ditambah dengan adanya beban jumlah kelahiran baru menuntut percepatan pembangunan menjadikan program Aliyah membutuhkan waktu yang sangat lama.

Pemerintah Israel berjanji tak ada 1 pun warga Yahudi Zionist ditinggalkan di Uni Eropa dan di seluruh dunia semua orang-orang beragama Yahudi segera dipulangkan ke kampung halamannya di Israel. Agar dapat dekat di otoritas perlindungan pasukan pertahanan IDF (Israel Defense Force). 

Sedangkan Yahudi Ortodoks/Haredi. Ditinggalkan di Uni Eropa tanpa dipulangkan. Mereka tak mendapatkan izin tiket karena menolak & memusuhi negara Israel. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU