Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Elbit System akuisisi industri Sparton Sonobouy pendeteksi kapal selam dan peperangan sensor elektronik underwater bawah air senilai $ 380 juta dolar atau Rp 5 triliun (2020)

Elbit System, perusahaan teknologi militer asal Israel.
 
Kembali melakukan sebuah akuisisi kepada perusahaan industri militer persenjataan yang dianggap sebagai pabrikan milter tertua di Amerika Serikat sejak perang world war I.
 
Pada tanggal 23 Desember 2020.
 
Elbit System asal Israel mengumumkan telah membeli dan menandatangani persetujuaan transaksi dengan nilai mahar senilai $ 380.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 5,3 triliun rupiah (kurs Rp 14.200).
 
Pembeliaan Sparton merupakan langkah konsisten Elbit System secara tenang dalam menghadapi persaingan ketat di ranah militer untuk memperkuat kemampuan dan memungkinkan perluasaan aktivitas bisnis ke sektor arena peperangan angkatan laut dalam menambah portofolio produk teknologi sehingga kelak bermanfaat bagi pelanggan internasional.

 
TENTANG SPARTON
 
Sparton, didirikan pada tahun 1900. 4 tahun sebelum perang pertempuran dunia ke I di mulai hingga menjadi saksi perang dunia ke II.
 
Berkantor pusat di San diego, florida, Amerika Serikat. Ini merupakan perusahaan militer swasta tertua di Amerika Serikat. Mengkhususkan diri dalam memasok sistem transmisi sinyal, perangkat sensor bawah air dan sistem sonar aktif pasif pendeteksi kapal selam atau disebut sebagai produk sonobouy.
 
Total perangkat sonobouy milik Sparton telah terjual sebanyak lebih dari 10 juta unit.

Youtube : Amerika Serikat Sparton

Di abad modern.
 
Sparton mampu meningkatkan jumlah produksi dan menjual sebanyak 200.000 unit sonobouy setiap tahun ke Amerika Serikat dan negara negara internasional lainnya dalam peran sebagai sensor perang anti kapal selam.
 
Di Amerika Serikat. Perusahaan Sparton menjadi pemasok terbesar untuk angkatan laut US NAVY.
 
Sonobouy mendeteksi dan mengirimkan audio bawah dan sensor akustik elektromekanis meliputi AN / SSQ-62F, AN / SSQ – 53G, AN / SSQ 36B dan AN / SSQ- 101B. Sonobuoy kemudian mendeteksi, melacak, mencari dan menemukan lokasi kapal selam musuh. Entah itu dipesisir atau di laut dalam dengan cara memantulkan sonar ‘PING’. Informasi lalu dikirimkan dan secara aktif mengaktifkan serangan berupa tembakan torpedo atau bom laut lainnya.
 

MENAMBAH PORTOFOLIO PRODUK ELBIT SYSTEM
 
Di Israel. Elbit System tak sendirian mengembangkan produk teknologi ASW untuk deteksi bawah laut. Produk seperti Pointshield, Aquashield, Blacfish, dan Seashield buatan perusahaan teknologi DSIT asal Israel. Telah menjadi perisai perbatasan bawah laut dan menjaga kedaulatan sebuah negara dari serangan torpedo, penyelam pasukan khusus amfibi, kapal selam musuh dan penyeludup narkoba bawah laut.

 
Namun produk sistem sonar tersebut bersifat permanen dalam membentuk benteng bawah laut. Berbeda fungsi dengan Sonobouy yang mampu bertindak mobile dibawa kemana mana saja oleh pesawat seperti P-8 Poseidon, pesawat multimission maritime aircraft MMA dan helikopter lainnya.
 
Elbit System turut pula mengembangkan sensor bawah laut. 
 
Seperti yang dapat anda lihat pada video youtube dibawah ini. Meliputi robot torsic yang tepatnya mirip seperti torpedo tanpa awak dalam melakukan survei dan deteksi bentuk mencurigakan dibawah laut seperti ranjau. Ada pula kendaraan bawah laut ROV remotely operated vehicle milik portofolio Elbit System.
 
Akuisisi Sparton ditujukan terutama untuk terus menambah kemampuan Israel di sektor laut dalam mengintegrasikan ke robot kapal tanpa awak Seagull buatan Elbit System.

Tujuan lain yaitu sebagai strategi menjangkau teknologi angkatan laut militer lebih banyak dengan skenario menuntut interoperabilitas kekuatan dan pendekatan net centric ke seluruh armada angkatan laut bersama sama saling terintegrasi. Menawarkan sistem bersama dalam satu manajemen perusahaan sebagai pengganda kekuatan dan pada ujungnya secara dramatis menghemat biaya keuangan bagi pelanggan sehingga Elbit System terus bersaing di kancah global dalam menghadapi persaingan sengit.
 
Elbit System adalah perusahaan senjata publik swasta dimana 50% saham di kuasai oleh pemerintah Israel.
 
Menurut SIPRI. Pada tahun 2019. Elbit System mampu meraup $ 4 miliar dolar atau sekitar Rp 58 triliun rupiah dari penjualan senjata.
 
Pada tahun 2024. Elbit System berencana segera pindah ke lahan seluas 1800 hektar di padang pasir Negev untuk mendukung perluasaan bisnis dan pengembangan portofolio teknologi militer berikutnya.
 
Elbit System memiliki 23.000 karyawan. 

Baca juga :

Nama perusahaan : Elbit System

Kantor pusat : Israel

Kantor cabang : Amerika Serikat, United Kingdom (Inggris), Jerman (Uni Eropa), Australia dan Brazil.

Alamat investasi : Elbitsystems.com

Youtube : Kapal robot ASW atau MCM mines countermeasure Seagull buatan Elbit System, Israel
 
Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU