Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lockheed Martin akuisisi Aerojet Rocketdyne senilai $ 4,4 miliar dolar atau sekitar Rp 62 triliun rupiah. Boeing dan Raytheon Technology merasa kecewa (2020)

Persaingan diranah industri militer semakin sengit.
 
Perusahaan industri teknologi militer raksasa asal Amerika Serikat, Lockheed Martin.
 
Pada tanggal 20 Desember 2020.
 
Lockheed Martin telah mengumumkan mengakuisisi perusahaan Aerojet Rocketdyne dengan nilai mahar kesepakatan sebesar $ 4,4 miliar dolar atau sekitar Rp 62 triliun rupiah.
 
Pembayaran dilakukan secara tunai dan saham.
 
Dilansir dari JPmorgan chase & go. Perusahaan pesaing seperti Raytheon Technology dan Boeing merasa kecewa terhadap kesepakaan tersebut. Karena itu artinya tantangan persaingan semakin berat melawan rival sesama negaranya . 
 
Walaupun di era pandemik Covid-19. Virus Corona yang banyak menghantam unsur sendi sendi kehidupan. Sama sekali tak berpengaruh cukup berarti bagi Lockheed Martin.
 
Karena militer selalu membutuhkan senjata.
 
Selalu saja ada kebutuhan pembeliaan persenjataan dalam jumlah besar dari kontraktor pertahanan untuk berdagang jual beli alat alat alustista pembunuh. Bahkan pada situasi Covid-19 tak menghentikan aksi tersebut. Sebagai bukti tingkat penjualan Lockheed martin dan harga saham naik 1,5 kali lipat. 

 
Program luar angkasa Lockheed Martin
 
Hanya ada sedikit negara ahli dalam program teknologi peluncuran roket luar angkasa.
 
Meliputi India, China dengan industri CASIC, Israel dengan industri Israel Aerospace Industry, Jepang dengan Mitsubishi, Rusia dengan Rostec, Korea selatan dengan Korea Aerospace dan Uni Eropa dengan Airbus.
 
Sedangkan di Amerika Serikat.
 
Ada 4 perusahaan pemain berkecimpung di bidang program luar angkasa. Yaitu :
 
1]. Space Exploration Technologies SpaceX milik Elon Musk.
 
2]. Blue Origin milik Jeff Bezos, Founder Amazon. Orang terkaya #1 di dunia pada tahun 2020.
 
3]. Northrop Grumman.
 
4]. Lockheed Martin. 

 
Akuisisi Aerojet Rocketdyne yang direncanakan oleh Lockheed Martin. Di nilai oleh banyak pengamat analisis untuk menantang pesaing dari SpaceX, Blue Origin dan Northrop Grumman.
 
Menurut Sipri. Lockheed Martin adalah perusahaan swasta terbesar dan terkaya #1 di dunia di bidang militer dengan pendapatan kotor senilai $ 56 miliar dolar atau sekitar Rp 823 triliun rupiah pertahun.

Youtube : Aerojet rocketdyne
 
Setelah akuisisi.
 
Brand Aerojet akan ditutup atau dimatikan secara perlahan.
 
Tetapi perusahaan Aerojet tetap aktif bekerja seperti biasa.
 
Tim transisi segera dibentuk mempercepat membawa bakat, keahlian, hak paten dan sumber daya untuk diintegrasikan ke database Lockheed Martin. Sekaligus menyatukan pembukuan akuntasi finansial dan keuntungan strategis lainnya agar lebih efesien meraup banyak untung di masa depan.

 
James Taiclet, CEO Lockheed Martin mengatakan :
 
Transaksi akuisisi ini meningkatkan dukungan bagi Lockheed Martin terhadap misi keamanan Amerika Serikat dan sekutu serta mempertahankan kepemimpinan nasional di bidang luar angkasa dan teknologi hipersonik. Kami berharap dapat menyambut tim berbakat dan memperluas kemampuan posisi Lockheed Martin sebagai penyedia solusi peperangan abad modern ke 21. Sahutnya.
 
Aerojet Rocketdyne berkantor pusat di Amerika Serikat di sebuah tempat sunyi.
 
Pemukiman apartemen, sekolah, puskesmas, taman bermain anak, toko, dll dibangun disekitar lokasi sunyi tersebut demi mendukung kinerja aktivitas keluarga pekerja.
 
Tiap malam orang sudah biasa mendengar bunyi deru menggelar di pabrik roket Aerojet sebagai pengujian dan pengoperasian test mesin luar angkasa.
 
Perusahaan Aerojet Rocketdyne bekerja 24 jam siang malam setiap hari nonstop tanpa hari libur.
 
Aerojet memiliki 5.000 karyawan.
 
Pekerja disesuaikan dalam pengatur shift kerja dibagi antara jam malam dan siang.
 
Divisi luar angkasa Lockheed Martin
 
Divisi luar angkasa Lockheed Martin adalah bisnis terbesar ketiga menyumbang 18% dari pendapatan. Setelah divisi udara dan laut.
 
Lockheed Martin space menciptakan produk militer dan sipil untuk kebutuhan luar angkasa. Orion Spacecraft, Sbirs, Muos, Titan, Space Shuttle, dll. Merupakan salah satu produk luar angkasa dari Lockheed Martin.  
 
Kemampuan dan bakat kehebatan dari Aerojet Rocketdyne dapat memacu penciptaan teknologi hipersonik, rudal taktis, pertahanan udara, rudal terpadu, sistem strategis, eksplorasi luar angkasa di bulan dan planet mars. 

Sekaligus memberikan bagi Lockheed Martin sebuah nilai lebih besar dan inovasi dalam rantai suplai lebih efesien.

Baca juga :

Nama : Lockheed Martin

Kategori : Perusahaan swasta publik teknologi militer dan sipil 

Kantor pusat : Amerika Serikat

Alamat investasi : lockheedmartin.com

Youtube : Lockheed Martin
 
Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU